Modernisasi dan Pendidikan Islam di Era Society 5.0

Pendidikan AIK Sebagai Bekal Moral Generasi di Era Society 5.0

Umsida.ac.id– Direktorat Al-Islam Kemuhammadiyahan (DAIK) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) selenggarakan Seminar Nasional dengan tema Modernisasi dan Pendidikan Islam era Society 5.0 yang diadakan secara daring, Kamis (31/08/2023).

Modernisasi dan Pendidikan Islam di Era Society 5.0
Warek 3 Umsida memberikan sambutan pembukaan

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Rektor 3 Umsida, Dr Nurdyansyah MPd memberikan tanggapan dengan kemajuan teknologi yang ada diharapkan lingkungan pendidikan mampu memberikan edukasi memanfaatkan teknologi dengan diimbangi moral dan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

“Di Era Society 5.0 dengan teknologi dan modernisasi yang luar biasa mulai adanya virtual reality, AI, Chat GPT melalui fitur ini, mahasiswa bisa 1 langkah lebih maju,” ungkapnya.

“Respon positif ini dengan adanya seminar ini kemudian akan memberikan ruh kepada kita Sebenarnya pendidikan islam nilai -nilai islam ini menjadi core value bagi adek adek. Ketika mereka menguasai teknologi saat ini mereka masih bisa mengembangkan dengan nila-nilai moral pikiran dan hari yang jernih berdasarkan nilai-nilai islam,” sambungnya.

Modernisasi dan Pendidikan Islam di Era Society 5.0
Dr Mhd Lailan Arqam sebagai narasumber

Pendidikan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) adalah edukasi moral utama yang wajib diberikan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Dengan adanya pendidikan AIK diharapkan lulusan PTMA mampu menjadi generasi yang modern dan tidak meninggalkan nilai-nilai moral agama. Hal ini diperkuat dengan pemaparan narasumber yang pertama Dr Mhd Lailan Arqam MPd.

“Tujuan pendidikan AIK diharapkan menciptakan generasi yang menjadi pribadi agamis dan manusiawi yang itu merupakan manifestasi ucapan terima kasih dan rasa syukur kepada Allah SWT. Harapannya ini mampu membentuk insan berkarakter dan terpelajar,” paparnya.

Baca Juga: Rakernas Apskar PTMA 2023, Jadikan Pusat Karir Sebagai Character Building

Salah satu fungsi pendidikan yang diungkapkan Kabid Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah sebagai penghubung antar generasi dan peradaban, untuk membuat masa kini dan masa depan berkesinambungan dengan baik.

Untuk menyambungkan perbedaan masa tersebut pendidikan penting untuk disesuaikan dengan zamannya. Maka sambungnya “sering kita dengar ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu”.

Hal ini menjadi tugas utama para pendidik untuk mampu memproyeksikan bagaimana teknologi masa depan akan berjalan. Terutama yang saat ini sudah viral mengenai society 5.0 ” apakah kita masih di 4.0 yang berusaha mempersiapkan 5.0 atau sebenarnya malah kita sudah memasuki masa itu?,” tanya Dr Lailan Arqam.

Berkesinambungan dengan sambutan Warek 3 Umsida bahwa tugas pendidikan AIK saat ini lebih mengutamakan akhlak dan mengemas perkuliahan dengan baik yang sesuai dengan era mahasiswa saat ini.

“Fenomena ini di respon positif oleh AIK Umsida dengan hari ini menyelenggarakan seminar dengan tujuan membawa perubahaan dan mengedukasi seluruh pihak terutama PTMA untuk mengemas perkuliahan AIK dengan lebih baik. Perubahan masa ini harus segera direspon, karena jika pendidikan AIK tidak menyesuaikan, maka wajah anak-anak kita yang menjadi mahasiswa PTMA tidak lagi terkontrol,” jelasnya.

Untuk itu ditekankan kembali oleh Dr Lailan Arqam bahwa PTMA harus menjadi media dakwah dalam persyarikatan muhammadiyah melalui pendidikan AIK yang harus segera disesuaikan dengan zaman ini.

Modernisasi dan Pendidikan Islam di Era Society 5.0
Ismail Fahmi ST MA sebagai narasumber

 

Baca Juga: AI Tak Bisa Gantikan Peran Ulama, Ini Penjelasan Dosen Umsida

Salah satu teknologi yang marak digunakan di masa ini adalah Artificial Intelligence (AI)  Ismail Fahmi ST MA dalam materinya menyampaikan definisi AI.

“AI atau kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan mesin yang dapat melakukan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia seperti pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan pengenalan suara atau gambar”.

Selain itu Ismail Fahmi juga mengutip potensi dan resiko AI dari Harari,” Harari melihat potensi besar AI untuk meningkatkan kemampuan manusia, tetapi juga memperingatkan resiko pengangguran massal dan kesenjangan sosial ekonomi karena mengurangi peran manusia di tempat kerja”.

Namun dengan resiko tersebut Harari juga percaya bahwa manusia mampu mengelolan pengembangan AI dengan bijaksana.

Tidak hanya teknologi AI, Ismail Fahmi juga menjelaskan bagaimana kinerja, keterbatasan dan dari mana sumber Chat GPT. Pada dasarnya beberapa teknologi ini masih bisa dikendalikan dan membutuhkan manusia sebagai sumber kecerdasan teknologi ini.

Maka dari itu di akhir sesi Ismail Fahmi yang juga sebagai Direktur Media Kernels Indonesia Drone Emprit menekankan bahwa,”AI suatu keharusan portal masa depan, melihat behave dari AI, kita sebagai PTMA harus menjadi garda terdepan untuk mengindeks AI itu sendiri agar menjadi lebih positif”.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By
Baitul Arqam Umsida: Pimpinan Diharap Perkuat Pondasi Institusi
July 10, 2024By
Umsida Bekerjasama dengan Baznas Tingkatkan UMKM Sidoarjo
UMKM Naik Kelas Menuju Sidoarjo Berdaya
July 10, 2024By
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By