Tanamkan Toleransi, Tim KKN 67 Ajak Anak-Anak Muslim Maupun Non Muslim Peringati Isra' Mi'raj

Tanamkan Toleransi, Tim KKN 67 Ajak Anak-Anak Muslim dan Non Muslim Peringati Isra’ Mi’raj

Umsida.ac.id– Kelompok 67 KKN P  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan kegiatan perayaan memperingati hari Isra’ Mi’raj yang dilakukan di Balai Desa Ngadiwono kecamatan Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, Ahad (11/02/2024).

Peringatan Isra’ Mi’raj

Perayaan Isra’ Mi’raj dilaksanakan dengan mengangkat tema “Gebyar Isra’ Mi’raj Semangat Isra’ Mi’raj Untuk Menguatkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Insaniyah”. Tema tersebut diangkat dengan tujuan meskipun terdapat perbedaan di Desa Ngadiwono warga sekitar terutama pada anak-anak tetap bersatu dan saling menghargai.

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 12.00-16.00 WIB, kegiatan perayaan ini di awali dengan pembukaan oleh MC yaitu Intan Salsabila Surya Krisna dan Intan Rosiana Prihandayani dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Wulandari.

Seluruh anggota kelompok 67 KKN-P Umsida menyelenggarakan serta mengikuti kegiatan ini dengan menghadirkan Kepala Desa Ngadiwono yaitu, Atim Priyono untuk memberikan sambutan serta semangat bagi anak-anak yang menghadiri perayaan lomba Isra’ Mi’raj tersebut. “Dengan diadakannya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak-anak Desa Ngadiwono serta memunculkan generasi bangsa yang berprestasi, dan jangan lupa selalu semangat anak-anak ku dalam meraih cita-cita,” Ungkapnya.

Baca juga: KKN-P 38 Buat Pembelajaran TK dan TPQ Berbasis Teknologi di Desa Pandanarum

M Arif Dzakiyul Fikri selaku Ketua Kelompok 67 KKN P Umsida mengatakan,”Terimakasih kepada bapak Atim Priyono bersedia meluangkan waktunya untuk hadir pada perayaan Isra’ Mi’raj hari ini, Terimakasih kepada para Panitia serta bapak Haji Trubus selaku takmir masjid yang telah menyiapkan serta mensukseskan perayaan ini semoga acara berjalan dengan lancar tanpa hambatan”.

 

Dalam kegiatan ini juga terdapat 3 lomba yaitu Tartil, Tahfidz, dan Menggambar. Untuk lomba Tartil dan Tahfidz dapat diikuti oleh anak-anak yang beragama Islam sedangkan, untuk lomba menggambar dapat diikuti oleh anak-anak nonmuslim.

Tanamkan Toleransi, Tim KKN 67 Ajak Anak-Anak Muslim Maupun Non Muslim Peringati Isra' Mi'raj

Dengan mengangkat tema mengenai Toleransi Dan Tolong menolong dengan Teman. Disamping itu juga ada pemutaran film pendek yang mengandung edukasi serta games yang seru untuk anak-anak dan tentunya ada berbagai hadiah games yang di berikan untuk memeriahkan acara ini.

Ketiga kegiatan lomba dilaksanakan secara bersamaan dalam waktu 1,5 jam. Untuk lomba Tartil dan Tahfidz disediakan 1 ruangan khusus yang ada di Balai Desa, sedangkan untuk lomba menggambar dilaksanakan di Dalam Balai Desa dengan jangkauan yang luas.

Juri Tartil terdiri dari Musrifah selaku anggota ibu-ibu Fatayat dan Dhilla Nur Fajri Aprillia selaku anggota KKN-P kelompok 67. Sedangkan Juri Tahfidz seluruhnya dari Kelompok 67 KKN P Umsida, mereka adalah Nur Ulfi Mahmudah selaku penanggung jawab bidang AIK dan Cerissya Melita Febriyanto.

