Update Perkembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0, FPIP UMSIDA Gelar Seminar Nasional

Penulis : umsidaj4y4 June 27, 2019 / Berita

Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Univeritas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggrakan Seminar Nasional dengan Tema “Penguatan Karakter & Profesionalitas Pendidik Berbasis Literasi Di Era Revolusi Industri 4.0” di ruang Auditorium KH. Mas Mansyur, Kamis (27/06/19).

Dalam laporan Ketua Pelaksana  memaparkan bahwa pentingnya mengupdate pengatahuan mahasiswa terhadap perkembangan pendidikan terutama dalam Era Revolusi Industri 4.0.  Seminar nasional ini, merupakan salah satu agenda tahunan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang kini menjadi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh 55 Dosen Pemakalah dan 350 Mahasiswa sebagai peserta seminar. Acara pembukaan Seminar ini dihadiri dan dibuka oleh Drs. Hidayatullah, M.Si selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Dalam seminar ini disampaikan konsep pendidikan oleh Prof. Achamd Jainuri, M.A.,Ph.D bahwa pendidik merupakan elemen penting dalam dunia pendidikan. Sampaian ini mengarah kepada materi seminar yang disampaikan oleh Prof. Ir. Riyanto Samo, S.E.,M.Sc.,Ph.D (Guru Besar Bidang Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember) yang menyatakan, saat ini dunia sedang mengalami kemajuan teknologi dalam berbagai aspek, dimana salah satu kemajuan Teknologi terjadi dalam dunia kesehatan yang saat ini memanfaatkan basis Augmented Reality dan Virtual Reality dalam mengoprasi pasien.

Pemaparan lain disampaikan oleh pemateri ke-dua Prof. Suyatno, Ph.D. (Guru Besar Bidang Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta) bahwa literasi yang dikaitkan dengan kemajuan teknologi dimana Mindset  masyarakat saat ini segala yang memudahkan mempengaruhi Crithical Thingking,  sehingga perlunya keseimbangan terhadap literasi di era revolusi industri 4.0 terutama dalam penguatan karakter dan profesionalitas pendidik.(LPM_REAKASI.L.F&F.Z).

Related Post