• Alumni
  • Alumni

Berikan Inovasi Penjualan Susu Kedelai, Mahasiswa Umsida Siapkan Ini

Umsida.ac.id – Inneke Cahyati mahasiswa KKN-T kelompok 17 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberikan pendampingan branding kepada UMKM, Selasa (22/9). Ia membantu branding penjualan susu kedelai di daerah Perum Taman Puspa Sari Desa klurak,Candi Sidoarjo. Melalui Inovasi berupa minuman susu sari kedelai dengan topping dalgona, ia ingin agar4 usaha rumahan ini bisa membangkjitkan perekonomian UMKM yang lesu akibat pendemi covid-19.

Awalnya pelaku UMKM hanya menjual susu kedelai original saja, kemudian ia mengolah susu kedelai ini agar bernilai jual tinggi. Maka pengembangan produk dilakukan dengan membuat inovasi baru dan mengenalkan lagi kepada masyarakat agar mereka bisa menikmati minuman sari kedelai dengan berbagai rasa. Inovasi Dalgona dipilih karena minuman ini cukup terkenal di kalangan remaja. Sementara itu yang beredar di pasaran kebanyakan menggunakan susu sapi, Inneke sapaan akrabnya mengganti varian susu sapi dengan susu kedelai sebsgai alternatif dari penggunaan susus sapi. Dari segi penjualan, ia memperbarui branding dengan membuat merek baru dan menambah stiker logo (merek produk) agar pelanggan tertarik untuk membeli.

prosesnya dengan membuat susu sari kedelai dengan kacang kedelai asli dan gula murni tanpa campuran bahan lainnya, dan topping nya dibuat dari serbuk rasa yg dibeli dari toko bahan kue dengan cara di mixer lalu diberi pengembang agar bisa mengapung diatas susu sari kedelai. Kemudian ditambahkan dengan es batu agar lebih segar saat dikonsumsi .

Proses pembuatannya cukup mudah, diawali dengan membuat susu sari kedelai dengan kacang kedelai asli dan gula murni tanpa campuran bahan lainnya, toppingnya dibuat dari serbuk rasa yang bisa dibeli dari toko bahan kue dengan cara di mixer lalu diberi pengembang agar bisa mengapung diatas susu sari kedelai. Terakhir tambahkan dengan es batu agar lebih segar saat dikonsumsi.

*Etik Siswatiningrum

Leave a Reply