• Alumni
  • Alumni

Pembelajaran Efektif Lewat Big Book dan Video

Umsida.ac.id – Pada masa pandemi ini, masyarakat di himbau untuk mentaati 5M yang telah di anjurkan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran wabah virus Covid-19. Hal ini pun berimbas kepada  anak-anak sekolah yang tidak bisa melakukan kegiatan mereka secara normal dimana harus di alihkan menjadi pembelajaran secara daring. Ternyata, anak-anak selaku siswa merasa bosan dan tidak memahami materi karena guru hanya memberi materi dalam bentuk screenshoot dan foto buku paket yang terkait.

Untuk itu, ada beberapa anak yang menyerah dan memilih untuk bermain dari pada belajar. Bahkan banyak juga  dimana  orang tua mereka yang mengambil alih kegiatan daring tersebut dengan cara full mengerjakan soal yang telah di berikan oleh guru. Sehingga,  siswa tidak dapat memahami tentang materi pembelajaran yang telah di bagikan. Untuk itu, peserta kegiatan KKN-P 2021 skema mandiri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo siap beraksi untuk berkontribusi dalam penanganan masalah yang terjadi di desa Campurejo.

Peserta KKN-P mandiri memanfaatkan pengalamannya selama menempuh perkuliyahan di UMSIDA dengan membuat media baru dan menarik dalam bentuk Big Book dan video untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi kepada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah di desa Campurejo kecamatan Panceng Gresik.                                     

Indah LB, sebagai peserta KKN-P mandiri mengatakan. “Saya menggunakan media baru dan menarik untuk anak-anak agar tidak merasa bosan. Sehingga mereka menikmati dan lebih memahami terkait materi yang saya jelaskan dengan menggunakan media-media pembelajaran yang saya buat sesuai dengan apa yang telah saya pelajari selama berkuliyah tentunya,”ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA tepatnya di rumah peserta KKN. Tapi, masih tetap  memiliki aturan-aturan sesuai dengan anjuran pemerintah terkait 5M yakni membatasi waktu pertemuan setiap satu minggu dua kali dengan catatan  maksimal tiga anak . Dan setiap pertemuan selalu di bagikan masker baru untuk siswa- siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Selama melakukan pembelajaran ini, anak-anak yang mengikuti kegiatan ini terlihat sangat antusias dalam belajar dan lebih mudah menangkap apa yang telah di jelaskan. Mereka menyukai gambar-gambar berwarna warni dalam big book, mereka tidak canggung dalam menjawab pertanyaan, menanyakan apa yang mereka tidak pahami terkait materi dan juga bersemangat dalam belajar sambil bernyanyi.

M Nazril Bayhaki, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran mengatakan. “Saya senang mengikuti pembelajaran dengan mbak Indah, karena ketika belajar daring saya merasa bosan karena hanya materi saja. Saya suka belajar dengan melihat video-video juga sambil bernyanyi dan saya bisa lebih bisa memahami pelajaran saya dari pada sebelumnya. Terimakasih mbak Indah dan juga UMSIDA,”pungkasnya.

ditulis : Indah Lailatul Badriyah

Edit : Ping Darojat-

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI