Simak! Ini 4 Faktor yang Memperngaruhi Keputusan Pembelian

Umsida.ac.id – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peran penting sebagai pondasi dan sarana pemerataan ekonomi nasional, pengentasan kemiskinan, dan penyumbang devisa negara. Sayangnya, pandemi Covid-19 telah menyebabkan beberapa UMKM gulung tikar. Keputusan pembelian konsumen menjadi krusial, dan perilaku konsumen memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

Dalam penelitian oleh Dr Rita Ambarwati Sukmono MMT, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Hal ini tertuang pada penelitiannya yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen: Sebuah Studi pada Produk Pawon Klotok Ning Ninik di Surabaya. Faktor tersebut seperti kemasan, kualitas produk, harga dan merek.

Penelitian ini dilakukan di Rumah Produksi Pawon Klotok Ning Ninik yang berlokasi di Jalan Siwalankerto Timur No. 151 Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya. Pawon Klotok Ning Ninik merupkan salah satu produsen olahan sambal yang tahan lama.

Lihat juga: Apakah Panic Buying Terjadi Karena Situasi Ekonomi, Gender, dan Pendidikan?

Penelitian yang menggunakan jenis kuantitatif ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 97 konsumen yang membeli produk Pawon Klotok Ning Ninik.

Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian

Hasilnya, ada empat faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pawon Klotok Ning Ninik, yakni kemasan, kualitas, produk, harga, dan juga merek.

faktor keputusan pembelian

Kemasan

Dari penelitian ini, ternyata kemasan mempengaruhi keputusan pembelian. Artinya, kemasan produk Pawon Klotok Ning Ninik memainkan peran penting dalam menarik minat konsumen untuk membeli. Kemudahan dalam membawa kemasan produk membuatnya sangat praktis bagi konsumen untuk membawa produk ini ke mana-mana. Kemasan tersebut juga efektif dalam menjaga keutuhan isi produk, sehingga produk tetap terjaga dengan baik saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Kejelasan informasi mengenai isi produk dan daya tarik warna kemasan turut menjadi faktor penting dalam memikat perhatian konsumen. Informasi yang jelas memberikan kepercayaan dan kepastian kepada konsumen mengenai produk yang mereka beli, sementara warna kemasan yang menarik menambah daya tarik produk.

Secara keseluruhan, kemasan produk memberikan kontribusi positif dalam menarik minat konsumen, baik melalui kemudahan penggunaan, keamanan produk, maupun informasi yang diberikan.

faktor keputusan pembelian

Kualitas Produk

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, kualitas produk Pawon Klotok Ning Ninik memiliki peran penting dalam menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Keunggulan kualitas produk ini terletak pada cita rasa yang khas, dihasilkan melalui resep tradisional yang membuatnya berbeda dari produk sejenis lainnya. Keunikan ini menjadi salah satu keunggulan kompetitif produk tersebut. Selain itu, daya tahan simpan yang cukup lama, bahan baku yang halal, dan kualitas rasa yang baik juga menambah nilai positif pada produk.

Lihat Juga :  Industri Kreatif Jadi Kontributor Besar pada PDB, Simak 4 Kiatnya

Lihat juga: Kurangi Masalah Sampah, Dosen Umsida Buat Mesin Pencacah Sampah Organik Berbasis Fuzzy

Dengan kualitas produk yang baik, konsumen dapat memiliki kepercayaan dalam penggunaannya. Ini menciptakan motivasi bagi konsumen untuk membeli atau menikmati produk Pawon Klotok Ning Ninik, sehingga mendukung pengambilan keputusan pembelian.

faktor keputusan pembelian

Harga

Harga produk Pawon Klotok Ning Ninik mampu menarik minat konsumen untuk membeli, karena harga tersebut sejalan dengan kualitas produk yang diperoleh oleh konsumen.

Produk Pawon Klotok Ning Ninik dianggap memiliki harga yang terjangkau dan dapat bersaing di pasaran produk sambal sejenis. Kesesuaian antara harga dan kualitas produk menjadi faktor penentu yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dengan mengeluarkan sejumlah uang yang dianggap wajar, konsumen mendapatkan manfaat yang sebanding, yang pada akhirnya memberikan kepuasan kepada konsumen dan memotivasi mereka untuk membeli produk tersebut.

faktor keputusan pembelian

Merek

Faktor ini mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk Pawon Klotok Ning Ninik, karena merek berperan dalam mengkomunikasikan kualitas suatu produk.

Merek Pawon Klotok Ning Ninik dikenal memiliki reputasi kualitas yang baik, dan produknya menjadi pilihan utama dalam kategori sambal karena cita rasa tradisional yang khas. Promosi yang aktif, seperti keikutsertaan dalam pameran-pameran, membantu memperkenalkan merek ini kepada konsumen dan membuatnya dikenal dan diingat.

Kepercayaan konsumen terhadap merek yang dikenal dengan kualitas baik memiliki dampak positif pada keputusan pembelian. Dengan demikian, keberhasilan merek Pawon Klotok Ning Ninik dalam membangun reputasi positif dapat mempengaruhi sikap dan niat konsumen untuk memilih dan membeli produk tersebut.

Lihat juga: Ikuti Kegiatan PKMU, Mahasiswa Diharapkan Miliki Karakter UMSIDA

Keempat faktor ini, menurut penelitian dosen Umsida, saling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
1. Kemasan produk yang mudah dibawa menjadi daya tarik bagi konsumen karena memberikan kemudahan dalam membawa produk ke mana-mana.
2. Kualitas produk yang memiliki rasa yang baik juga menjadi faktor untuk konsumen memutuskan membeli.
3. Harga yang sesuai dengan manfaat yang diperoleh dari produk dapat memengaruhi keputusan pembelian.
4. Merek yang mudah diingat dapat memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi dan menelusuri produk.

Sumber: Dr Rita Ambarwati Sukmono MMT

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

mahasiswa lolos 3 pendanaan besar
3 Pendanaan Besar Antarkan Mahasiswa Ini Jadi Wisudawan Berprestasi
November 22, 2025By
pesan menyentuh wisudawan
Dari Jerih Payah Sang Bunda, Tumbuh Wisudawan Umsida yang Pantang Menyerah
November 17, 2025By
Riset dan Abdimas Umsida raih klaster mandiri
Riset dan Abdimas Umsida Masuk Klaster Tertinggi Perguruan Tinggi Nasional 2026
November 13, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
inovasi laboran MIK Umsida
Inovasi Augmented Reality Laboran MIK Umsida Antarkan Prestasi Gemilang
October 28, 2025By