Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/html/wp-content/plugins/og/includes/iworks/class-iworks-opengraph.php on line 331

Simak! Ini 4 Faktor yang Memperngaruhi Keputusan Pembelian

Umsida.ac.id – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peran penting sebagai pondasi dan sarana pemerataan ekonomi nasional, pengentasan kemiskinan, dan penyumbang devisa negara. Sayangnya, pandemi Covid-19 telah menyebabkan beberapa UMKM gulung tikar. Keputusan pembelian konsumen menjadi krusial, dan perilaku konsumen memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

Dalam penelitian oleh Dr Rita Ambarwati Sukmono MMT, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Hal ini tertuang pada penelitiannya yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen: Sebuah Studi pada Produk Pawon Klotok Ning Ninik di Surabaya. Faktor tersebut seperti kemasan, kualitas produk, harga dan merek.

Penelitian ini dilakukan di Rumah Produksi Pawon Klotok Ning Ninik yang berlokasi di Jalan Siwalankerto Timur No. 151 Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya. Pawon Klotok Ning Ninik merupkan salah satu produsen olahan sambal yang tahan lama.

Lihat juga: Apakah Panic Buying Terjadi Karena Situasi Ekonomi, Gender, dan Pendidikan?

Penelitian yang menggunakan jenis kuantitatif ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 97 konsumen yang membeli produk Pawon Klotok Ning Ninik.

Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian

Hasilnya, ada empat faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pawon Klotok Ning Ninik, yakni kemasan, kualitas, produk, harga, dan juga merek.

faktor keputusan pembelian

Kemasan

Dari penelitian ini, ternyata kemasan mempengaruhi keputusan pembelian. Artinya, kemasan produk Pawon Klotok Ning Ninik memainkan peran penting dalam menarik minat konsumen untuk membeli. Kemudahan dalam membawa kemasan produk membuatnya sangat praktis bagi konsumen untuk membawa produk ini ke mana-mana. Kemasan tersebut juga efektif dalam menjaga keutuhan isi produk, sehingga produk tetap terjaga dengan baik saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Kejelasan informasi mengenai isi produk dan daya tarik warna kemasan turut menjadi faktor penting dalam memikat perhatian konsumen. Informasi yang jelas memberikan kepercayaan dan kepastian kepada konsumen mengenai produk yang mereka beli, sementara warna kemasan yang menarik menambah daya tarik produk.

Secara keseluruhan, kemasan produk memberikan kontribusi positif dalam menarik minat konsumen, baik melalui kemudahan penggunaan, keamanan produk, maupun informasi yang diberikan.

faktor keputusan pembelian

Kualitas Produk

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, kualitas produk Pawon Klotok Ning Ninik memiliki peran penting dalam menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Keunggulan kualitas produk ini terletak pada cita rasa yang khas, dihasilkan melalui resep tradisional yang membuatnya berbeda dari produk sejenis lainnya. Keunikan ini menjadi salah satu keunggulan kompetitif produk tersebut. Selain itu, daya tahan simpan yang cukup lama, bahan baku yang halal, dan kualitas rasa yang baik juga menambah nilai positif pada produk.

Lihat Juga :  Kuliah Perdana FBHIS: Mahasiswa Diharapkan Bisa Mendukung Masa Depan Keuangan Indonesia

Lihat juga: Kurangi Masalah Sampah, Dosen Umsida Buat Mesin Pencacah Sampah Organik Berbasis Fuzzy

Dengan kualitas produk yang baik, konsumen dapat memiliki kepercayaan dalam penggunaannya. Ini menciptakan motivasi bagi konsumen untuk membeli atau menikmati produk Pawon Klotok Ning Ninik, sehingga mendukung pengambilan keputusan pembelian.

faktor keputusan pembelian

Harga

Harga produk Pawon Klotok Ning Ninik mampu menarik minat konsumen untuk membeli, karena harga tersebut sejalan dengan kualitas produk yang diperoleh oleh konsumen.

Produk Pawon Klotok Ning Ninik dianggap memiliki harga yang terjangkau dan dapat bersaing di pasaran produk sambal sejenis. Kesesuaian antara harga dan kualitas produk menjadi faktor penentu yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dengan mengeluarkan sejumlah uang yang dianggap wajar, konsumen mendapatkan manfaat yang sebanding, yang pada akhirnya memberikan kepuasan kepada konsumen dan memotivasi mereka untuk membeli produk tersebut.

faktor keputusan pembelian

Merek

Faktor ini mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk Pawon Klotok Ning Ninik, karena merek berperan dalam mengkomunikasikan kualitas suatu produk.

