mudik lebaran 2024

7 Tips Mudik Lebaran yang Nyaman dan Aman, Utamakan Niat!

Umsida.ac.id – Mudik lebaran telah menjadi kebiasaan bahkan budaya bagi umat muslim dalam merayakan hari raya Idul Fitri. Di momen yang suci ini, mereka berkunjung ke sanak saudara yang tak jarang juga berada di luar daerah. Atau bagi umat muslim yang berada di perantauan, mereka juga turut melaksanakan mudik ke kampung halaman tercinta.

Baca juga: Niat Beli Baju Lebaran di Instagram Berakhir Ditipu, Ini Cerita Salah Satu Korbannya

Orang yang akan mudik tentu memiliki euforia tersendiri, entah tidak sabar karena akan bertemu keluarga, liburan bersama-sama, atau sekedar melihat kondisi keluarga yang tidak bisa setiap hari mereka temui. 

Ada beberapa hal yang menyenangkan dalam mempersiapkan mudik, seperti berburu tiket menuju kampung halaman jauh-jauh hari, mengumpulkan cuti kerja untuk memperpanjang masa, atau memiliki trik tertentu  agar tidak terjebak kemacetan dan padatnya lalu lintas saat berkendara.

Salah satu dosen prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr Eko Hardi Ansyah SPsi MPsi Psikolog Membagikan tips agar momen mudik lebaran terasa nyaman dan aman sampai kampung halaman.

“Mudik itu berasal dari bahasa Jawa yang artinya mulih dilik atau pulang sebentar.  Jadi ketika kita mudik ke kampung halaman, durasinya tidak terlalu lama. Kemudian dengan adanya lebaran, mudik menjadi budaya umat Muslim,” ucapnya.

7 tips mudik lebaran 
mudik lebaran 2024
Ilustrasi: Unsplash

1. Niat yang kuat

Tips mudik lebaran yang pertama yakni niat yang kuat. Dr Eko mengatakan bahwa niat yang kuat itu maksudnya menjadikan momen mudik ini sebagai ibadah. Ibadah inilah yang kemudian harus menjadi niat awal dalam melakukan perjalanan mudik lebaran.

“Ibadah kepada Allah pada dasarnya adalah satu hal yang harus dinikmati. Karena setiap ibadah pasti akan ada balasannya berkali lipat dari-Nya,” terangnya.

Ia menyampaikan bahwa saat mudik lebaran, jangan sampai pikiran dan hati menjadi tanggung. Artinya, masih ada beban tertentu. Jika hal tersebut terjadi, maka perjalanan mudik lebaran akan menjadi petaka karena sensitivitas tinggi.

Misal, saat terkena macet di jalan akan gampang terprovokasi dan emosi hingga menyebabkan hal buruk terjadi.

Baca juga: Anti Lemas, Ini 9 Tips Tetap Produktif Saat Berpuasa

2. Menentukan metode mudik

mudik lebaran 2024
Ilustrasi: Freepik

Setelah niat sudah dikukuhkan, maka selanjutnya memikirkan hal-hal teknis seperti metode mudik. bagaimana caranya agar pemudik bisa sampai tujuan dengan selamat. Misalnya, ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika sepakat untuk menggunakan kendaraan umum, maka mereka harus menyiapkan tiket sedini mungkin, baik arus mudik maupun arus balik. Sebaliknya, jika menggunakan kendaraan pribadi, maka siapkan dengan matang kondisi kendaraan yang dipakai.

“Atau juga bisa memanfaatkan fasilitas pemerintah. Misal dengan dana yang pas-pasan, pemudik bisa mengikuti program mudik gratis. Dengan catatan mereka harus standby agar tidak ketinggalan informasi,” ucapnya.

3. Ketahui waktu yang pas untuk mudik

Setelah memilih metode mudik lebaran, maka selanjutnya pemudik harus mengetahui kapan waktu yang pas untuk berangkat ke kampung halaman. Waktu yang tepat untuk mudik ini harus dibarengi dengan informasi terbaru. Oleh karena itu, pemudik harus update tentang hal tersebut.

Dengan menentukan waktu yang pas untuk mudik, maka bisa meminimalisir kepadatan kendaraan di jalan. Karena jika pemudik tersebut berangkat pada hari-hari krusial, maka mereka bisa saja menambah durasi perjalanan karena padatnya kendaraan. Dan kalau hal itu terjadi, mereka juga akan otomatis mengeluarkan biaya tambahan dan menjadi sumber stresor.

4. Pantau arus mudik

mudik lebaran 2024
Ilustrasi: Freepik

Sebelum mudik, hendaknya mengikuti berita terkini, baik arus lalu lintas, kondisi daerah tujuan, rest area, bahkan harga-harga tertentu seperti e-tol dan tiket transportasi umum.

Dengan memantau arus mudik lebaran, maka pemudik bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berangkat dan pulang, serta tidak ketinggalan regulasi tertentu yang diberlakukan selama masa mudik lebaran.

Baca juga: Berpuasa, Kenali 3 Jenis Makruh dan Contoh Perbuatannya Menurut Dosen Umsida

5. Jaga kesehatan

Dr Eko menyampaikan, “Jangan lupa, mudik juga sebaiknya membawa peralatan kesehatan seperti obat-obatan dan pertolongan pertama jika terjadi sesuatu. Selain itu, lamanya durasi perjalanan juga memungkinkan tubuh seseorang mengalami perubahan,”

Sebelum mudik, hendaknya istirahat terlebih dahulu agar selama perjalanan kondisi tubuh tetap fit.

6. Kesiapan finansial yang pas

mudik lebaran 2024
Ilustrasi: Unsplash

Tujuan utama mudik adalah untuk melaksanakan ibadah. Kemudian saat mudik kita dianjurkan untuk melakukan hal-hal baik yang pertama kepada orang tua lalu pada saat keluarga tetangga dan orang lain 

“Justru hal yang perlu kita hindari saat mudik lebaran adalah sikap riya atau pamer misal pamer. Seperti properti, kendaraan, hingga harus mengeluarkan dana yang cukup banyak. Atau memberikan THR kepada orang lain dengan tujuan untuk menunjukkan status sosial,” tuturnya.

Artinya, sambung Dr Eko, Salah satu ciri orang yang memiliki kasih sayang adalah tidak berjalan di muka bumi dengan sombong, melainkan dengan rendah hati. Yang kedua, tidak bersikap boros dan tidak kikir dengan orang. Jadi sebaiknya jika ingin memberi, maka diniatkan sebagai shodaqoh.

7. Cek keadaan rumah

Tips mudik lebaran yang terakhir adalah mengecek keadaan rumah sebelum berangkat. Saat meninggalkan rumah, cabut semua kabel, aliran listrik dan regulator gas, mematikan kran dan mengunci semua pintu, jendela, pagar rumah. Bisa juga memberi tahu tetangga yang tidak mudik atau satpam kalau akan mudik agar mereka bisa turut mengawasi keadaan rumah.

“Intinya, bagaimana caranya agar perjalanan mudik terasa nyaman. Jika sudah nyaman, maka perjalanan mudik bisa menjadi aman. Karena mudik itu harus dinikmati, bukan malah menjadi beban,” pungkasnya. 

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By