pengembangan kebun wisata pandansari 3

Tingkatkan Daya Tarik Wisata Kebun Pandansari, KKNP 48 Umsida Kolaborasi dengan BBK Unair

Umsida.ac.id – KKNP 48 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan KKN-BBK 5 Universitas Airlangga (UNAIR) berkolaborasi untuk memanfaatkan digitalisasi promosi melalui media sosial untuk meningkatkan daya tarik wisata Kebun Pandansari. 

Lihat juga: Bukit Cendono, Potensi Wisata yang Dikembangkan KKNP 58 Umsida Bersama Unair

Program ini merupakan bagian dari kegiatan KKN yang bertujuan untuk memperkenalkan Kebun Pandansari kepada wisatawan yang lebih luas melalui platform digital seperti Instagram dan TikTok.

Ketua Divisi Pariwisata KKNP 48 dari Umsida, Naura Salsabila NA, menjelaskan bahwa promosi digital menjadi strategi efektif dalam menarik perhatian wisatawan. 

“Kami melihat potensi besar dari Kebun Pandansari yang belum banyak dikenal. Dengan tren digitalisasi saat ini, kami ingin memaksimalkan media sosial sebagai alat promosi utama. Melalui konten visual yang menarik, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung,” ujarnya.

Strategi Digitalisasi untuk Menarik Wisatawan

pengembangan kebun wisata pandansari

Mahasiswa KKNP 48 Umsida dan KKN-BBK 5 Unair bekerja sama dengan pengelola Kebun Pandansari dalam pembuatan konten promosi berupa, video pendek yang menampilkan keindahan dan daya tarik wisata ini. 

Video tersebut diunggah di akun Instagram dan TikTok, dengan harapan dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

Ketua KKN-BBK 5, Muhammad Aldi Firmansyah, mengungkapkan bahwa digitalisasi promosi merupakan langkah yang sangat relevan dengan perkembangan industri pariwisata saat ini. 

“Wisatawan cenderung mencari referensi perjalanan mereka melalui media sosial. Oleh karena itu, dengan menghadirkan konten menarik seperti video cinematic, ulasan pengunjung, dan informasi unik mengenai Kebun Pandansari, kita dapat meningkatkan daya tarik destinasi wisata ini,” jelasnya.

Lihat Juga :  Program Rumah Sosial, Upaya KKNP 39 Umsida Tingkatkan Interaksi Sosial

Dalam konten video yang dibuat, mahasiswa menampilkan berbagai keunggulan Kebun Pandansari, seperti hamparan kebun yang asri, fasilitas yang menarik, seperti kolam renang, cafe, kebun durian, warung makan, rumah kelinci, kolam ikan dan berbagai spot foto.

Dampak Bagi Wisata Kebun Pandansari

pengembangan kebun wisata pandansari

Program digitalisasi promosi ini mendapatkan tanggapan positif dari pengelola Kebun Pandansari. 

Firdausi selaku pengelola wisata, mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan mahasiswa memberikan manfaat besar bagi perkembangan destinasi wisata tersebut. 

“Sebelumnya, wisata ini masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Dengan adanya digitalisasi promosi melalui media sosial, jumlah pengunjung mulai meningkat, terutama dari kalangan anak muda yang lebih aktif di dunia digital,” katanya. 

Ia juga menambahkan bahwa pendekatan ini sangat membantu dalam memperkenalkan Kebun Pandansari kepada wisatawan dari berbagai daerah yang sebelumnya tidak mengetahui keberadaan tempat wisata ini.

Selain itu, digitalisasi promosi juga memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam mengakses informasi mengenai fasilitas, rute perjalanan, serta berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Kebun Pandansari. 

Dengan terus dikelola secara konsisten, digitalisasi ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam menjaga eksistensi dan daya tarik wisata Kebun Pandansari di tengah persaingan destinasi wisata lain.

Lihat juga: KKNP 44 Umsida Kembangkan Sumber Kambang, Sebuah Wisata Alam Lokal Sumbersuko

Dengan manajemen media sosial yang baik, wisata ini tidak hanya dikenal dalam lingkup lokal, tetapi juga menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Penulis : Naura Salsabila Neisya Azzahra

Penyunting: Romadhona S.

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

Inovasi Tim Made Umsida
Tim Made Umsida, Satu-Satunya Tim Mahasiswa yang Menerima Penghargaan KISI 2025
December 4, 2025By
aplikasi Koperku 1
Aplikasi Koperku Karya Dosen Umsida dapat Apresiasi di KISI 2025
December 3, 2025By
inovasi ATAP untuk bantu orang tua ABK
Inovasi Dosen Umsida untuk Bantu Orang Tua ABK Mendapat Penghargaan di KISI 2025
December 2, 2025By
inovasi sains skate support
Sains Skate Support, Solusi untuk Performa Atlet Karya Dosen Umsida Raih Juara 1 KISI 2025
December 2, 2025By
inovasi alat pengendali hama padi
Inovasi PLUTO, Alat Pengendali Hama Padi Karya Mahasiswa Umsida Raih Juara 2 LKTTG 2025
December 1, 2025By