Rektor Umsida: Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Rektor Umsida :Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Umsida.ac.id– Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar kajian rutin diikuti seluruh dosen dan tenaga kependidikan dengan tema Memaknai Kerja di Umsida yang diadakan pada Selasa (25/07/2023) di aula KH Mas Mansoer lt 7.

Wakil Rektor 3 Umsida Dr Nurdyansyah MPd membuka kegiatan ini dengan membawakan kutipan ayat QS. Ibrahim Ayat 7 la-in syakartum aziidannakum wala-in kafartum inna ‘adzaabii lasyadiidun

“Kita diminta Allah untuk melakukan kerja yang berkinerja baik, bahwa ketika kita bekerja dengan hati, bekerja dengan baik, maka Allah akan menambah nikmat kita dengan kebaikan dan rezeki yang lebih banyak dari sebelumnya, sebaliknya jika kita bekerja dengan keluh kesah, gundah gulana curhat kesana kesini saya kira itu hal yang kemudian yang membawa kepada hal yang buruk,” ungkapnya.

” Setelah ini bersama Pak Rektor Umsida sebagai narasumber hari ini kita akan bersama-sama belajar memaknai kerja dan seperti apa menjadi diri sendiri untuk membesarkan Muhammadiyah di Umsida,” sambungnya.

Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi yang juga sebagai narasumber menyampaikan banyak hal mengenai makna bekerja. Terdapat tiga tipe manusia dalam bekerja Quitters, Campers dan Climbers menurutnya.

“Quitters adalah orang yang tidak semangat, sering menghindar, membirarkan orang lain berperan mudah pesimis dan menghindari berkompetisi. Jika Campers menerima tantangan sampai batas tertentu dan mudah puas dengan posisi hari ini juga menyia-nyiakan banyak kesempatan. Sedangkan Climbers adalah orang yang akan terus mendaki sampai puncak prestasi, Dinamis, kreatif, inovatif, proaktif dan problem solver,” ungkapnya.

Dr Hidayatullah juga memberi kuis kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan bagaimana makna bekerja di Umsida menurut masing-masing.

Wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur (Jatim) ini juga menyampaikan 13 pemahaman dan pemaknaan yang positif terhadap pekerjaan di Umsida.

  1. Kerja itu Ibadah
  2. Kerja itu Suci
  3. Kerja itu Rahmat
  4. Kerja itu Kehormatan
  5. Kerja itu Sehat
  6. Kerja itu Saling Percaya
  7. Kerja itu Amanah
  8. Kerja itu Melayani
  9. Kerja itu saling menguatkan
  10. Kerja itu Membahagiakan
  11. Kerja itu Kompetisi
  12. Kerja itu Peningkatan
  13. Kerja itu Memberi manfaat

Pada setiap poinnya Dr Hidayatullah memberikan penjelasan yang menarik dan berharap mampu diresapi dosen maupun tenaga kependidikan agar memberikan performa terbaiknya dalam bekerja.

Terutama pada poin kerja itu melayani Rektor Umsida berpesan terhadap seluruh Dosen maupun Unit kerja agar serius melayani mahasiswa sebagai customer.

“Apakah selama ini kita telah melayani dengan sepenuh hati?” tanyanya.

Setelah itu Rektor Umsida menyambung dengan mengutip ayat dalam QS. Al isra 17:7 In ahsantum ahsantum li anfusikum, wa in asa tum fa laha

“Semua kebaikan yang kamu berikan maka kebaikan itu untuk dirimu, sebaliknya setiap ketidak baikan yang kau berikan akan kembali pada dirimu juga,” ujarnya memaknai ayat tersebut.

“Maka mari introspeksi untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Customer utama kita itu mahasiswa, mohon mahasiswa dilayani sebaik-baiknya, apapun kondisi kita jangan menjadikan mahasiswa memiliki stigma tidak baik terhadap kita maupun Umsida. Kalo kita sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kita maka pasti akan terjadi customer satisfaction, pelanggan kita akan merasa puas dan akan muncul trust memberikan kepercayaan penuh.
Kalo mereka percaya, mereka pasti akan ikut mempromosikan Umsida,” paparnya.

Selanjutnya Dr Hidayatullah juga memberikan banyak penjelasan dan menutup dengan poin ke 13 bahwa “12 poin sebelumnya tidak akan berarti apabila kita tidak memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” tandasnya.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

MoU Umsida dan Pengadilan Agama Sidoarjo 4
MoU Pengadilan Agama Sidoarjo dan Umsida, Sinergi Kembangkan Pendidikan Hukum
June 27, 2025By
motivasi mahasiswa KIP-K Umsida 3
Mahasiswa KIP-K Umsida 2025 Dapat Pesan Ini dari Ketua Senat FMIPA IPB
June 27, 2025By
Kemendikti Saintek amanahi Umsida 4
Umsida Jadi Tuan Rumah Sosialisasi KIP-K PPAPT Kemendikti Saintek 2025
June 26, 2025By
studi tiru UMM Palu 1
Studi Tiru dan Laboratory Visit UM Palu ke Umsida, Siapkan Pembukaan FK
June 25, 2025By
mahasiswa melek akan pelayanan publik 1
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Diskominfo Sidoarjo Ajak Mahasiswa Umsida Berani Bersuara
June 25, 2025By
Dr Imam Fauji berpulang
Dr Imam Fauji Berpulang, Duka Mendalam Keluarga Besar Umsida
June 23, 2025By
KWU Umsida kembangkan wirausaha muda 4
Kembangkan Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda, UKM KWU Umsida Gelar GROWPRENEUR
June 23, 2025By
peran pustakawan dalam perpustakaan 4
Kepala Perpustakaan Umsida Tekankan Peran Penting Pustakawan sebagai Mitra Riset Akademik
June 21, 2025By

Riset & Inovasi

pemeriksaan gigi 1
Gelar Pemeriksaan Gigi Bumil, FKG Umsida Edukasi 22 Ibu untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
June 24, 2025By
tanaman pionir Lumpur Sidoarjo 3
Peneliti Umsida Manfaatkan Tanaman Pionir Sebagai Agen Fitoekstraksi di Lumpur Sidoarjo
June 12, 2025By
FKG Umsida aktif di abdimas 1
Peran Aktif FKG Umsida Kepada Para Lansia, Edukasi Kesehatan Gigi di Usia Senja
June 12, 2025By
potensi Lumpur Sidoarjo 2
Temukan Potensi di Lumpur Sidoarjo, Peneliti Umsida Kolaborasi dengan PPLS
June 11, 2025By
Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
June 3, 2025By

Prestasi

perunggu di piala gubernur Jatim II
Raih Perunggu Piala Gubernur Jatim II 2025, Mahasiswa Ini Bersaing dengan Tim Militer
June 26, 2025By
PTMA Mitra RisetMu Terbaik IV
Jadi PTMA Mitra RisetMu Terbaik IV, Umsida Buat Roadmap Sesuaikan Kampus Berdampak
June 23, 2025By
Umsida jadi lembaga program koding
Umsida Jadi Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Program Koding dan KA
June 21, 2025By
konferensi internasional PBI Umsida
Mahasiswa PBI Umsida Raih Most Innovative Research di Konferensi Internasional
June 20, 2025By
Perpustakaan Umsida SILASMA 2025 1
Perpustakaan Umsida Raih Excellent Award di SILASMA 2025, Apresiasi Bidang Literasi dan Riset
June 19, 2025By