• Alumni
  • Alumni

Rawan Banjir, KKN-P 58 Lakukan Penyuluhan Penanaman Biopori Dan Kerja Bakti Guna Minimalisir Banjir Di Desa Gedang

Umsida.ac.id – Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-P) 58 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan acara penyuluhan penanaman biopori dan kerja bakti bertempat di RT 14 RW 04 Gedang, Porong, pada Rabu (10/03). Acara penyuluhan tersebut, diikuti ketua RW dan RT desa Gedang-Porong.

Saat musim penghujan datang, beberapa wilayah desa Gedang mengalami banjir. Hal ini mengakibatkan beberapa akses jalan dan aktivitas warga terganggu. Problematika tersebut menjadikan mahasiswa KKN-P 58 Umsida berusaha memberikan solusi, yaitu melakukan penanaman biopori di beberapa titik yang mengalami banjir pada saat musim hujan. Tidak hanya itu, penting bagi mereka melakukan kerja bakti disetiap RT desa Gedang.

Penanaman biopori merupakan metode resapan air yang dilakukan dengan tujuan mengatasi genangan air guna meminimalisir terjadinya banjir pada musim hujan. Bahan yang dibutuhkan adalah pipa air yang dilubangi berukuran 4 dim, penutup pipa dengan jarak lubang 3 cm, pipa ukuran 40 – 50 cm, dan dedaunan. Daun tersebut berfungsi menjaga kesuburan di dalam tanah.

Salah satu anggota tim KKN-P Desa Gedang, Nurshofikhul Jamil, menjelaskan langkah – langkah penanaman biopori. “Langkah pertama melubangi area rawan banjir dengan kedalaman 40 cm. Kemudian tanam biopori dengan menyisakan tutup dari pipa biopori,” ujarnya saat penyuluhan. Lebih lanjut ia menambahkan mengisi biopori dengan berbagai dedaunan. “Isi biopori dengan berbagai makan dedaunan, lalu ditutup dengan penutup pipa yang telah dilubangi,” imbuh Nurshofikhul.

Dalam acara penyuluhan ini, warga desa Gedang sangat antusias mengikuti dari awal hingga akhir. Dalam kesempatan, Kepala Desa Gedang Porong, Mohammad Asrol S Sos menyampaikan rasa terima kasih. “Terimakasih untuk jasa yang diberikan oleh mahasiswa KKN-P Desa Gedang Porong Umsida yang telah memberikan solusi dan upaya pencegahan banjir dengan menggunakan media biopori,” tandasnya.

Dengan adanya kegiatan penanaman biopori dan kerja bakti tersebut, Tim KKN-P 58 Umsida berharap program kerja yang dijalankan dapat membantu mengatasi masalah banjir di titik daerah tertentu wilayah Desa Gedang dan sekitarnya.

Penulis : Anjalita Nanda Budiarti dan Zalza Putri Pradani
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI