Umsida Bekali Mahasiswa Cara Menulis Berita dan UGC Sebelum KKN

Umsida Bekali Mahasiswa Cara Menulis Berita dan UGC Sebelum KKN

umsida.ac.id– Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang sedang menempuh semester 5 akan diwajibkan mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang nantinya akan terbagi dua kloter yakni KKN Pencerahan (KKN-P) dan KKN Terpadu (KKN-T).

Dalam pelaksanaannya mahasiswa memiliki banyak tugas salah satunya publish berita mengenai apa saja kegiatan yang mereka laksanakan dan bagaimana impact yang di dapat oleh masyarakat sekitar. Selain sebagai media report pertanggung jawaban kegiatan mereka kepada kampus hal ini juga bisa menjadi media promosi yang bermanfaat bagi mahasiswa, mitra dan kampus.

Sebelum diterjunkan ke lapangan mahasiswa dibekali terlebih dahulu bagaimana cara menulis berita yang baik dan mempromosikannya dengan membuat User Generated Content (UGC). Sebanyak 50 mahasiswa mengikuti pelatihan ini sebagai perwakilan dari masing-masing kelompoknya.

Materi pertama disampaikan oleh Kasi Humas Umsida Dian Rahma Santoso Mpd mengenai teknik penulisan berita hingga menjelaskan detail bahkan memberikan template agar memudahkan mahasiswa. Namun template tersebut tidak paten, artinya masih bisa di improve sesuai kenginan mahasiswa asalkan tetap pada peraturan penulisan berita yang benar.

Umsida Bekali Mahasiswa Cara Menulis Berita dan UGC Sebelum KKN

Dian Rahma juga menenangkan hati para mahasiswa yang sedikit grogi karena tidak pernah menulis berita sebelumnya. “Menulis berita itu mudah rek, tenang aja. Untuk kalian para mahasiswa kita udah menyiapkan template agar tidak terlalu bingung karena menulis berita itu kan yang susah biasanya mengawalinya ya?,” tanyanya.

Dijawab serentak oleh para mahasiswa “wah iyaaa bu,”

“Yaa saya paham, tapi tenang kita udah sediakan, dan nanti setelah belajar menulis ini kalian akan belajar publish di media UGC yang gratis. Jadi kalian ga usah bayar mahal-mahal. Apalagi kalian nanti akan diwajibkan minim upload 5 berita nah itu udah mengeluarkan dana berapa? lebih baik kalian publish sendiri dan uangnya bisa disimpan buat leburan kelompok KKN,” paparnya sambil tersenyum.

Dian Rahma Santoso tidak sendirian sebagai intruktur pelatihan penulisan berita ini ia bersama Alfaro Mohammad Recoba dan Rani Syahda Hanifa. Dalam sesi publish di media UGC Alfaro yang sudah mahir di bidang tersebut memberikan tutorial bagaimana cara publish di 4 media diantaranya Kumparan.com, Medium.com, Kompasiana.com dan retizen.republika.co.id.

Alfaro bahlan menjelaskan bagaimana cara memaksimalkan SEO yang ada di kumparan.com. Walaupun ia juga memahami bahwa itu tidak mudah.

“Saya paham memaksimalkan SEO itu tidak mudah tapi tidak apa-apa tidak perlu sampai 100 cukup minimal 80 saja. Karena SEO ini lumayan rumit bahkan diluar sana ada sekolahnya sendiri, dan kalau kalian sudah mahir, di luar sana ada pekerjaan khusus bidang ini dengan gaji yang cukup tinggi,” jelasnya.

Setelah mendapat banyak penjelasan akhirnya siswa di beri waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dan diminta melaporkan apabila sudah submit.

Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida