• Alumni
  • Alumni

LKBH Jelaskan Realitas Progam Bansos Pemerintah

Umsida.ac.id – Dari adanya kasus pengemisan akibat pemberhentian hubungan kerja (PHK) yang semakin meningkat lembaga konsultasi dan bantuan hukum (LKBH) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan diskusi publik dengan tema “Bantuan Sosial dan Perluasan Lahan Pengemisan di Sidoarjo”, Rabu (28/4).

Acara tersebut menghadirkan narasumber yang ahli dalam hukum yakni Noor Fatimah Mediawati SH MH (Ketua progam studi hukum Umsida), Dr Dra Isnaini Rodiyah M Si (asisten ahli prodi administrasi publik), Bangun Winarso M Si (anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten Sidoarjo).

Rifqi Ridho Pahlevy SH MH, menjelaskan tema tersebut dipilih karena keadaan realita pengemis di Sidoarjo. “Pertama tema kali ini seharusnya ada dua akan tetapi jika melihat prespektif bantuan sosial (Bansos) dan fenomena pengemisan yang mana akhir-akhir ini lahan pengemisan semakin meningkat dan menjadi problem tersendiri,”ujarnya.

Penyebab semakin banyak lahan pengemisan dipengaruhi beberapa faktor. “Kedua pengemisan semakin meningkat mungkin dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya kasus korupsi pemerintah dan keadaan pandemi saat ini beberapa karyawan kena PHK, untuk itu pengemisan jadi profesi tersendiri,” tutur Ketua LKBH.

Progam bansos tidak sesuai dengan realitas sosial. “Ketiga jika kita melihat keadaan bansos saat ini bisa dikatakan sangat besar dana bantuannya akan tetapi mengapa realitas sosial nya berbeda, nyatanya masih banyak pengemisan yang ada di Sidoarjo, bahkan terus meningkat,” ujar pria berambut pendek itu.

Diakhir sambutannya, ia berharap lahan pengemisan semakin menurun. “Yang terakhir saya harapkan dana bansos lebih tepat sasaran, pemerintah lebih selektif dalam menjalankan progam bansos dan lahan pengemisan bisa menurun, apalagi masa Ramadhan saat ini seharusnya lebih baik,” tutupnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Edit: Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

HMTI Umsida Adakan Bagi Takjil dan Buka Bersama
May 8, 2021
Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web
April 30, 2021
Ketua LPPM UMP : Upayakan Potensi Desa Wisata Melalui Kegiatan KKN
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI