Rektor Umsida: Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Rektor Umsida :Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Umsida.ac.id– Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar kajian rutin diikuti seluruh dosen dan tenaga kependidikan dengan tema Memaknai Kerja di Umsida yang diadakan pada Selasa (25/07/2023) di aula KH Mas Mansoer lt 7.

Wakil Rektor 3 Umsida Dr Nurdyansyah MPd membuka kegiatan ini dengan membawakan kutipan ayat QS. Ibrahim Ayat 7 la-in syakartum aziidannakum wala-in kafartum inna ‘adzaabii lasyadiidun

“Kita diminta Allah untuk melakukan kerja yang berkinerja baik, bahwa ketika kita bekerja dengan hati, bekerja dengan baik, maka Allah akan menambah nikmat kita dengan kebaikan dan rezeki yang lebih banyak dari sebelumnya, sebaliknya jika kita bekerja dengan keluh kesah, gundah gulana curhat kesana kesini saya kira itu hal yang kemudian yang membawa kepada hal yang buruk,” ungkapnya.

” Setelah ini bersama Pak Rektor Umsida sebagai narasumber hari ini kita akan bersama-sama belajar memaknai kerja dan seperti apa menjadi diri sendiri untuk membesarkan Muhammadiyah di Umsida,” sambungnya.

Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi yang juga sebagai narasumber menyampaikan banyak hal mengenai makna bekerja. Terdapat tiga tipe manusia dalam bekerja Quitters, Campers dan Climbers menurutnya.

“Quitters adalah orang yang tidak semangat, sering menghindar, membirarkan orang lain berperan mudah pesimis dan menghindari berkompetisi. Jika Campers menerima tantangan sampai batas tertentu dan mudah puas dengan posisi hari ini juga menyia-nyiakan banyak kesempatan. Sedangkan Climbers adalah orang yang akan terus mendaki sampai puncak prestasi, Dinamis, kreatif, inovatif, proaktif dan problem solver,” ungkapnya.

Dr Hidayatullah juga memberi kuis kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan bagaimana makna bekerja di Umsida menurut masing-masing.

Wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur (Jatim) ini juga menyampaikan 13 pemahaman dan pemaknaan yang positif terhadap pekerjaan di Umsida.

  1. Kerja itu Ibadah
  2. Kerja itu Suci
  3. Kerja itu Rahmat
  4. Kerja itu Kehormatan
  5. Kerja itu Sehat
  6. Kerja itu Saling Percaya
  7. Kerja itu Amanah
  8. Kerja itu Melayani
  9. Kerja itu saling menguatkan
  10. Kerja itu Membahagiakan
  11. Kerja itu Kompetisi
  12. Kerja itu Peningkatan
  13. Kerja itu Memberi manfaat

Pada setiap poinnya Dr Hidayatullah memberikan penjelasan yang menarik dan berharap mampu diresapi dosen maupun tenaga kependidikan agar memberikan performa terbaiknya dalam bekerja.

Terutama pada poin kerja itu melayani Rektor Umsida berpesan terhadap seluruh Dosen maupun Unit kerja agar serius melayani mahasiswa sebagai customer.

“Apakah selama ini kita telah melayani dengan sepenuh hati?” tanyanya.

Setelah itu Rektor Umsida menyambung dengan mengutip ayat dalam QS. Al isra 17:7 In ahsantum ahsantum li anfusikum, wa in asa tum fa laha

“Semua kebaikan yang kamu berikan maka kebaikan itu untuk dirimu, sebaliknya setiap ketidak baikan yang kau berikan akan kembali pada dirimu juga,” ujarnya memaknai ayat tersebut.

“Maka mari introspeksi untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Customer utama kita itu mahasiswa, mohon mahasiswa dilayani sebaik-baiknya, apapun kondisi kita jangan menjadikan mahasiswa memiliki stigma tidak baik terhadap kita maupun Umsida. Kalo kita sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kita maka pasti akan terjadi customer satisfaction, pelanggan kita akan merasa puas dan akan muncul trust memberikan kepercayaan penuh.
Kalo mereka percaya, mereka pasti akan ikut mempromosikan Umsida,” paparnya.

Selanjutnya Dr Hidayatullah juga memberikan banyak penjelasan dan menutup dengan poin ke 13 bahwa “12 poin sebelumnya tidak akan berarti apabila kita tidak memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” tandasnya.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

Pusat Studi SDGs Umsida
Realisasikan 17 Tujuan SDGs, Pusat Studi SDGs Umsida Gandeng Bappeda Jatim
January 17, 2025By
STIKI Malang kunjungi Umsida
Kunjungan STIKI Malang ke Umsida, Tingkatkan Mutu Akademik dan Akreditasi
January 16, 2025By
dosen Umsida dan atlet sepatu roda 3
Dukung Semangat dan Performa Atlet Sepatu Roda, Dosen Umsida Gelar Skrining dan Sharing Session
January 11, 2025By
kerja sama UBS PPNI Mojokerto dan Umsida 1
Kerja Sama Akademik Umsida dan UBS Mojokerto Tingkatkan Mutu Kebidanan
January 9, 2025By
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
December 26, 2024By
KKN-P 2025 Umsida
975 Mahasiswa KKN-P Umsida Siapkan Diri untuk Mengabdi
December 24, 2024By
Si Lokananta 2024, peringatan hari ibu
Momen Haru Ratusan Anak Peringati Hari Ibu dalam Event Si Lokananta
December 23, 2024By
Comm Night Run
Perdana Digelar, Comm Night Run Diikuti Lebih dari 300 Peserta dari Berbagai Daerah
December 23, 2024By

Riset & Inovasi

abdimas literasi keuangan Islam
Dosen Umsida Edukasi Literasi Keuangan Islam, Putus Kebiasaan Pinjol
January 15, 2025By
Demi Ketahanan Pangan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
Demi Ketahanan Pangan Berkelanjutan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
January 5, 2025By
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
January 4, 2025By
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By

Prestasi

Prof Sriyono, Guru Besar Manajemen Umsida 2
Dari Kimia Hingga Jadi Guru Besar Manajemen di Umsida, Ini Kisah Prof Sriyono
January 20, 2025By
Prof Sri, guru besar manajemen 3
Perjuangan Prof Sriyono Menuju Guru Besar di Bidang Manajemen Umsida
January 14, 2025By
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
January 13, 2025By
pojok statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Jadi Layanan Kinerja Tinggi 2024 dengan Skor 2,83 dari 3
January 9, 2025By
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
January 3, 2025By