Kembangkan Potensi Jadi Prestasi Lewat Hobi Menulis

Umsida.ac.id – Ketertarikannya dalam dunia kepenulisan mengantarkan Sri Indah Mulyani menjadi wisudawan berprestasi dalam acara wisuda Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ke-40. “Sangat bersyukur menjadi salah satu mahasiswa yang memperoleh ilmu dan menggunakannya dengan baik,” ucapnya saat dijumpai umsida.ac.id, Sabtu (22/10).

Wisudawan prodi Pendidikan Agama Islam ini menyabet predikat sebagai wisudawan berprestasi setelah menjuarai beberapa kompetisi menulis ilmiah. Beberapa kompetisi yang ia juarai ialah:

1. Juara 3 lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan tema “Penanaman Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika pada Generasi Milenial” yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun 2021
2. Juara 3 Pekan Ilmiah Mahasiswa dan Pelajar dengan Tema “Bangkitkan Karakter Cinta Tanah Air pada Generasi Muda Melalui Pendidikan Anti Korupsi” yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2021.

Prestasi yang diraih memang berbeda dengan prodi yang dipilihnya, namun ia yakin jika keduanya sama-sama memiliki manfaat. “Kebanyakan lomba yang saya ikuti adalah ilmiah atau sebuah karya. Jadi, usaha yang saya tempuh terus-menerus adalah membaca dan aktif mengikuti seminar atau acara keilmuan lainnya,” ujar wisudawan yang aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PIK-M (Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa).

Lebih lanjut, Sri Indah menjelaskan jika ia tidak melihat dari bidang yang pelajari saja di bangku perkuliahan, tapi ia melihat dari apa yang bisa dirinya lakukan selama menjadi mahasiswa. Mahasiswa asal Pasuruan ini selalu berusaha untuk menekuni dan mencoba membangun potensi yang ia sukai tanpa takut gagal.

Ia menjelaskan jika ketertarikannya pada karya tulis ilmiah muncil sejak berkuliah di Umsida. “Selama kuliah di Umsida, saya mulai tertarik dengan acara keilmuan, seperti seminar atau pameran budaya dan seni. Menurut saya itu luar biasa. Di umsida saya mendapat dan mengenal banyak ilmu baru,” katanya. “Terimakasih sudah memberikan yang terbaik untuk teman-teman mahasiswa,” sambungnya.

Tentunya perasaan ragu saat berkompetisi adalah hal yang wajar. Namun, Sri Indah selalu mencoba meyakinkan dirinya akan mendapatkan juara. Hal ini karena selama mengikuti lomba, ia mengubah cara pikirnya dengan mengatakan pada dirinya sendiri jika “saya berusaha dan saya bisa”. Kalaupun gagal, baginya tidak ada yang melarang untuk mencoba ratusan kali.

Bahkan dua prestasi di atas bukanlah lomba pertama kali untuknya. Ia sudah berkali-kali  mengikuti lomba karya tulis ilmiah, namun baru 2 kali mendapatkan juara.

Sebenarnya, ia mengatakan kalau mengikitk perlombaan karya tulis ilmiah hanya coba-coba saat pandemi covid-19. “Saya mengikuti lomba-lomba tersebut ketika pandemi covid-19 dan semuanya serba online. Sebenarnya saya hanya berusaha mengisi waktu luang dan mencoba mengasah potensi karena khawatir ilmu dan minat saya terhadap kepenulisan menurun. Jadi, saya mencoba mengikuti beberapa dan ternyata mendapatkan juara di kedua lomba tersebut,” cerita perempuan yang memiliki hobi membaca dan menggambar itu.

Kedepannya, setelah mengerti apa yang ia minati, Sri Indah menginginkan untuk tetap mengajar sebagai guru dan membuat karya-karya yang lebih besar lainnya, seperti menulis buku, artikel atau membuka jasa art painting.

Di akhir wawancara, ia menyampaika pesan untuk teman-teman seperjuangannya dan yang masih berada di bangku perkuliahan. “Saya tidak akan mengatakan, “semangat ya kalian” tapi, saya hanya akan berpesan “Ingat, kamu kuliah untuk apa”, tandasnya.

(Angelia Firdaus)

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By