• Alumni
  • Alumni

Melalui Inovasinya, Tim KKN-P Umsida Desa Wonojoyo Olah Tape Menjadi Permen

Umsida.ac.id – Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembangkan UMKM Desa Wonojoyo melalui sosialisasi pembuatan permen tape beranekaragam rasa di kediaman Bu Iis, salah satu warga pemilik usaha tape, pada Kamis (13/2).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari tim KKN-P Umsida untuk memajukan sektor pangan di Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

Diketahui, Desa Wonojoyo memiliki ciri khas pangan yakni tape. Maka dari itu, dengan diprakarsai tim KKN-P, kegiatan ini diikuti oleh Ibu-ibu PKK dan pemilik usaha untuk membuat kreasi olahan dari tape menjadi permen beranekaragam rasa.

Produk Olahan Tape menjadi Permen Tape Rasa

M. Ridlo Lazuardi Zohal, Koordinator KKN Desa Wonojoyo menuturkan tujuan dari sosialisasi pembuatan permen tape rasa-rasa, “Tujuannya agar masyarakat yang memiliki usaha tape, memiliki produk lain yang berbeda yakni permen tape, tidak hanya tape yang dikemas saja, akan tetapi ada yang berbeda yakni membuat permen tape dengan beraneka rasa dari cokelat, strawberry, dan melon.”

“Agar warga sekitar tidak terpaku dengan tape yang dikemas dalam besek dan plastik saja, akan tetapi ada produk yang lain yang dapat dipasarkan yaitu permen tape yang juga dapat menguntungkan untuk pelaku UMKM tape di Desa Wonojoyo,” imbuh Zohal, sapaan akrabnya.

Ia menyampaikan bahwa dengan berkembangnya produk olahan tape ini bisa dipasarkan secara luas melalui market place online. “Produk permen tape ini bisa berkembang dan dapat di pasarkan dimedia sosial seperti halnya tokopedia, shopee, dan bukalapak,” terangnya.

Kedepannya, Zohal selaku perwakilan dari tim KKN-P berharap agar UMKM tape dapat lebih berkembang dengan berbagai macam olahan tape yang juga dapat dibuat menjadi produk baru yakni bakpia tape. “Semoga dapat bermanfaat usulan dari tim KKN-P di Desa Wonojoyo terkait dengan pembuatan bakpia tape agar di desa ini juga lebih kreatif untuk pengolahan tape,” pungkasnya.

Ditulis Oleh: Norma Citra Pramudita
Editor: Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI