penyebab siswa bolos sekolah

Menurut Riset Dosen Umsida, Ini 5 Penyebab Siswa Membolos Sekolah

Umsida.ac.id – Mengapa siswa membolos sekolah? Ada banyak faktor yang mempengaruhi siswa untuk tidak mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu dosen prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA, membuat riset yang berjudul Pemahaman Tentang Penyebab Serta Dinamika Psikologis Siswa yang Membolos Sekolah.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penyebab perilaku membolos pada siswa SMP dan untuk memahami dinamika psikologi siswa yang membolos. Dari penelitian ini di didapatkan lima faktor mengapa siswa membolos sekolah. Diantaranya pengaruh teman, sebaya, kepribadian siswa, pola asuh orang tua, lingkungan yang mengancam dan mencemaskan, serta dari faktor sekolah.

Lihat juga: Bagaimana Pola Asuh Anak yang Berkeadilan Gender Berlandaskan Ajaran Islam?

Penyebab siswa bolos sekolah

penyebab siswa bolos sekolah

Pengaruh teman sebaya

Lingkungan pertemanan merupakan jangkauan yang paling dekat dengan siswa. Dari penelitian ini didapatkan bahwa siswa tidak berani bolos sekolah jika aktivitas itu dilakukan sendirian. Oleh karena itulah siswa kelas 1 dan 2 SMP bersama-sama dengan kelompok sebayanya, atau dengan teman sekelas untuk membolos.

Perilaku ini lebih sering ditemui ketika pelajaran atau tugas saat itu dianggap sulit bagi mereka. Bahkan mereka juga membolos ketika mata pelajaran itu diampu oleh guru yang mereka anggap galak. Mereka lebih memilih membolos daripada berhadapan dengan guru yang galak tersebut.

Faktor lingkungan sekitar siswa

Perilaku membolos yang dilakukan siswa merupakan akibat dari lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang mencemaskan serta ajakan teman-temannya yang memfasilitasi seseorang untuk membolos juga menjadi penyebab dari kebiasaan ini.

Faktor pribadi siswa

Perilaku menyimpang di kalangan remaja bisa juga disebabkan oleh kesalahan pengamatan dan pemahaman mereka terhadap perilaku yang dilakukan. Mereka kerap menyelesaikan permasalahan dengan cara membolos sekolah, baik ketika menghadapi pelajaran yang sulit, guru yang galak, serta ancaman dari pacar temannya merupakan penyebab seringnya ia membolos.

Selain itu, kontrol diri siswa yang lemah menghadapi ajakan teman-temannya untuk membolos juga bisa menjadi penyebab seseorang membolos. Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku, akan terseret pada perilaku nakal. Begitu pula mereka yang telah mengetahui perbedaan tingkah laku tersebut, tapi tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Pola asuh yang salah

Keluarga memegang peran penting dalam membentuk perilaku menyimpang pada remaja. Kesalahan orang tua dalam menerapkan dukungan keluarga akan berpengaruh pada sikap anti sosial anak remaja.

Pola asuh orang tua siswa dalam penelitian ini cenderung membiarkan dan kurang peduli tentang pendidikan anaknya. Hal lain yang juga mempengaruhi perilaku buruk pada siswa adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Akibatnya anak akan mencari pelarian di luar rumah dan cara bergabung dengan temannya. Bahkan mereka bisa melakukan perbuatan negatif bersama-sama.

Lihat juga: Dekan Fikes Umsida Ungkap 5 Penyakit Ini Muncul Saat Perubahan Musim dan Cara Mencegahnya

Kurangnya kasih sayang dan perhatian orang tua akan menimbulkan jarak antara keduanya anak. Mereka menjadi kurang terbuka dan enggan membicarakan permasalahan yang dihadapi pada orang tuanya karena ia takut dimarahi. Mereka lebih memilih untuk menyelesaikan permasalahannya sendiri.

Salah satu penyebab orang tua yang cenderung membiarkan anaknya menurut penelitian ini dikarenakan orang tua yang sibuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan lalu lalai dengan kondisi anaknya.

Faktor pihak sekolah

Tanpa disadari pihak sekolah juga bisa menjadi penyebab siswa membolos sekolah. Hal ini dikarenakan sekolah yang kurang memiliki kepedulian terhadap apa yang terjadi pada siswa.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat peraturan sekolah yang lebih jelas dengan sanksi-sanksi yang dipaparkan, termasuk peraturan mengenai presensi siswa. Karena salah satu penyebab tingkah laku membolos adalah kurangnya penegakan disiplin dan atensi dari guru terhadap perilaku siswa. Menurut penelitian ini, banyak siswa yang keluar dari sekolah ketika pulang, mereka tidak memakai seragam dengan benar. Guru pun membiarkan perilaku yang mereka lakukan. Ditambah lagi kebanyakan murid tersebut adalah anak yang sudah bermasalah sehingga menjadikan suasana kurang tertib.

Dinamika psikologi siswa membolos

penyebab siswa bolos sekolah

Perilaku membolos sekolah juga terdapat dinamika psikologis yang menyertainya. Di sini terdapat tiga kondisi, yakni pra membolos, saat membolos, dan pasca membolos.

Dinamika psikologi yang muncul pada saat pra membolos adalah perasaan dilema dan ragu antara masuk sekolah atau tidak. Karena dorongan dari diri sendiri dan teman sebayanya yang lebih kuat ditambah dengan kontrol diri yang kurang stabil membuat siswa memutuskan untuk membolos sekolah. Terlebih jika menghadapi permasalahan.

Pada saat dinamika membolos, siswa merasa biasa saja karena ia tidak lagi merasakan ancaman dari pelajaran yang sulit, tugas yang banyak, guru yang galak, atau ancaman lain yang mencemaskan.

Lihat juga: Pelajari Manufaktur Berkelanjutan Untuk Selamatkan Bumi

Yang terakhir, dinamika psikologis pada kondisi pasca membolos. Siswa akan merasa aman sepenuhnya karena bisa bermain bersama teman sebayanya tanpa halangan dari siapapun dan lebih bebas. Hal ini membuat siswa merasa lebih puas ketika pulang ke rumah. Perasaan inilah yang membuat siswa mengulangi perbuatannya itu pada keesokan harinya.

Terlepas dari penyebab dan dinamika psikologis siswa karena membolos, muncullah 2 akibat dari perilaku tersebut, yakni akibat negatif dan positif.

Perilaku sertaan yang bersifat positif adalah munculnya rasa tanggung jawab untuk mempelajari dan mencari materi yang tertinggal selama ia membolos. Lalu perilaku sertaan yang bersifat negatif adalah siswa menjadi lebih mudah berbohong kepada orang tua atau guru mengenai alasan ia membolos sekolah.

Dari riset ini bisa disimpulkan bahwa faktor teman, keluarga, dan pihak sekolah akan pengaruhi perilaku siswa dalam mengampu pendidikannya, terutama di usia remaja. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antar pihak-pihak tersebut

Sumber: Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By
Baitul Arqam Umsida: Pimpinan Diharap Perkuat Pondasi Institusi
July 10, 2024By
Umsida Bekerjasama dengan Baznas Tingkatkan UMKM Sidoarjo
UMKM Naik Kelas Menuju Sidoarjo Berdaya
July 10, 2024By
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By