umsida.ac.id – Dekan Fakultas Bisnis dan Administrasi Universitas Khon Kaen Associate Prof Pensri Jaroenwanit Ph D didapuk menjadi keynote speaker dalam acara seminar Internasional 2nd International Conference On Intellectuals Global Responsibility (ICIGR) 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Rabu (11/11).
Dalam kesempatannya Pensri menyampaikan materi mengenai dampak dan adaptasi marketing di era kebiasaan baru dimana tingkat pemasaran ekonomi mengalami pertumbuhan pada kegiatan belanja online, “Kegiatan belanja online rumah tangga mengalami pertumbuhan naik sekitar 80% di berbagai negara. Terutama di negara China yang pertumbuhan ekonomi tampak lebih moderat, karena negara tersebut memiliki tingkat penetrasi online tinggi sebelum adanya pandemi Covid-19,” ujarnya.
Lebih lanjut, Ia memberikan beberapa tips dalam melakukan pemasaran produk selama Covid-19, “Pertama, beri tahu pelanggan apa yang dilakukan dalam bisnis agar tetap aman. Kedua, perubahan mungkin terjadi dalam waktu pengiriman, ketersediaan produk, atau pembaruan yang lain. Ketiga, menggunakan berbagai pendekatan produk untuk menarik kembali pelanggan,” ungkapnya.
Di tengah masa pandemi ini, sekitar 70 % orang menghabiskan waktunya di media sosial, sehingga sangatlah mudah untuk mengembangkan strategi pemasaran bisnis. “Untuk bisa menjaga bisnis tetap aman dan terjaga kualitasnya, kita tidak perlu mengubah materi pemasarannya. Akan tetapi kita harus bisa menyesuaikan dan menghadapi kondisi saat ini,” imbuh perempuan lulusan Kasessart University Thailand.
Pensri berharap, marketing bisnis dapat beradaptasi dengan kondisi era new normal dapat meningkatkan mutu dan kualitas produk. Selain itu kunci utama dalam marketing bisnis yakni memanfaatkan strategi untuk mempertahankan konsumen dalam pemakaian produk.
ditulis : Anis Yusandita
Edit : Etik Siswati Ningrum