• Alumni
  • Alumni

Cegah Penyebaran DBD di Desa Tiru Lor, Tim KKN-P Umsida Sergap Rumah Warga

Umsida.ac.id – Tersebarnya jentik-jentik nyamuk merupakan dampak dari genangan air di musim penghujan. Maka untuk mengatasi masalah itu, Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sergap rumah warga untuk melakukan pemeriksaan di Dusun Bolowono, Desa Tiru Lor, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Jumat (7/2).

Didampingi langsung oleh Kepala Desa Tiru Lor, bersama dengan Tim Juru Pemantau jentik-jenti (Jumantik), petugas puskesmas Adan-adan, dan Tim KKN Umsida melakuakan pemeriksaan ke rumah warga secara bergilir dari satu rumah kerumah lainnya dengan berbekal senter dan kartu pemeriksa jentik-jentik.

Menurut Bapak Kaserin, Kepala Desa Tiru Lor menuturkan, “Kegiatan Jumantik rutin dilakukan di musim penghujan ini, karena sudah ada beberapa warga yang terserang penyakit DBD di desa Tiru Lor.”

Dari hasil pemeriksaan, setidaknya dari 20 rumah yang diperiksa di Dusun Bolowono, terdapat 13 Rumah yang positif terdapat jentik-jentik mulai dari bak kamar mandi, gentong, ember dan tempat-tempat lainnya. Hal ini cukup menjadi perhatian dan kepedulian dari pemerintah, serta petugas kesehatan setempat untuk meningkatkan kesadaran warga.

Titin, salah satu kader Jumantik memberikan ucapan terimakasih kepada tim KKN. “Kami sangat berterima kasih atas kehadiran adik-adik KKN Umsida karena sudah membantu pemeriksaan jentik-jentik, sehingga kami yang kekurangan personil ini dapat terbantu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, “Adik-adik sangat ramah kepada warga sehingga warga senang ketika kami datangi kerumahnya,” imbuh Titin.

Dengan adanya pemeriksaan rutin ini, harapan Kades Tiru Lor, “Semoga warga semakin peduli dengan kebersihan sekitar rumah, sehingga penyebaran DBD dapat diminimalisir lagi,” pungkasnya.

Ditulis Oleh : Lusi Ningtias Ratnawati
Editor : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI