• Alumni
  • Alumni

Hadiri FORTAMA 2020, Kapok Sahli Pangdam 5 Brawijaya Sampaikan Ini Pada Mahasiswa Baru

Umsida.ac.id- Brigjen Yoyok Bagus Budianto PSc MA MSc, Kapok Sahli Pangdam 5 Brawijaya, turut hadir dan pahamkan wawasan kebangsaan pada mahasiswa baru diacara penutupan Fotum Ta’aruf Mahasiswa (FORTAMA) 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang dilangsungkan secara daring via zoom pada, Minggu (27/09).

Dalam pemaparan materinya, Brigjen Yoyok mengungkapkan, wawasan kebangsaan itu, hal yang sangat penting untuk kita miliki dan kita fahami dalam menjalankan bangsa ini, wawasan kebangsaan itu sendiri secara teori diartikan sebagai cara pandang tentang diri dan lingkunannya berdasarkan cita-cita dan tujuan nasionalnya, atau dengan kata lain wawasan kebangsaan merupakan pokok-pokok pikiran tentang cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa.

“Namun, pengertian atau pemahaman secara teori saja itu tidak cukup, melainkan harus tertanam dalam pikiran dan sikap kita sebagai warga negara,” pungkasnya. “Terlebih anak-anak muda calon penerus bangsa,” imbuhnya.

Lebih lanjut Brigjen Yoyok mengungkapkan, agar wawasan mengenai bangsa ini bisa tertanam dalam diri kita, serta agar kita memiliki semangat berbangsa, setidaknya ada 4 hal yang bisa kita lakukan dan harus kita miliki, pertama kita harus membayangkan perjuangan para pejuang kemerdekaan bangsa, kedua memiliki jiwa setia kawan pada sesama, ketiga kita harus rela berkorban, dan yang keempat kita harus memiliki dan membangkitkan jiwa patriot.

Brigjen Yoyok juga menambahkan, bahwa, tantangan bagi pemuda dalam meneruskan perjalanan bangsa ini tidaklah lebih mudah dari para pahlawan bangsa terdahulu, karena tidak lagi melawan penjajah asing melainkan secara tidak langsung para pemuda akan cenderung melawan bangsa sendiri.

Ditulis : Sayyidatunisa

Edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply