Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/html/wp-content/plugins/og/includes/iworks/class-iworks-opengraph.php on line 331

Simak! Ini 4 Faktor yang Memperngaruhi Keputusan Pembelian

Umsida.ac.id – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peran penting sebagai pondasi dan sarana pemerataan ekonomi nasional, pengentasan kemiskinan, dan penyumbang devisa negara. Sayangnya, pandemi Covid-19 telah menyebabkan beberapa UMKM gulung tikar. Keputusan pembelian konsumen menjadi krusial, dan perilaku konsumen memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

Dalam penelitian oleh Dr Rita Ambarwati Sukmono MMT, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Hal ini tertuang pada penelitiannya yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen: Sebuah Studi pada Produk Pawon Klotok Ning Ninik di Surabaya. Faktor tersebut seperti kemasan, kualitas produk, harga dan merek.

Penelitian ini dilakukan di Rumah Produksi Pawon Klotok Ning Ninik yang berlokasi di Jalan Siwalankerto Timur No. 151 Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya. Pawon Klotok Ning Ninik merupkan salah satu produsen olahan sambal yang tahan lama.

Lihat juga: Apakah Panic Buying Terjadi Karena Situasi Ekonomi, Gender, dan Pendidikan?

Penelitian yang menggunakan jenis kuantitatif ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 97 konsumen yang membeli produk Pawon Klotok Ning Ninik.

Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian

Hasilnya, ada empat faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pawon Klotok Ning Ninik, yakni kemasan, kualitas, produk, harga, dan juga merek.

faktor keputusan pembelian

Kemasan

Dari penelitian ini, ternyata kemasan mempengaruhi keputusan pembelian. Artinya, kemasan produk Pawon Klotok Ning Ninik memainkan peran penting dalam menarik minat konsumen untuk membeli. Kemudahan dalam membawa kemasan produk membuatnya sangat praktis bagi konsumen untuk membawa produk ini ke mana-mana. Kemasan tersebut juga efektif dalam menjaga keutuhan isi produk, sehingga produk tetap terjaga dengan baik saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Kejelasan informasi mengenai isi produk dan daya tarik warna kemasan turut menjadi faktor penting dalam memikat perhatian konsumen. Informasi yang jelas memberikan kepercayaan dan kepastian kepada konsumen mengenai produk yang mereka beli, sementara warna kemasan yang menarik menambah daya tarik produk.

Secara keseluruhan, kemasan produk memberikan kontribusi positif dalam menarik minat konsumen, baik melalui kemudahan penggunaan, keamanan produk, maupun informasi yang diberikan.

faktor keputusan pembelian

Kualitas Produk

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, kualitas produk Pawon Klotok Ning Ninik memiliki peran penting dalam menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Keunggulan kualitas produk ini terletak pada cita rasa yang khas, dihasilkan melalui resep tradisional yang membuatnya berbeda dari produk sejenis lainnya. Keunikan ini menjadi salah satu keunggulan kompetitif produk tersebut. Selain itu, daya tahan simpan yang cukup lama, bahan baku yang halal, dan kualitas rasa yang baik juga menambah nilai positif pada produk.

Lihat Juga :  Mahasiswa Umsida Asal Gaza Ceritakan Kondisi Negaranya Melalui Lazismu Jatim

Lihat juga: Kurangi Masalah Sampah, Dosen Umsida Buat Mesin Pencacah Sampah Organik Berbasis Fuzzy

Dengan kualitas produk yang baik, konsumen dapat memiliki kepercayaan dalam penggunaannya. Ini menciptakan motivasi bagi konsumen untuk membeli atau menikmati produk Pawon Klotok Ning Ninik, sehingga mendukung pengambilan keputusan pembelian.

faktor keputusan pembelian

Harga

Harga produk Pawon Klotok Ning Ninik mampu menarik minat konsumen untuk membeli, karena harga tersebut sejalan dengan kualitas produk yang diperoleh oleh konsumen.