Merek Pawon Klotok Ning Ninik dikenal memiliki reputasi kualitas yang baik, dan produknya menjadi pilihan utama dalam kategori sambal karena cita rasa tradisional yang khas. Promosi yang aktif, seperti keikutsertaan dalam pameran-pameran, membantu memperkenalkan merek ini kepada konsumen dan membuatnya dikenal dan diingat.

Kepercayaan konsumen terhadap merek yang dikenal dengan kualitas baik memiliki dampak positif pada keputusan pembelian. Dengan demikian, keberhasilan merek Pawon Klotok Ning Ninik dalam membangun reputasi positif dapat mempengaruhi sikap dan niat konsumen untuk memilih dan membeli produk tersebut.

Lihat juga: Ikuti Kegiatan PKMU, Mahasiswa Diharapkan Miliki Karakter UMSIDA

Keempat faktor ini, menurut penelitian dosen Umsida, saling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
1. Kemasan produk yang mudah dibawa menjadi daya tarik bagi konsumen karena memberikan kemudahan dalam membawa produk ke mana-mana.
2. Kualitas produk yang memiliki rasa yang baik juga menjadi faktor untuk konsumen memutuskan membeli.
3. Harga yang sesuai dengan manfaat yang diperoleh dari produk dapat memengaruhi keputusan pembelian.
4. Merek yang mudah diingat dapat memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi dan menelusuri produk.

Sumber: Dr Rita Ambarwati Sukmono MMT

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Ini Strategi Dosen Umsida Bersama Mahasiswanya, Atasi Penurunan Minat Belajar PAI
Ini Strategi Dosen Umsida Bersama Mahasiswanya, Atasi Penurunan Minat Belajar PAI
November 12, 2024By
Duta FPIP Umsida 2025: Mencari Wajah Baru yang Menginspirasi!
Duta FPIP Umsida 2025: Mencari Wajah Baru yang Menginspirasi!
November 11, 2024By
Mahasiswa Umsida
Inilah Peraih Juara 2 News Anchor Dalam Ajang KPI 2024 Tingkat Internasional
November 10, 2024By
Pebisnis Muda yang Berprestasi dan Inspiratif Layak Disematkan Pada Wisudawan Umsida Ini
Pebisnis Muda, Berprestasi dan Inspiratif Layak Disematkan Pada Wisudawan Umsida Ini
November 9, 2024By
kick off penerimaan mahasiswa baru 6_11zon
Kick Off Penerimaan Mahasiswa Baru Umsida 2025/2026 dan Apresiasi Sekolah Partnership
November 8, 2024By
UKM Kewirausahaan Umsida
Jadi Wadah Enterpreneur Muda, UKM Kewirausahaan Umsida Gelar Workshop Industri Kreatif
November 7, 2024By
expo campus Umsida MGBK 2024
Umsida dan MGBK Persiapkan Generasi Emas 2045 Lewat Expo Campus
November 5, 2024By
Gelar Lokakarya Kurikulum, Umsida Siap Luncurkan PPG
Gelar Lokakarya Kurikulum, Umsida Siap Luncurkan PPG
November 4, 2024By

Riset & Inovasi

Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By
Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal
Inovasi Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal Otomatis 3 Dosen Umsida
September 8, 2024By
legalitas BUMDesa
Tim Abdimas Umsida Akan Urus 5 Legalitas BUMDesa di 2 Kabupaten Usai Bantu 2 Desa Ini
August 29, 2024By

Prestasi

Mahasiswa Umsida Raih Juara 1 Dalam Ajang Internasional The 5 Borneo Global Summer Camp
Mahasiswa Umsida Raih Juara 1 Dalam Ajang Internasional The 5 Borneo Global Summer Camp
November 7, 2024By
Mahasiswa Umsida Raih Juara Internasional
Kompetisi Pertama Langsung Raih Juara 1 Tingkat Internasional
November 6, 2024By
5 Tips Sukses ala Wisudawan Terbaik dengan IPK 3,94 dan Segudang Aktivitasnya
November 3, 2024By
Sang Pendekar Karate Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
Sang Pendekar Karate Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
November 2, 2024By
wisudawan terbaik teknologi pangan Umsida
PP 30 Km Lebih Terbayar Lunas, Mahasiswa Teknologi Pangan Ini Jadi Wisudawan Terbaik
November 1, 2024By