pertukaran luar negeri

Manfaat Belajar ke Luar Negeri, Mahasiswa Wajib Simak

Umsida.ac.id – Walau ke luar negeri membutuhkan usaha lebih bagi mahasiswa, namun dengan menimba ilmu di negeri orang memiliki banyak manfaat lo. Mahasiswa bisa mengikuti beberapa program agar bisa belajar ke luar negeri. Apalagi sekarang di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memiliki banyak program ke luar negeri untuk mahasiswanya untuk memperluas jaringan internasional khususnya di ranah ASEAN.

Isna Fitia Agustina MSi, kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI) akan memaparkan beberapa benefit yang didapatkan mahasiswa yang mengikuti program ke luar negeri. Apa saja kah itu? Yuk simak!

Lihat juga: Mahasiswa Wajib Catat! Ikuti 6 Program Ini Agar Bisa ke Luar Negeri

8 Manfaat Mengikuti Program ke Luar Negeri Bagi Mahasiswa

1. Pengalaman

Manfaat pertama yang bisa didapatkan mahasiswa ketika ke luar negeri adalah pengalaman yang tidak didapatkan mahasiswa lainnya. Adaptasi di lingkungan baru dan berbaur dengan masyarakat tentu membutuhkan waktu dan effort juga. 

Namun, pengalaman yang didapatkan selama mengikuti program bisa dijadikan sebagai pandangan dan pemikiran baru yang bisa membuka wawasan yang lebih luas.

2. Networking

memiliki relasi di luar negeri

Dengan mengikuti program ke luar negeri, mahasiswa bisa mengenal banyak orang baru baik lokal atau mancanegara. Mereka yang mengikuti sebuah program tersebut berasal dari berbagai daerah. Ditambah lagi ketika di sana, mahasiswa juga akan berinteraksi dengan teman dari universitas luar negeri.

Mungkin awalnya memang gugup, namun relasi inilah yang akan bermanfaat bahkan dalam jangka panjang. Kamu akan mengetahui informasi tentang negara-negara lain yang dapat menambah referensimu.

Lihat juga: Lakukan 5 Hal Ini agar Lolos Beasiswa Luar Negeri

3. Tanggung jawab

Selama program tersebut berjalan, tentunya mahasiswa memiliki tugas tertentu. Misalnya pertukaran mahasiswa internasional. Pasti mereka harus mengerjakan tugas atau laporan-laporan tertentu.

“Jadi ketika mendapatkan tugas atau membuat laporan kegiatan dari program tersebut, maka secara tidak langsung akan melatih sikap tanggung jawab mahasiswa. Jauh dari negara sendiri untuk bisa mengikuti budaya dan kebiasaan sana juga merupakan tanggung jawab kepada diri sendiri juga,” ujar perempuan yang aktif di PWM ini.

4. Kesempatan untuk Mengenal budaya

mengenal budaya luar negeri

Saat mengikuti program internasional, pastinya mahasiswa akan dikenalkan budaya baru negara tersebut yang mungkin saja berbeda dengan budaya di negeri sendiri. Mempelajari budaya juga akan mempermudah mahasiswa untuk beradaptasi di lingkungan tersebut.

“Hidup di negeri orang selama beberapa waktu membuat mahasiswa mengenal budaya mereka. Dengan begitu mahasiswa bisa belajar budaya baru. Misal di negara serumpun, mereka akan tahu persamaan budaya sana dan sini (Indonesia),” lanjut Isna.

Lihat juga: Sebanyak 9 Mahasiswa Internasional UMM Ikuti Kunjungan Budaya di Sidoarjo

5. Mempercepat kelulusan

Siapa sangka jika belajar atau mengikuti program pendidikan di luar negeri akan mempersingkat waktu kelulusan mahasiswa. Hal ini karena program ke luar negeri terdapat tugas tambahan kepada mahasiswanya, seperti pengganti tugas akhir.

Misalnya, tutur Isna, dalam program pertukaran atau summer course, di kegiatan tersebut juga diselenggarakan konferensi internasional yang bisa menerbitkan prosiding. Jadi mahasiswa mendapat tugas berupa penulisan artikel ilmiah yang bisa diikutkan dalam konferensi tersebut. Setelah itu, mereka mendapatkan LoA yang bisa dijadikan alternatif pengganti skripsi.

6. Melatih keberanian

Hidup di negeri orang secara tidak langsung membuat mahasiswa lebih berani untuk untuk melakukan beberaphal. Contohnya, beradaptasi dengan lingkungan, bersosialisasi dengan orang baru, belajar berbicara dengan bahasa setempat, mencoba makanan lokal, dan tentunya berani bersaing secara sehat dengan mahasiswa lainnya.

7. Memperkaya bahasa

Salah satu syarat mutlak agar kamu bisa menempuh pendidikan ke luar negeri adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Bukan apa-apa, hal ini diminta agar memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi di negara tujuan menggunakan bahasa internasional.

Baca juga: Peniadaan Skripsi, Wakil Rektor 1 Umsida Jelaskan 5 Alternatif Penggantinya

8. Kesempatan untuk melancong

melancong ke luar negeri

Mungkin manfaat yang terakhir ini sedikit unik karena sebagai mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri apalagi bentuknya pertukaran budaya, bisa membuatmu belajar dan berlibur secara tidak langsung.

Mempelajari budaya setempat yang unik dan menarik tentu membuatmu seakan-akan rehat dari kesibukan sehari-hari. Apalagi dengan mengunjungi tempat-tempat yang menarik juga merupakan hal yang sulit dilupakan.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat yang didapatkan mahasiswa yang belajar di luar negeri. Masih ada kesempatan untuk kamu yang ingin ke luar negeri karena di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memiliki berbagai program dan kerjasama internasional yang bisa kamu ikuti.

Narasumber: Isna Fitia Agustina MSi (Kepala LKUI Umsida)

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By
Khutbah idul Fitri 1446 H Habituasi Ramadhan
Khutbah Idul Fitri 1445 H Habituasi Ramadhan Membentuk Kesalehan Sosial
April 10, 2024By
Pilkada
Ini Komentar Dosen Umsida Hadapi Pilkada
April 5, 2024By
organisasi
Kunci Sukses Organisasi Ternyata Ada di Surat An-Nisa 58-59
April 3, 2024By
Simak! Pasangan Hidup Seperti Ini Yang Mampu Wujudkan Baiti Jannati
Simak! Pasangan Hidup Seperti Ini Yang Mampu Wujudkan Baiti Jannati
April 3, 2024By
Ciptakan Profesionalitas Kerja di Mata Islam
Ciptakan Profesionalitas Kerja di Mata Islam
April 2, 2024By
3 Prinsip Berpolitik Dalam Perspektif Islam
3 Prinsip Berpolitik Dalam Perspektif Islam
April 1, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By