Produk Pawon Klotok Ning Ninik dianggap memiliki harga yang terjangkau dan dapat bersaing di pasaran produk sambal sejenis. Kesesuaian antara harga dan kualitas produk menjadi faktor penentu yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dengan mengeluarkan sejumlah uang yang dianggap wajar, konsumen mendapatkan manfaat yang sebanding, yang pada akhirnya memberikan kepuasan kepada konsumen dan memotivasi mereka untuk membeli produk tersebut.

faktor keputusan pembelian

Merek

Faktor ini mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk Pawon Klotok Ning Ninik, karena merek berperan dalam mengkomunikasikan kualitas suatu produk.

Merek Pawon Klotok Ning Ninik dikenal memiliki reputasi kualitas yang baik, dan produknya menjadi pilihan utama dalam kategori sambal karena cita rasa tradisional yang khas. Promosi yang aktif, seperti keikutsertaan dalam pameran-pameran, membantu memperkenalkan merek ini kepada konsumen dan membuatnya dikenal dan diingat.

Kepercayaan konsumen terhadap merek yang dikenal dengan kualitas baik memiliki dampak positif pada keputusan pembelian. Dengan demikian, keberhasilan merek Pawon Klotok Ning Ninik dalam membangun reputasi positif dapat mempengaruhi sikap dan niat konsumen untuk memilih dan membeli produk tersebut.

Lihat juga: Ikuti Kegiatan PKMU, Mahasiswa Diharapkan Miliki Karakter UMSIDA

Keempat faktor ini, menurut penelitian dosen Umsida, saling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
1. Kemasan produk yang mudah dibawa menjadi daya tarik bagi konsumen karena memberikan kemudahan dalam membawa produk ke mana-mana.
2. Kualitas produk yang memiliki rasa yang baik juga menjadi faktor untuk konsumen memutuskan membeli.
3. Harga yang sesuai dengan manfaat yang diperoleh dari produk dapat memengaruhi keputusan pembelian.
4. Merek yang mudah diingat dapat memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi dan menelusuri produk.

Sumber: Dr Rita Ambarwati Sukmono MMT

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By
workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By
Edukasi Kesehatan Reproduksi Fikes Umsida
Fikes Umsida Galakkan Edukasi Kesehatan Reproduksi di SMA An Nur Malang
August 18, 2025By
petugas upacara Umsida di HUT RI ke-80 2
Jadi Petugas Upacara HUT RI ke-80, Mahasiswa Umsida Tunjukkan Semangat Nasionalisme
August 18, 2025By
kesejahteraan Indonesia 1
80 Tahun Indonesia Merdeka dan Kesejahteraan Masih Menjadi Persoalan, Ini Langkah Solutifnya
August 17, 2025By

Riset & Inovasi

sekolah rakyat
Berkesempatan Mengajar di Sekolah Rakyat, Ini Pendapat Dosen Umsida
September 17, 2025By
tong sampah ramah lingkungan
KKNT 23 Umsida Rancang Tong Sampah Ramah Lingkungan untuk Kurangi Polusi Asap
September 10, 2025By
inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By
pendampingan UMKM Opak Samiler-min
Tingkatkan Optimasi Produksi Opak Samiler, Tim Abdimas Umsida beri Bantuan Mesin
August 13, 2025By
SFMS dosen Umsida
Dosen Umsida Kenalkan SFMS di ITBAD Lamongan, Permudah Manajemen File
August 8, 2025By

Prestasi

apresiasi publikasi ilmiah 1
Penghargaan Publikasi Ilmiah Jadi Bukti Komitmen Umsida Majukan Riset Akademik
September 19, 2025By
atlet Pomnas Umsida
Umsida Lepas 4 Atlet yang Akan Bertanding di Pomnas 2025
September 18, 2025By
PS RES Umsida
PS RES Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik 2025
September 18, 2025By
dosen umsida
Umsida Beri Penghargaan kepada Dosen Peneliti, Inovator, dan Pusat Studi Terbaik 2025
September 17, 2025By
perguruan tinggi terbaik
Umsida Mantapkan Posisi sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia
September 13, 2025By