Selalu Juara! Kuncinya Menciptakan Waktu

Umsida.ac.id-Menciptakan waktu! Itulah kata kunci keberhasilan seorang Taekwondoin asal Umsida yang telah mengukir segudang prestasi, dari level lokal hingga nasional. Dia adalah Aguardien Puristin Banafsaj, mahasiswa Umsida jurusan Psikologi yang saat ini berada di semester tujuh.

Sebelum penghujung tahun ini saja Aguardien setidaknya sudah menorehkan tiga prestasi mencolok, yakni Juara 2 Speedkicking indonesia series 2022 tingkat Nasional, Juara 1 Kumite karate Dojo 44 2022 tingkat Nasional, dan Juara 2 Kyorugi Prestasi F-46kg UM CUP V 2022 se-Jawa Timur.

“Kalau akhir akhir ini ada 4 perlombaan yang sudah diikuti, namun jika mulai dari saya mengikuti taekwondo perlombaan yang saya ikuti sudah tak terhingga…,” tutur Aguardien dengan tersenyum.

Kesibukannya sebagai mahasiwa bisa dibilang cukup menyita waktu, namun luar biasanya, bagi mahasiswa ukuran pada umumnya mungkin hanya fokus pada penyelesaian kuliah, bagi Aguardien masa muda ini tidak hanya melulu soal penyelesaian kuliah, tapi juga soal mengukir prestasi dengan berlatih dan berlomba, serta nilai tambah lainnya.

“Tentunya lomba yang saya ikuti bukan hanya menghasilkan prestasi tapi juga pengalaman berharga buat saya, bisa bertemu dan menghadapi lawan dari kota maupun provinsi,” ungkap Aguardien yang menilai berlomba itu sebagai ajang untuk menunjukkan perkembangan skill dari lomba ke lomba selanjutnya yang terus meningkat.

Baginya, bukan soal membagi waktu antara kuliah dan berprestasi, karena tentu tidak akan cukup waktu itu dibagi. Tapi ini adalah bagaimana dirinya sebagai mahasiswa mampu menciptakan waktu. Ya, ini adalah kuncinya, karena kesibukannya itu bertambah seiring Aguardien saat ini yang telah memiliki klub sendiri dan menjadi kepala pelatihnya.

“Menurut saya bukan perihal membagi waktu tapi saya harus bisa menciptakan waktu, ketika kuliah siang bagaimanapun pagi harus dibuat latihan meskipun sebentar. Apalagi saya juga pemilik klub dan kepala pelatih juga dan alhamdulillah nya saya sudah memiliki satu asisten ketika saya tidak bisa mengisi jam latihan,” ujarnya.

Tentunya prestasi yang segudang ini memiliki imbal baliknya. Karena setiap prestasi, meski ditujukan utamanya untuk aktualisasi diri, namun juga terdapat imbalan.

“alhamdulillah dapat dana imbal balik (feedback) sampai saat ini ditabung bu hehe, terkadang juga diambil untuk membeli kebutuhan kuliah juga hehe,” tuturnya.

kuncinya waktu aguardien puristin banafsaj

Porsi Latihan

Latihan merupakan kebutuhan utama bagi seorang atlet. Karena itu porsi latihan yang cukup akan mewujudkan prestasi yang gemilang. Latihan itu selalu disempatkan pada pagi dan malam dalam sehari. Bahkan jika mendekati masa perlombaan, bisa dalam satu minggu.

“Kalo tidak ada event biasanya hanya 2 jam setengah, kalo pertandingan bisa 7 jam, pagi dan sore Untuk latihan karena lomba biasanya latihannya pagi dan malem, kebetulan saya kuliah pagi kalo latihan pagi biasanya hanya 30 menit untuk warming up doang dan malam materi fight yg intens,” ujarnya.

“Kalo tidak ada pertandingan seminggu 3 kali, kalo ada pertandingan bisa satu minggu full karena harus intens bertemu dengan pelatih dan program yang sudah disiapkan,” imbuhnya.

Tentu dalam menoreh prestasi tidak dilakukan daengan mudah, tapi dilakukan dengan latihan dan perlu kerja keras. Lebih jauh, jalur prestasi itu pun melalui suka, duka, bahkan cidera.

“Mengenai perjuangan latihan seorang atlet banyak yang harus dilalui, seperti mengeluh, cidera, nangis, muntah-muntah, mood yang naik turun, ambisi seperti nya itu,” ungkapnya mengenang proses latihan yang berat.

Cidera berat yang pernah dialaminya adalah saat mengalami cidera yang membuatnya kesulitan beraktivtas normal.

“Banyak yang dilalui, apalagi cidera yang sudah bertahun tahun, saya 9 tahun mengalami cidera hamstring (paha bagian belakang, red.) sempet tidak bisa dibuat jalan kaki saya yang kanan,” ujarnya

Tapi cedera itu tidak menyurutkan dirinya. Pada akhirnya jerih payah hingga cidera itu yang menempa dirinya untuk menjadi sosok yang lebih kuat dan terus berprestasi. Satu hal yang pasti menjadi salah satu tujuannya yakni dia persembahkan untuk kedua orangtuanya.

“Ingin membanggakan kedua orang tua saya yang selalu mendukung dan selalu ada buat saya,” pungkas sosok yang menjadi putri tunggal dari pasangan Sihana Widi dan Solik ini.

*Humas Umsida

Berita Terkini

PTI Umsida Berikan Peluang Kerja Lebih Luas
PTI Umsida Berikan Peluang Kerja Lebih Luas
June 16, 2024By
yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By