malam inagurasi

Antusias Maba Saat Inagurasi, dari Pengenalan Ormawa Hingga Nyanyi Bareng

Umsida.ac.id – Kegiatan Forum Ta’aruf Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Fortama Umsida) 2023 berlanjut di hari ketiga yang dilaksanakan di kampus 1 Umsida pada Sabtu (23/09/2023).

Rangkaian acara pada hari ketiga ini adalah pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Inagurasi. Dan di akhir acara, terdapat penampilan spesial dari salah satu penyanyi terkenal di Indonesia yakni Damara De. 

Berbeda dengan dua hari sebelumnya, Fortama hari terakhir dimulai lebih siang. Sekitar pukul 13.00 mahasiswa baru mulai meramaikan kampus 1 dan berakhir pada malam hari sekitar pukul 09.00 karena ada penampilan spesial dari bintang tamu.

Pengenalan Ormawa dan UKM kepada maba

pengenala ormawa dan ukm saat inagurasi

Di awal acara, terdapat lima belas Ormawa yang turut memperkenalkan organisasi mereka kepada para mahasiswa baru. Tujuannya supaya nantinya mereka aktif mengikuti kegiatan kampus tak hanya di kelas saja. Perkenalan Ormawa ini dilakukan di auditorium KH Ahmad Dahlan GKB 2 lantai 5.

Baca juga: Rektor Umsida Tutup Fortama 2023: Insya Allah Kalian Nanti Akan Diwisuda pada 2027

Setelah mengikuti pengenalan Ormawa, menjelang sore hari semua mahasiswa baru berpindah ke halaman kampus 1 Umsida untuk mengikuti acara selanjutnya yakni pengenalan delapan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Umsida. 

UKM merupakan salah satu kegiatan yang biasa diikuti mahasiswa untuk mengasah kemampuan non akademik atau mengembangkan kegemarannya. Mahasiswa yang bergabung ke UKM mengenalkan kegiatan mereka dengan cara menampilkan kegiatannya dihadapan maba. Seperti peragaan beladiri, olahraga, menyanyi, dan masih banyak lagi.

Rencana maba ikut Ormawa dan UKM

Setelah diperkenalkannya Ormawa dan UKM, mahasiswa baru memiliki pandangan akan bergabung di organisasi apa esoknya. Seperti yang dialami oleh Saddam Akbar, mahasiswa baru dari program studi Akuntansi. 

Setelah melihat penampilan dari Ormawa dan UKM, ia berniat untuk bergabung di UKM beladiri, lebih tepatnya Jujitsu, “Sebelumnya saya sudah bergelut di dunia beladiri sejak sekolah jadi bergabung di UKM ini ya ingin melanjutkan bakat dan kemampuan saya,” ujarnya.

Ada juga mahasiswa baru dari prodi Psikolog bernama Fadilah Putri, ia ingin bergabung dengan UKM teater Gedhek, “Seru sih tadi liat penampilan teater gedhek, jadi tertarik buat gabung. Tapi masih mikir-mikir lagi sebenarnya mau beneran gabung yang mana,” ucap mahasiswa yang biasanya dipanggil Dilah ini.

Terdapat banyak bazar

bazar ormawa dan ukm di inagurasi

Tak hanya memperkenalkan Ormawa dan UKM dengan cara orasi atau membuat sebuah penampilan saja, tapi organisasi-organisasi di Umsida juga disediakan stand bazar. Stan ini berada di depan kantor pusat yang ditujukan agar mahasiswa yang ingin mendaftar di Ormawa atau UKM tertentu, bisa mengunjungi stand tersebut. Isinya pun bermacam-macam, ada yang menampilkan atribut mereka, juga ada yang menyanyi. Bahkan mereka juga membuka stand makanan supaya maba bisa mengenal ormawa atau UKM tersebut sekaligus mencicipi kuliner yang disediakan.

Baca juga: Pesan Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah untuk Maba Umsida 2023

Salah satu stand bazar yang sudah buka sejak hari kedua Fortama dan menarik perhatian mahasiswa baru adalah stand bazar kewirausahaan. Di stand ini menyediakan berbagai souvenir, makanan, dan juga snack. Ketua umum UKM kewirausahaan Adinda Satya menerangkan bahwa produk yang mereka sajikan di stand bazar ini tak hanya milik UKM-nya sendiri saja, tapi juga kerjasama dengan UKM lain yang ingin menitipkan souvenir atau makanan.

“Jadi memang kami ada titipan dari Ormawa dan UKM lain yang memiliki produk, misal gantungan kunci, lanyard, dan snack juga. Kami sendiri punya sekitar lima belas jenis produk yang disediakan di sini,” ujar Adinda.

Diantara banyaknya makanan dan produk yang dijual, lanjut Dinda, yang paling banyak diminati mahasiswa ada minuman terutama es. Ia menyediakan banyak varian es yang menarik perhatian maba. Bahkan di hari kedua berjualan di bazar ini, UKM ini mengisi ulang stok es batu sekitar sepuluh kali.

“Es kan segar ya, jadi itu yang paling banyak dicari. Dan maba sekarang sangat antusias, apalagi di hari terakhir Fortama ini. Jadi kami sendiri menyediakan 25 anggota untuk menjaga stand” lanjutnya.

Baca juga: Komika Fuad Sasmita Datang di Fortama Umsida

Kemeriahan inagurasi

peampilan Damara De saat inagurasi

Inagurasi menjadi puncak acara pada penyelenggaraan Fortama hari terakhir. Untuk itu, rektor Umsida dr Hidayatullah MSi secara resmi menutup seluruh rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru Umsida 2023. Selain itu, ada juga Wakil Gubernur Jawa Timur Dr H Emil Elestianto Dardak BBus MSc yang menyampaikan beberapa pesan kepada maba secara virtual.

Setelah itulah, malam inagurasi Fortama ditutup dengan meriah dengan penampilan penyanyi terkenal yakni Damara De. Dalam sesi wawancara eksklusif, Damara menyampaikan antusiasnya saat berkesempatan untuk tampil di depan 2.404 mahasiswa baru Umsida.

Baca juga: Wagub Jatim di Penutupan Fortama 2023: Dunia Akademis Harus Bisa Imbangi Teknologi

“Senang sih pastiya, apalagi aku jarang ke Sidoarjo. Jadi ini kesempatan aku untuk tampi dan ketemu sama teman-teman semuanya. Untuk mahasiswa baru Umsida, tetap semangat, semoga sukses dan top pokoknya,” ujar Damara.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By