KKN P Umsida 2023 Resmi Ditutup, Sinegitas Kembangkan Desa Wisata Akan Terus Digalakkan

KKN-Pencerahan Resmi Ditutup, Mahasiswa Diminta Terus Sinergi dengan Masyarakat

Umsida ac.id– Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang bertemakan “Penguatan Potensi Lokal Menuju Desa Sapta Pesona” resmi ditutup pada kamis (16/02/2023). Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan penuh secara rutin dalam kalender akademik ini merupakan wujud pengabdian mahasiswa Umsida kepada masyarakat.

Acara penutupan KKN-P tahun ini yang dipusatkan di Desa Jatiarjo, Dusun Tonggowah, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan dihadiri oleh jajaran pimpinan Umsida, Dosen Pembimbing Lapana (DPL), dan pimpinan Desa Jatiarjo serta perwakilan dari lima puluh kelompok mahasiswa yang tersebar di beberapa kawasan.

Serangkaian acara mengiringi acara penutupan. Diawali dengan kegiatan jalan sehat pada pukul 07.25, sebanyak kurang lebih 100 mahasiswa perwakilan dari lima puluh kelompok KKN-P melakukan jalan sehat dengan membagikan bingkisan bagi warga setempat di Desa Jatiarjo. Mahasiswa langsung mendatangi rumah-rumah membagikan bingkisan sembako berisi mie instan, minyak goreng dan gula.

 

Mahasiswa KKN-P 2023 Umsida sedang membagikan sembako ke masyarakat desa Jatiarjo Pasuruan

 

Pasca kegiatan Jalan Sehat, acara dilanjutkan dengan Upacara Penutupan KKN-P yang digelar di joglo Kampung Kopi Jatiarjo.

Dalam sambutannya, Kepala desa Jatiarjo Dardiri SE MM mengungkapkan rasa terima kasih kepada Umsida yang telah mengirimkan mahsiswanya untuk mengabdi di masyarakat. Ia pun berharap untuk bisa terus bersinergi dengan Umsida.

“Wilayah kami ini cukup luas begitupun penduduknya cukup banyak. Potensi yang dimiliki sebenarnya besar. Untuk itu semoga Umsida dapat fokus mengenai potensi desa kami agar dikembangkan. Kami ucapkan terima kasih kepada Umsida, ini bukan kali pertama mahasiswa Umsida ber KKN di desa kami dan semoga ini akan terus berlanjut,” jelasnya.

Wakil rektor 1 Umsida Dr Hana Catur Wahyuni ST MT, selain mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang ditempati KKN-P Mahasiswa Umsida, bertanya-jawab secara langsung kepada para mahasiswa. Secara acak Dr. Hana memanggil dua mahasiswa, Luthfi Arian Nugraha dan Adinda rizky Oktavia.

Dr Hana menanyakan apa yang telah ia berikan terhadap desa selama KKN yang sesuai dengan bidang keilmuannya dan apa program paling bermanfaat yang ia lakukan.

“Saya dari prodi Informatika bu, selama saya KKN saya membuatkan website untuk desa, dan sudah saya dokumentasi agar dapat dilanjutkan oleh pihak desa” jawab Luthfi Arian Nugraha.

“Saya mensosialisasikan UMKM di desa dan menggalakkan literasi baca di sekolah,” jawab Adinda rizky Oktavia menjawab pertanyaan tentang program yang paling bermanfaat yang dilkaukan selama KKN-P.

Dr Hana menutup sambutannya dengan menyampaikan pesan kepada para mahasiswa agar terus bersinergi untuk membuat Indonesia lebih maju dan membuat diri mahasiswa berkembang.

Senada dengan Wakil Rektor I Umsida, Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Msyarakat (DRPM) Umsida Dr Sigit Hermawan MSi mengungkapkan manfaat dan tujuan kegiatan ini.

“Kegiatan ini ditujukan untuk mengasah softskill mahasiswa bagaimana berkomunikasi dengan warga dan teman sejawat terutama mengenai program apa yang akan dilaksanakan. Karna hal seperti ini tidak cukup didapatkan jika hanya di kampus,” terangnya.

Sementara, Ketua pelaksana KKN-P Indah Apriliana Sari Wulandari ST MT melaporkan bahwa mahasiswa telah bertanggung jawab dengan baik. Selama KKN berlangsung hingga penutupan hari ini Indah Apriliana sudah mendapat laporan luaran dari mahasiswa yang bagus baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Mahasiswa sudah mempublikasikan artikel ke media massa bahkan lebih dari persyaratan yang diwajibkan yakni 3 artikel per kelompok. Jurnal dan luaran lainnya alhamdulilah juga telah diselesaikan oleh para mahasiswa,” ungkapn Indah Apriliana.

Kegiatan KKN adalah kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa sebagai sarana mereka melakukan pengabdian masyarakat. Sekaligus mempelajari cara bersosialisasi dengan baik.

 

Penulis: Rani Syahda Hanifa

Editor: Kumara Adji

Berita Terkini

peran perempuan
Dosen Umsida Ceritakan 3 Peran Perempuan: Karir, Studi, dan Keluarga
May 25, 2024By
Umsida Bersama BFI Finance Gelar Campus Hiring
Bertekad Serap Lulusan Di Dunia Kerja, Umsida Adakan Campus Hiring
May 25, 2024By
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
Thailand Miliki Manajemen Disaster, Dijabarkan Dosen BUU di Umsida
May 24, 2024By
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
Pahami Hukum Kontrak Untuk Bekal Kehidupan Bermasyarakat
May 24, 2024By
konferensi internasional Ikom
Konferensi Internasional Ikom Umsida, 4 Negara Berkumpul di Bali
May 23, 2024By
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
Eastbound Batch 5 FBHIS Umsida Bersama Thailand, Malaysia dan India
May 22, 2024By
proyek kemanusiaan Umsida
Umsida dan 22 Perguruan Tinggi di Indonesia Buat Proyek Kemanusiaan di Malaysia
May 21, 2024By
ISE IKOM 2024
Pemberangkatan ISE 2024 Diikuti Mahasiswa Umsida dan Mahasiswa Internasional
May 21, 2024By

Riset & Inovasi

Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By

Prestasi

Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By