• Alumni
  • Alumni

PMB Umsida Adakan Workshop Media Pembelajaran Untuk guru BK seluruh Indonesia

Umsida.ac.id – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Sidorajo (Umsida) mengadakan workshop media pembelajaran untuk Guru BK, Selasa – Rabu (8/9). Kegiatan yang menghadirkan Vanda Rezania Spsi Mpd sebagai pembicara. Kegiatan tersebut di ikuti peserta guru BK dari seluruh jenjang, mulai dari TK-SMA/SMK di seluruh Indonesia.

Workshop ini bertujuan untuk menambah wawasan para guru BK dalam mengembangkan media pembelajaran karena selama ini hanya guru kelas atau guru mapel saja yang dapat memaksimalkan pengembangan media. Guru BK perlu menggunakan media untuk membantu menyampaikan informasi-informasi terkait layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual peserta didik, dan layanan responsif kepada peserta didik.

Dengan memaksimalkan penggunaan media tsb, maka diharapkan siswa dapat menangkap tujuan program BK dan mampu memaksimalkan potensi diri. Workshop dilaksanakan selama dua hari yang terdiri dari materi terkait media pembelajaran dan rencana tindak lanjut. pengembangan media. Ada beberapa tugas yang diberikan sebagai aplikasi teori yang sudah diberikan.

Metode ini bisa di gunakan sebagai penunjang pembelajaran pada situasi pendemi. “Beberapa sudah ada yang membuat video-video edukasi. sebagian lagi akan membuatnya setelah mengikuti workshop, bahkan ada video yang digunakan sebagai orientasi siswa baru nanti,” ujarnya saat dihubungi via whatsapp.

Ia berharap kepada peserta yang sudah mengikuti workshop ini agar bisa mengembangkan media pembelajaran,”Saya berharap guru BK dapat menyesuaikan kondisi lingkungan, karakteristik siswa, dan materi sebagai usaha memaksimalkan potensi siswa sebagai pengembangan media pembelajaran,” pungkasnya.

*Etik siswatiningrum

Leave a Reply