Owner Pastella Sampaikan Penjualan Melalui Marketplace

Umsida.ac.id – Pusat Informasi dan Pengembangan Karir (PINPKU) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan Webinar Pra Wisuda untuk calon wisudawan dengan mengusung tema Campus Marketplace : Ekosistem Bisnis Inside’out, pada Rabu (13/10). Acara tersebut menghadirkan narasumber yakni Vensia Tjhin (Chief of Commercial dan Omnichannel), dan Novianah Dwi Hartini SM (Owner Pastellaindonesia).

Pada kesempatannya, Novianah Dwi Hartini SM menjelaskan pentingnya melakukan penjualan di marketplace. “Pastellaindonesia merupakan seller yang bergerak atau pemasarannya di marketplace, awal mula saya membuatnya adalah pada saat saya masih semester 4, tempatnya di jalan Ponti Sidoarjo, sehingga berjalannya waktu dengan melihat belanja online yang banyak, saya tertarik untuk bersaing, maka dari itu adik-adik mahasiswa harus mengikuti strategi pemasaran yang baru seperti marketplace,” ujarnya.

Selanjutnya, yang perlu ditanamkan dalam penjualan marketplace adalah mental dan pola pikir yang baik. “Di masa pandemi usaha saya sempat turun karena memang di jalan Ponti sampai ke transmart tidak boleh berjualan, maka dari itu saya menguatkan mental dan memutar otak agar saya tetap bertahan, saya menjual masker berbahan kain, karena menurut saya sangat cocok di pasar, akhirnya sampai saat ini usaha saya makin maju,” tutur owner pastella.

Ia juga memberikan tips dalam penjualan marketplace”Dalam berjualan di marketplace saya biasanya melakukan penjualan melalui WhatsApp, karena disitu lebih mudah karena ada mode bisnis yang bisa di kembangkan marketplace lainnya, kemudian tips selanjunya foto harus bagus, karena pembeli bisa tertarik dengan melihat foto yang bagus untuk dipandang, dan kita biasanya membuat video testimoni produk dari mulai bahan, ciri-ciri, warna, agar pembeli yakin tentang produk kita,” jelasnya.

Dalam berjualan di marketplace terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kepuasaan pembeli. “Yang harus diperhatikan adalah kita memberikan ulasan, maksudnya agar pembeli produk kita bisa mengomentari atau memberi saran tentang produk yang kita jual dengan rating tinggi, kemudian warna dan kesamaan dalam pengiriman, pembeli pesan warna merah akan tetapi kita kirim hijau, dari situ sudah fatal sekali, dan yang terakhir adalah keamanan pengemasan dan bisa menarik pembeli,” imbuhnya.

Yang terakhir, ia berpesan adalah pengiklanan yang bagus. “Kita juga butuh iklan karena dari situ pemasaran lancar dan produk kita laku di pasar, dalam pengiklanan juga harus hati-hati, jangan sampai kita salah dalam memberikan informasi terkait produk, maka dari itu saya berharap bagi adik-adik mahasiswa nantinya yangbaru mulai merintis bisnis bisa melakukan dengan benar di marketplace,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Leave a Reply

Berita Terkini

Pusat Studi SDGs Umsida
Realisasikan 17 Tujuan SDGs, Pusat Studi SDGs Umsida Gandeng Bappeda Jatim
January 17, 2025By
STIKI Malang kunjungi Umsida
Kunjungan STIKI Malang ke Umsida, Tingkatkan Mutu Akademik dan Akreditasi
January 16, 2025By
dosen Umsida dan atlet sepatu roda 3
Dukung Semangat dan Performa Atlet Sepatu Roda, Dosen Umsida Gelar Skrining dan Sharing Session
January 11, 2025By
kerja sama UBS PPNI Mojokerto dan Umsida 1
Kerja Sama Akademik Umsida dan UBS Mojokerto Tingkatkan Mutu Kebidanan
January 9, 2025By
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
December 26, 2024By
KKN-P 2025 Umsida
975 Mahasiswa KKN-P Umsida Siapkan Diri untuk Mengabdi
December 24, 2024By
Si Lokananta 2024, peringatan hari ibu
Momen Haru Ratusan Anak Peringati Hari Ibu dalam Event Si Lokananta
December 23, 2024By
Comm Night Run
Perdana Digelar, Comm Night Run Diikuti Lebih dari 300 Peserta dari Berbagai Daerah
December 23, 2024By

Riset & Inovasi

abdimas literasi keuangan Islam
Dosen Umsida Edukasi Literasi Keuangan Islam, Putus Kebiasaan Pinjol
January 15, 2025By
Demi Ketahanan Pangan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
Demi Ketahanan Pangan Berkelanjutan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
January 5, 2025By
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
January 4, 2025By
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By

Prestasi

Prof Sri, guru besar manajemen 3
Perjuangan Prof Sriyono Menuju Guru Besar di Bidang Manajemen Umsida
January 14, 2025By
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
January 13, 2025By
pojok statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Jadi Layanan Kinerja Tinggi 2024 dengan Skor 2,83 dari 3
January 9, 2025By
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
January 3, 2025By
Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
Lulus Cum Laude, Dosen Umsida Raih Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
December 30, 2024By