Wasiat KH Ahmad Dahlan Didengungkan Pada Capacity Building PDM Sidoarjo

Wasiat KH Ahmad Dahlan Didengungkan Pada Capacity Building PDM Sidoarjo

Umsida.ac.id– Wasiat KH Ahmad Dahlan disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr Hidayatullah MSi. Pada Kegiatan Capacity Building dengan tema Sinergi dan Transformasi Pimpinan Dalam Membumikan Islam Berkemajuan di Sidoarjo yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sidoarjo di Aula KH Mas Mansyur lt 7 Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) pada Minggu (24/09/2023).

“Mari kita dengungkan pesan KH Ahmad Dahlan sebelum meninggal jadi ini adalah wasiat,”ajaknya.

Pesan KH Ahmad Dahlan

“Mengingat keadaan tubuhku kiranya aku tidak lama lagi akan meninggalkan anak-anakku, kita semua adalah anak-anak Ahmad Dahlan anak ideologis meskipun bukan biologis. Sedangkan aku tidak memiliki harta benda aku hanya memiliki Muhammadiyah yang akan kuwariskan kepadamu sekalian. Karena itu aku titipkan Muhammadiyah ini kepadamu sekalian dengan penuh harapan, agar engkau sekalian mau memelihara dan menjaga Muhammadiyah itu dengan sepenuh hati, agar Muhammadiyah bisa terus berkembang selamanya,” paparnya.

Baca juga: Banyak Dicari, Ini Langkah Awal Menjadi Desainer Grafis Menurut Dosen Umsida

Dengan wasiat itu Dr Hidayatullah MSi ingin menyampaikan agar seluruh hadirin ikut memajukan Muhammadiyah di Kabupaten Sidoarjo hingga seterusnya.

“Mari kita refleksi untuk cabang kita masing-masing sekaligus kita proyeksi untuk 5 tahun kedepan bagaimana potret cabang Muhammadiyah kita di masing kecamatan. Pastikan setiap cabang mengalami perkembangan terus-menerus baik sisi persyarikatan maupun amal usahanya,” ujarnya.

Perkembangan yang diharapkan adalah jika saat ini masih ada cabang yang belum terbentuk ranting di desa-desanya maka harus diproyeksikan agar seluruh desa di cabang merupakan ranting dari Muhammadiyah. Jika cabang ada yang belum memiliki amal usaha maka wajib dipastikan 5 tahun kedepan setiap cabang harus memiliki amal usaha.

Wasiat KH Ahmad Dahlan Didengungkan Pada Capacity Building PDM Sidoarjo

Lalu perkembangan apa yang bisa dikerjakan oleh Cabang Muhammadiyah yang sudah memiliki semuanya? Tentu menurut Dr Hidayatullah proyeksi 5 tahun kedepan amal usaha yang dimiliki tiap cabang harus ltumbuh berkembang tidak boleh berhenti.

“Kalau itu bisa kita wujudkan maka insya Allah kita akan betul-betul menjadi anak-anak KH Ahmad Dahlan yang bisa menjalankan wasiat ini,” terangnya.

Dr Hidayatullah juga berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan di masing- masing cabang dan dimodifikasi sesuai kebutuhan cabang. Karena kegiatan ini juga telah dilaksanakan oleh seluruh PDM.

“Lakukan kegiatan yang sama ini untuk menyamakan visi dan irama kita di Muhammadiyah jika irama kita sesuai maka Muhammadiyah akan lebih baik lagi. Dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya melalui kegiatan yang kita selenggarakan. Supaya gerakan kita betul-betul berjalan dengan baik maka kita ini diingatkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk berada pada barisan Yang sangat kokoh sesuai Surat As shaff ayat 4,” ungkap Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Umsida tersebut.

Kutipan Surat As Shaff ayat 4 itu berbunyi “Innallāha yuḥibbullażīna yuqātilụna fī sabīlihī ṣaffang ka`annahum bun-yānum marṣụṣ”.

Yang memiliki arti “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”.

Untuk membuat barisan yang kokoh tentu harus menyetarakan kekuatan. Sehingga Cabang Muhamamadiyah yang sudah kuat harus memberikan dukungan penuh kepada Cabang lain, begitu juga di tingkat Ranting Muhammadiyah.

“Mukmin itu harus menjadi penolong bagi Mukmin yang lain. Ini harus kita bangun kalau kita ingin berada pada barisan yang kuat untuk membangun bangunan yang kokoh,” ujarnya.

Baca juga: Tanggapi Kanker Tulang, Ini Kata Pakar Umsida

Ada 5K yang harus kita wujudkan untuk membuat barisan yang rapi dan kokoh.

Pertama Kompak, artinya seluruh Muhammadiyah ditingkat Daerah, Cabang Maupun Ranting harus kompak dan tidak boleh berjalan sendiri-sendiri.

Kedua Kuat, Allah lebih mencintai Mukmin yang kuat dibanding Mukmin yang lemah,

Ketiga Kontribusi “masing-masing dari kita harus memberikan kontribusi yang terbaik, tidak ada artinya kita hebat sendiri kalau kita tidak berikan kehebatan kita untuk yang lain,” ungkapnya

Keempat Konsistensi setelah banyak usulan program yang diajukan pada kegiatan Muscab maupun Musran, usulan itu seharusnya dilanjutkan menjadi sebuah program inovasi untuk kemajuan Muhammadiyah dan dilaksanakan secara konsisten.

Kelima Komitmen apa yang dilakukan bersama-sama ini harus betul-betul bisa dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun akhirat

“5k ini yang sering saya dengungkan di Umsida ini dalam rangka untuk mewujudkan bagaimana Umsida ini bukan sekedar menjadi kampus semata tapi kampus yang mempunyai keunggulan. Sebagaimana Islam yang berkemajuan adalah Islam yang senantiasa melahirkan kebaikan,” pungkasnya.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By