Rektor Umsida: Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Rektor Umsida :Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Umsida.ac.id– Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar kajian rutin diikuti seluruh dosen dan tenaga kependidikan dengan tema Memaknai Kerja di Umsida yang diadakan pada Selasa (25/07/2023) di aula KH Mas Mansoer lt 7.

Wakil Rektor 3 Umsida Dr Nurdyansyah MPd membuka kegiatan ini dengan membawakan kutipan ayat QS. Ibrahim Ayat 7 la-in syakartum aziidannakum wala-in kafartum inna ‘adzaabii lasyadiidun

“Kita diminta Allah untuk melakukan kerja yang berkinerja baik, bahwa ketika kita bekerja dengan hati, bekerja dengan baik, maka Allah akan menambah nikmat kita dengan kebaikan dan rezeki yang lebih banyak dari sebelumnya, sebaliknya jika kita bekerja dengan keluh kesah, gundah gulana curhat kesana kesini saya kira itu hal yang kemudian yang membawa kepada hal yang buruk,” ungkapnya.

” Setelah ini bersama Pak Rektor Umsida sebagai narasumber hari ini kita akan bersama-sama belajar memaknai kerja dan seperti apa menjadi diri sendiri untuk membesarkan Muhammadiyah di Umsida,” sambungnya.

Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi yang juga sebagai narasumber menyampaikan banyak hal mengenai makna bekerja. Terdapat tiga tipe manusia dalam bekerja Quitters, Campers dan Climbers menurutnya.

“Quitters adalah orang yang tidak semangat, sering menghindar, membirarkan orang lain berperan mudah pesimis dan menghindari berkompetisi. Jika Campers menerima tantangan sampai batas tertentu dan mudah puas dengan posisi hari ini juga menyia-nyiakan banyak kesempatan. Sedangkan Climbers adalah orang yang akan terus mendaki sampai puncak prestasi, Dinamis, kreatif, inovatif, proaktif dan problem solver,” ungkapnya.

Dr Hidayatullah juga memberi kuis kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan bagaimana makna bekerja di Umsida menurut masing-masing.

Wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur (Jatim) ini juga menyampaikan 13 pemahaman dan pemaknaan yang positif terhadap pekerjaan di Umsida.

  1. Kerja itu Ibadah
  2. Kerja itu Suci
  3. Kerja itu Rahmat
  4. Kerja itu Kehormatan
  5. Kerja itu Sehat
  6. Kerja itu Saling Percaya
  7. Kerja itu Amanah
  8. Kerja itu Melayani
  9. Kerja itu saling menguatkan
  10. Kerja itu Membahagiakan
  11. Kerja itu Kompetisi
  12. Kerja itu Peningkatan
  13. Kerja itu Memberi manfaat

Pada setiap poinnya Dr Hidayatullah memberikan penjelasan yang menarik dan berharap mampu diresapi dosen maupun tenaga kependidikan agar memberikan performa terbaiknya dalam bekerja.

Terutama pada poin kerja itu melayani Rektor Umsida berpesan terhadap seluruh Dosen maupun Unit kerja agar serius melayani mahasiswa sebagai customer.

“Apakah selama ini kita telah melayani dengan sepenuh hati?” tanyanya.

Setelah itu Rektor Umsida menyambung dengan mengutip ayat dalam QS. Al isra 17:7 In ahsantum ahsantum li anfusikum, wa in asa tum fa laha

“Semua kebaikan yang kamu berikan maka kebaikan itu untuk dirimu, sebaliknya setiap ketidak baikan yang kau berikan akan kembali pada dirimu juga,” ujarnya memaknai ayat tersebut.

“Maka mari introspeksi untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Customer utama kita itu mahasiswa, mohon mahasiswa dilayani sebaik-baiknya, apapun kondisi kita jangan menjadikan mahasiswa memiliki stigma tidak baik terhadap kita maupun Umsida. Kalo kita sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kita maka pasti akan terjadi customer satisfaction, pelanggan kita akan merasa puas dan akan muncul trust memberikan kepercayaan penuh.
Kalo mereka percaya, mereka pasti akan ikut mempromosikan Umsida,” paparnya.

Selanjutnya Dr Hidayatullah juga memberikan banyak penjelasan dan menutup dengan poin ke 13 bahwa “12 poin sebelumnya tidak akan berarti apabila kita tidak memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” tandasnya.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By
Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia
Magang di PT Mellcoir Sport Indonesia, Mahasiswa Umsida Ikut Expo UMKM di Jakarta
October 3, 2025By
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny: Sekitar 60 Korban Masih Tertimbun
October 2, 2025By
Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By
workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By

Riset & Inovasi

hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
inovasi alat pembakaran sampah tanpa asap 3
Alat Pembakaran Sampah Tanpa Asap, Inovasi Dosen Umsida Tekan Masalah Sampah
September 25, 2025By
sekolah rakyat
Berkesempatan Mengajar di Sekolah Rakyat, Ini Pendapat Dosen Umsida
September 17, 2025By
tong sampah ramah lingkungan
KKNT 23 Umsida Rancang Tong Sampah Ramah Lingkungan untuk Kurangi Polusi Asap
September 10, 2025By
inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By

Prestasi

hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
Pomnas 2025
Pomnas 2025, 2 Skrikandi Umsida Bawa Pulang Juara
October 7, 2025By
reviewer monev hibah abdimas
3 Dosen Umsida Dipercaya Jadi Reviewer Monev Hibah Abdimas
October 6, 2025By
Pojok Statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Raih Peringkat 1 Nasional Kategori Binaan BPS Kabupaten
October 6, 2025By
apresiasi publikasi ilmiah 1
Penghargaan Publikasi Ilmiah Jadi Bukti Komitmen Umsida Majukan Riset Akademik
September 19, 2025By