• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P Desa Jatijejer Ajak Masyarakat Memperdayakan Ekonomi Melalui UMKM

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemcerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar sosialisasi dengan mengusung tema Memberdayakan UMKM di Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, pada Selasa (4/2). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu permasalahan yang hadapi warga di Desa Jatijejer yang terjun di sektor UMKM.

Lucky Ditayati, Koordinator Desa menyebutkan masalah yang dihadapi pelaku UMKM di Desa Jatijejer adalah kesulitan dalam memasarkan produk yang telah dibuat. “Desa Jatijejer dikenal sebagai penghasil ketela dan madu yang kemudian diproduksi menjadi beberapa olahan makanan tetapi ketika mereka mau memasarkan produknya, tentunya mereka harus mengetahui tentang pemasaran produk,” tutur Lucky.

Oleh karena itu, Tim KKN-P berinisiatif membantu pelaku UMKM di Desa Jatijejer untuk terus tumbuh dengan melakukan sosialisasi yang bersifat door to door. Kegiatan sosilisasi ini, Tim KKN-P mengajak pelaku UMKM di Desa Jatijejer untuk mengenal tentang pemasaran, strategi pemasaran, packaging atau kemasan, dan beberapa contoh hasil salah satu produk UMKM.

Tak hanya soal pemasaran, Lucky mengatakan, Tim KKN-P Umsida juga turut membantu mengarahkan dalam mengajukkan perizinan usaha supaya produk-produk di Desa Jatijejer bisa berskala nasional.

Dian Lestari, pemilik usaha carang mas di desa Jatijejer merasa senang dengan adanya kegiatan ini, “Saya ikut terbantu dengan adanya program atau kegiatan pelatihan UMKM dari adik-adik KKN UMSIDA. Selain menambah pengetahuan kami mengenai pemasaran dan kemasan UMKM, kegiatan ini secara langsung bermanfaat guna membangun usaha kami lebih baik dengan menerapkan apa yang sudah kami pahami” ujar Dian Lestari, pemilik usaha carang mas di desa Jatijejer.

Hal senada disampaikan oleh Sulikha, “Saya optimis bahwa setelah ini proses penjualan dan kemasan akan lebih meningkat dan mempengaruhi penjualan atau keuntungan”.

Penulis : Dewangga Septian/ Sofia Annajah

Editor : Asita Salsabilla M

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI