• Alumni
  • Alumni

Yudi Latif: Pancasila dan Paripurna Negara

Umsida.ac.id – “Hal terpenting dari pendiri bangsa adalah elemen Muhammadiyah. Muhammadiyah memiliki peran penting untuk negara dan pembentukan pancasila serta konstitusi,” terang Yudi Latif PhD, Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia (PSIK-Indonesia) membuka orasi ilmiah dalam Pra Muktamar Muhammadiyah ke-48 di auditorium KH Ahmad Dahlan GKB 2, pada Senin (3/3).

Pria yang aktif sebagai anggota Akedemi Ilmu Pengetahuan Indonesia ini menjelaskan bahwa antara keislaman dan pancasila tidak bisa diperagakan. “Pembentukan pancasila tidak mungkin mengambaikan aturan Islam karena perumusnya terdiri dari tokoh yang pemahaman agamanya tinggi, termasuk bagian dari anggota Muhammadiyah,” jelas Latif, selain Ketua PSIK-Indonesia, ia juga Pemimpin Redaksi Biografi Politik.

Kemudian, Latif menyebutkan tokoh-tokoh perumus pancasila yang termasuk dari anggota Muhammadiyah. “Ir Soekarno merupakan guru dan pengurus Muhammdiyah. Anggota BUPKI yaitu Agus Salim dan Mudzakkir itu termasuk dari anggota Muhammadiyah. Maria Umar Santoso, ia adalah bagian dari Aisyiyah. Moh Hatta, beliau bukan dari Muhammadiyah, tapi pemahaman agamanya sangat tinggi,” pungkasnya.

Selain itu, ia memaparkan jika dalam pancasila tidak ada pertentangan antara agama satu dengan yang lainnya. “Seperti sila pertama tentang Ketuhanan Yang Maha Esa, bagi muslim, sila pertama berhubungan langsung dengan tauhid. Sedangkan bagi agama yang lainnya sesuai dengan keyakinan dan Tuhan yang mereka sembah,” tuturnya.

“Yang penting sila ketuhanan ini bisa menjungjung tinggi kemanusiaan, merawat kesatuan, menyelesaikan masalah dengan musyawarah dan mengarah pada keadilan,” lanjutnya.

Pria berkelahiran tahun 1964 itu menjelaskan bahwa pancasila bukan hanya tugas negara. “Pengembangan nilai pancasila tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada monopoli negara, organisasi seperti Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, dan lainnya harus bergerak bersama-sama mengembangkan nilai-nilai pancasila, sehingga ini bisa dijadikan satu aset untuk negara menghindari manipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.

Reporter IIs wulandari

editor intan mutioara

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI