• Alumni
  • Alumni

Umsida Lakukan Pendampingan Koperasi BUEKA Tanggulangin

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan Pendampingan Koperasi BUEKA di Desa Penatarsewu Kec. Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, yang dilakukan secara offline dan dilanjutkan secara online, Jumát (22/1). Pelaksanaan kegiatan ini di dukung sepenuhnya oleh tim dosen umsida. “Koperasi BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah) yang berada di Desa Penatarsewu memiliki modal awal dari dana Hibah Pemerintah sebesar Rp 25.000.000,- pada Tahun 2015. Dan seiring dengan berjalan waktu ternyata Pengurus masih kebingungan dalam hal perhitungan keuangan dan manajemen Koperasi sehingga modal yang digulirkan kurang berkembang,” kata Nihlatul Qudus SN SE MM, Ketua Tim Abdimas Pendampingan Koperasi BUEKA Penatarsewu.

Disamping itu persaingan diantara banyak lembaga keuangan menyebabkan Pengurus Koperasi harus berupaya keras bagaimana agar anggota lebih loyal kepada Koperasi BUEKA dan bersama-sama mendorong agar lebih maju dan berkembang dibandingkan terhadap lembaga keuangan lainnya.

Disampaikan anggota tim yaitu Puspita Handayani, SAg MPdI yaitu bahwa, “Tujuan kami dalam Pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Pengurus dalam mengelola Koperasi dan mampu menyajikan laporan keuangan koperasi dengan baik serta menumbuhkan sikap ta’awun dalam diri anggota Koperasi yang dapat mendorong ekonomi perempuan dan gerakan dakwah Aisyiyah berkemajuan di Koperasi BUEKA Penatarsewu lebih berkembang,” ujarnya.

Kegiatan pendampingan yang telah dilakukan adalah pendampingan tentang 1) Edukasi manajemen Koperasi dan keuangan kepada Pengurus koperasi, dimana Pengurus dibekali pengetahuan dan pendidikan bagaimana mengelola Koperasi dengan baik dan memberikan pendidikan akuntansi serta cara perhitungan hasil usaha (PHU). 2) Edukasi tentang kesadaran pentingnya prinsip Ta’awun, dimana Pengurus dan anggota diajak untuk bekerja sama dan saling tolong menolong kepada sesama anggota untuk ikut serta dalam memajukan Koperasi. dan anggota tim lainnya Yanik Purwanti SST MKeb menyampaikan materi 3) Pendampingan pola hidup sehat sehingga pengurus tidak terkena covid-19 dan dapat mengelola Koperasi lebih baik lagi.

Pendampingan Koperasi BUEKA Penatarsewu yang dilakukan oleh Tim Abdimas UMSIDA ini bertepatan dengan berakhirnya tutup buku tahun 2020 sehingga Pengurus Koperasi harus segera melaporkan semua kegiatan yang dilakukan selama satu tahun dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dan dengan adanya edukasi manajemen Koperasi dan keuangan ini Pengurus dapat membuat kebijakan Koperasi lebih baik serta dapat menyajikan laporan keuangan lebih baik dan akuntabel.
Dalam Pendampingan Koperasi BUEKA di Desa Penatarsewu Kec. Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo tersebut juga dibantu oleh 2 orang mahasiswa UMSIDA yaitu Metha Karina dan Lucky Diyanti sebagai anggota Tim Abdimas.

ditulis : Asita Salsabila

Edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI