• Alumni
  • Alumni

Manfaatkan Limbah Botol Plastik, Tim Kelompok 3 KKN-T Umsida Hasilkan Vertikal Garden

Umsida.ac.id – Selama ini, masyarakat memandang sampah plastik merupakan benda yang tidak berharga. Inilah yang membuat tim kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tangguh 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengolah sampah plastik menjadi benda dengan nilai guna. Mereka mengajak masyarakat Perum Tanggulangin Asri RW 6 membuat Vertical Garden dengan bahan dari botol bekas dan galon air minum, Rabu (2/9).

Selain itu, lingkungan yang sangat minim lahan penanaman dan banyaknya sampah botol plastik menjadi alasan utama kelompok KKN 3 membuat metode tanam vertical garden. “Kami menggunakan galon yang diisi tanah , kemudian kami bentuk menjulang ke atas supaya menghemat tempat dan terlihat lebih unik dan menarik,”ujar Yani Sylvania anggota tim kelompok 3.

vertical garden tim kelompok 3 KKN-T Umsida dengan memanfaatkan galon,pipa plastik dan botol plastik

Hal senada juga diungkap oleh Perdana Juliartha Gunansya anggota tim pembuatan vertical garden kelompok 3, “Penggunaan pot ini selain terlihat lebih unik juga bahannya murah dan mudah didapatkan, namun ada kekurangannya yaitu pot ini tidak bisa bertahan lama karena terbuat dari plastik,”imbuhnya.

Kedua mahasiswa ini menjelaskan proses pembuatan vertical garden. Pertama siapkan barang bekas seperti botol dan galon. Kemudian botol dipecah menjadi 2 bagian dan diambil bagian atas, tutup botol dilubangi kecil-kecil untuk fungsi perairannya. Pemasangan botol digantungkan pada pipa yang sudah disediakan. Setelah terpasang, botol bisa diisi dengan aneka tanaman hias. Kemudian Pipa berisi bunga kecil dipindahkan ke atas galon yang telah dihias dengan bebatuan kecil.

proses pembuatan vertical garden dari galon dan botol plastik

Sejatinya, Permasalahan sampah terletak pada cara pengelolaannya yang tidak tepat. Sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan. Plastik banyak digunakan   untuk   botol   minuman. Karakteristik   plastik   yang   lebih   ringan,   praktis,   dan pembuatannya mudah menyebabkan banyaknya penggunaan plastik.. Kemasan  plastik  yang  digunakan  kemudian  langsung  dibuang tanpa  pengolahan  dan  menjadi  sampah plastik.

ditulis : Yani Sylvania

edit : Etik Siswati

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI