• Alumni
  • Alumni

Umsida Raih Prestasi Pemeringkatan Kinerja Kemahasiswaan Kemendikbud RI 2020

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil masuk ke dalam peringkat 100 besar penilaian yang dilakukan melalui isian Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa) Perguruan Tinggi Non Vokasi.

Umsida menduduki peringkat ke-73 dengan skor 27,46. Peringkat Simkatmawa Umsida 2020 ini merupakan isian kinerja bidang kemahasiswaan pada tahun 2019. “Alhamdulillah, Kita bersyukur pada Allah SWT dengan anugrah ini sehingga Umsida bisa lebih baik dalam mengembangkan bidang kemahasiswaan,”ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Eko Hardiansyah MPsi Psikolog, Selasa (1/9).

Peringkat ini merupakan prestasi bagi seluruh mahasiswa Umsida di berbagai kegiatan melalui BEM Universitas, BEM Fakultas, Himpunan, UKM, komunitas kompetisi mahasiswa, dan organisasi mahasiswa lainnya. Selain itu, juga tidak lepas dari dukungan dosen pembimbing dan dosen pembina, serta pimpinan di fakultas dan universitas.

Komponen penilaian yang ada pada pemeringkatan terdiri dari seluruh kegiatan kemahasiswaan seperti lomba, seminar dan student exchange dalam satu tahun. Kegiatan terbagi menjadi dua diselenggarakan oleh Kemendikbud dan yang di luar Kemendikbud, seperti oleh universitas atau oleh organisasi baik itu dalam hal akademik maupun non-akademik. Pemeringkatan ini bersifat nasional dan diikuti oleh seluruh uninversitas yang ada di bawah Kemendikbud

Terkait meningkatnya peringkat Umsida, Kasie Kemahasiswaan DKKA Syahrul Ardiansyah S Si M Si mengungkapkan bahwa salah satu hal yang penting untuk mendorong naiknya peringkat ini adalah mendorong para mahasiswa untuk selalu aktif dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan. “Pihak universitas selalu memotivasi mahasiswa dengan memberikan fasilitas berupa pendidikan dan pendampingan intensif saat akan ataupun setelah mengikuti kegiatan. Selain itu, pendataan kegiatan yang dilakukan mahasiswa juga,”ujarnya. Ia menambahkan mahasiswa memiliki andil yang besar.

Eko Hardiansyah MPsi Psikolog mengatakan bahwa pemeringkatan ini bisa digunakan sebagai motivasi universitas untuk terus meningkatkan pelayanannya agar dapat mendorong mahasiswa untuk terus aktif dan berprestasi. “Saya berharap utk terus menerus melakukan perbaikan sehingga bisa menjadi garda terdepan utk memberikan layanan prima terhadap pengembangan bakat minat serta prestasi mahasiswa,”tambahnya.

Pemeringkatan Simkatmawa diadakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud) ini terintegrasi dengan pemeringkatan universitas.

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI