Umsida Inovasikan dan kreasikan Packaging Jamu Sebagai Taktik Pemasaran

Umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Terpadu (KKN-T) kelompok 3 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) inovasikan packaging produk dan edukasi pemanfataan whatsapp bisnis untuk meningkatkan produk UMKM Jamu Bu Tin, Kamis (18/8). Kegiatan ini berlangsung di Desa Kenongo II, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo.

Sulistin merupakan salah satu anggora Ranting Aisyiyah PRA Kenongho II, nama Jamu Bu Tin diambil karena Bu Tin merupakan sebagai pelaku umkm pemilik usaha jamu tersebut. Produk Jamu Bu Tin merupakan salah satu produk jamu di Ranting Aisyiyah PRA Kenongo II Desa Kenongo, Tulangan, Sidoarjo. Produksi Jamu Bu Tin sudah menghasilkan berbagai macam produk, di antaranya produk jamu instan dan jamu siap minum dengan berbagai macam varian. Untuk produk jamu instan berupa jamu kunyit instan, temulawak instan, kunyit putih instan, kencur instan, dan jahe instan. Sedangkan untuk jamu siap minumnya sementara ini hanya ada jamu sinom siap minum. Akan tetapi, nantinya akan ada rencana produksi jamu beras kencur siap minum.

Saat ini packaging produk sudah menggunakan botol dan standing pouch yang ditempel stiker nama produk. Dari sini mahasiswa KKN-T Ummsida mengadakan program kerja untuk memberikan inovasi packaging agar lebih menarik dan berkualitas. Menurut tim KKN-T kelompok 3, sebuah kemasan produk menjadi aspek penting yang dapat berdampak kepada harga dan sentimen pasar. Sehingga dalam inovasi kali ini, packaging dikembangkan dari kemasan sebelumnya yang masih terlihat transparan dan diganti dengan desain yang terlihat lebih menarik.

Pengubahan kemasan menjadi kemasan yang berwarna full putih dan bagian depan yang terdapat bentuk kecil transparan, maka dapat memungkinkan produk di dalam bisa terlihat dari luar. Selain itu, pemberian stiker yang lebih menarik dan berisi informasi produk mulai dari varian rasa hingga info pemesanan, dapat mendukung efisiensi kemasan. Sementara untuk botol jamu siap minum, mahasiswa KKN-T Umsida memberikan inovasi botol yang lebih modern dan menambah label pada botol siap minum. Dengan adanya packaging yang lebih menarik dan ditambahkannya label ini, diharapkan akan berpengaruh pada daya minat masyarakat yang semakin meningkat.

Selain itu, tim KKN-T kelompok 3 juga melihat adanya potensi pengembangan dari segi strategi pemasaran produk Jamu Bu Tin yang masih menggunakan cara tradisional, yaitu melalui komunikasi atau interaksi langsung dengan konsumen. Sebagai bentuk upaya meningkatkan pemasaran produk Jamu Bu Tin, mempermudah penyebaran informasi produk mahasiswa KKN-T U kelompok 3 Umsida juga memberikan edukasi terkait promosi melalui Aplikasi Whatsapp Bisnis yang di dalamnya memuat katalog terkait produk yang ditawarkan, jenis varian, dan nominal harga produk Jamu Bu Tin.

Saat ini pembelian produk Jamu Bu Tin sudah tersedia di Aplikasi Whatsapp Bisnis, sehingga konsumen akan lebih mudah mengakses informasi setiap produk. Selain itu mahasiswa KKN-T kelompok 3 juga memberikan edukasi mengenai pembuatan titik lokasi pada google maps, sehingga mulai saat ini konsumen bisa lebih mudah mengetahui titik lokasi pendistribusian produk Jamu Bu Tin.

Program kerja ini mendapatkan sambutan hangat dari Sulistin selaku pemilik usaha jamu di salah satu Ranting Aisyiyah PRA Kenongo II. Beliau merasa senang dan terbantu dari hasil inovasi packaging dan teknologi pemasaran yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN-T kelompok 3 Umsida. Seluruh anggota tim berharap agar program ini memiliki nilai positif untuk perkembangan Jamu Bu Tin.

Penulis : Muchamad Yusuf Alfianto dan Rejekining Randusiwi
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Berita Terkini

fkg Umsida dukung kesehatan gigi Indonesia 3
Wujudkan Pemerataan Kesehatan Gigi di Indonesia, FKG Umsida Terima Dental Clinic Mobile
July 29, 2025By
penyuluhan TB paru
Wujudkan Indonesia Bebas TB Paru, FK Umsida Lakukan Penyuluhan di Pondok Pesantren
July 29, 2025By
selebrasi kelulusan FST Umsida
Menilik Serunya Selebrasi FST Umsida Lepas Wisudawan 2025
July 28, 2025By
Prof Haedar jelaskan sistem kalender
Prof Haedar Ungkap Urgensi Sistem Kalender Hijriyah Global Tunggal dalam Orasi Ilmiah Wisuda ke-45 Umsida
July 27, 2025By
Prof Jain soroti pembaruan Islam
Penasihat PWM Jatim Soroti Pembaruan Islam Saat Menyampaikan Orasi Wisuda ke-45 Umsida
July 27, 2025By
Prof Syafiq Umat Islam satu sistem waktu
Ketua PP Muhammadiyah di Wisuda ke-45 Umsida: Umat Islam Harus Bersatu dalam Pendidikan dan Peradaban
July 26, 2025By
wisuda ke-45 Umsida
Umsida Gelar Wisuda Ke-45 dengan Pencapaian Cemerlang, Tanda Kemajuan Perguruan Tinggi Muhammadiyah
July 26, 2025By
Yudisium FBHIS Umsida 2025 2
435 Mahasiswa FBHIS Umsida Dinyatakan Lulus dalam Yudisium ke-33
July 25, 2025By

Riset & Inovasi

riset dan inovasi DRPM Umsida
Umsida Kembangkan Riset dan Inovasi Melalui Seminar, Pameran, dan Diseminasi dengan 3 Kampus
July 16, 2025By
pengganti agregat kasar Teknik Sipil Umsida 2
Ragam Inovasi Pengganti Agregat Kasar dari Teknik Sipil Umsida, Siap Diterapkan ke Lapangan
July 13, 2025By
civil day 2025
Civil Day 2025, Ajang Mahasiswa Teknik SIpil Tunjukkan Inovasinya
July 9, 2025By
pentingnya keamanan pangan 1
Ajak Melek Literasi Keamanan Pangan, Warek 1 Umsida Andil di Pendampingan PSAT
June 30, 2025By
pemeriksaan gigi 1
Gelar Pemeriksaan Gigi Bumil, FKG Umsida Edukasi 22 Ibu untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
June 24, 2025By

Prestasi

wisudawan berprestasi Umsida 2
Kisah Wisudawan Umsida, dari Korban Peluru Nyasar Hingga Prestasi, Double Degree, dan Karir Menjanjikan
July 28, 2025By
atlet taekwondo Umsida dapat emas di Porprov Jatim 2025 1
Target Porprov Akhirnya Diraih Anin Setelah Kegagalan di Tahun 2022
July 25, 2025By
mahasiswa AP Umsida raih perak di Porprov Jatim 2025
Raih Medali Perak Porprov Jatim 2025, Jovan Tampil Unggul dan Makin Terpacu ke PON
July 22, 2025By
mahasiswa Umsida raih emas di Porprov Jatim 2025
Medali Emas Porprov Jatim 2025, Hasil Kerja Keras Pradita di Sidoarjo dan Lumajang
July 21, 2025By
atlet taekwondo Umsida
Mahasiswi Akuntansi Umsida Sabet Emas Cabor Taekwondo di Porprov Jatim 2025
July 21, 2025By