Tanamkan Toleransi, Tim KKN 67 Ajak Anak-Anak Muslim Maupun Non Muslim Peringati Isra' Mi'raj

Peserta lomba Tahfidz sebanyak 2 anak sedangkan, Peserta lomba Tartil sebanyak 5 anak. Untuk peserta lomba menggambar sebanyak 38 anak, dengan juri yang terdiri dari M. Arif Dzakiyul Fikri, Hamida Izatul Jannah, dan Fidya Noer Aulia Febrianti selaku anggota KKN-P kelompok 67.

“Semangat selalu anak-anakku. menang kalah sudah biasa dalam perlombaan, ngaji yang rajin untuk melatih kelancaran dalam membaca Al Qur’an” ujar Ibu Musrifah sebagai Juri Tartil

Pemenang lomba Tartil, Tahfidz, dan Menggambar. Pemenang lomba disesuaikan dengan kategori usia. Pemenang lomba Tahfidz juara 1 untuk kategori usia 3-7 dimenangkan oleh Septia Rosalia Putri, Untuk pemenang juara 1 untuk usia tahun 8-15 dimenangkan oleh Aprillia Khoirun Nisa.

Baca juga: Bahas Bullying dan Perbaiki Sarpras, Ini Proker Pendidikan KKN 15 Umsida

Untuk pemenang Lomba Tartil Juara 1 dengan kategori usia 3-7 tahun dimenangkan oleh Natasya Savira P, Juara 1 kategori usia 8-15 tahun dimenangkan oleh Nafisa Fauziah Adhani dan Juara 2 kategori usia 8-15 tahun dimenangkan oleh Micella Agatta Belvi Piberta.

Sedangkan pemenang Lomba menggambar Juara 1 kategori usia 3-7 tahun dimenangkan oleh Marsyana Putri, Juara 2 kategori usia 3-7 tahun dimenangkan oleh Syafira Nur Aisyah Putri, Juara 1 kategori 8-15 tahun dimenangkan oleh Meisya Windia Anggraeni, Juara 2 kategori 8-15 tahun dimenangkan oleh Kristiandi Bumi Arta, untuk juara favorit di menangkan oleh Kukuh Awangtya.

Tanamkan Toleransi, Tim KKN 67 Ajak Anak-Anak Muslim Maupun Non Muslim Peringati Isra' Mi'raj

Para pemenang lomba juga mendapatkan hadiah sekaligus penghargaan dari panitia.

Adapun tanggapan mahasiswa mengenai acara Isra’ Mi’raj “Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar, saya bersyukur sekali anak-anak dapat ikut serta mensyiarkan peringatan isra’ mi’raj juga mengasah keterampilan menggambarnya dengan senang hati” ujar Nur Ulfi Mahmudah

Kegiatan Perayaan Isra’ Mi’raj berjalan dengan meriah dan antusias para peserta sangat luar biasa, harapan kedepannya adalah dapat menumbuhkan kreativitas anak-anak Desa Ngadiwono untuk lebih berprestasi.

Penulis :Cerissya Melita Febriyanto

Editor : Rani Syahda

*Humas Umsida

Berita Terkini

kuliah tamu UTAR
2 Dosen Umsida Jadi Pembicara pada Kuliah Tamu di UTAR Malaysia
April 19, 2024By
Muliakanlah tetanggamu
Memuliakan Tetangga Dapat Meningkatkan Keimanan Kita?
April 18, 2024By
belajar Kemuhammadiyahan
Walau Heterogen, Semua Orang Perlu Tahu Pentingnya Belajar dan Bersyukur
April 17, 2024By
maaf dan syukur
Makna Halalbihalal, Rasa Saling Memaafkan, dan Bersyukur
April 17, 2024By
halalbihalal Umsida 2024
Halalbihalal Umsida dan Syukuran Akreditasi Institusi Unggul
April 16, 2024By
belajar
Belajar Saja Tidak Cukup Raih Kesuksesan, Kamu Perlu Tau Ini!
April 14, 2024By
seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By