materi wawasan kebangsaan

Rawan Terkena Dampak Negatif Teknologi, Mahasiswa Umsida Dibekali Wawasan Kebangsaan

Umsida.ac.id – Mahasiswa saat ini merupakan bagian dari generasi Z yang tidak bisa hidup tanpa teknologi. Oleh karena itulah, perlu adanya wawasan kebangsaan untuk mencegah dampak negatif dari penggunaan teknologi. Hal ini disampaikan di kegiatan Forum Taaruf Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Fortama Umsida) 2023.

Materi tentang wawasan kebangsaan ini disampaikan oleh dua orang. Dari Polresta Sidoarjo disampaikan oleh Sugeng Priyono Hadi Saputro, sedangkan dari BNN Sidoarjo disampaikan oleh Yusuf Rizal SH.

Lihat juga: Teknologi Jadi Nafas Gen Z yang Jadi Tonggak Penentu Indonesia Maju

Saat menyampaikan materinya, Sugeng menjelaskan tentang bagaimana menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme pada mahasiswa dengan diimbangi oleh perkembangan teknologi.

“Teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Tapi jangan sampai pengaruh teknologi tersebut berdampak pada berkurangnya rasa cinta tanah air dan hilangnya wawasan kebangsaan,” ujar PS. Kasubnit Binkamsa Satbinmas Polresta Sidoarjo ini.

Sugeng melanjutkan bahwa di Sidoarjo masih sering ia temui remaja yang kurang memiliki wawasan kebangsaan, contohnya saat berkendara di jalan raya. “Saya masih sering menemui remaja yang ugal-ugalan berkendara. Lalu malam-malam sering melakukan balap liar, apalagi terus dibuat konten yang bisa mempengaruhi orang lain untuk berbuat hal yang sama. Jadi, sikap seperti itu sebisa mungkin harus bersama-sama kita cegah agar tidak menjadi lebih parah,” ujarnya.

Lihat juga: Pebisnis Muda Motivasi Mahasiswa untuk Jadi Pengusaha

Cara mahasiswa menambah wawasan kebangsaan

materi wawasan kebangsaan

Sebagai mahasiswa, Sugeng berpesan agar mereka pandai-pandai menjaga almamater, “Jangan sampai kalian yang diamanahi untuk menjaga almamater kampus malah disalah gunakan dengan pergaulan yang tidak baik,” sambungnya.

Untuk menambah wawasan kebangsaan, mahasiswa juga bisa mengkritisi isu-isu terkini dengan cara musyawarah. Sugeng tidak melarang mahasiswa untuk melakukan demo. Tapi alangkah baiknya jika mahasiswa tersebut mengkaji materi yang akan disampaikan terlebih dahulu sebelum menyuarakan kepada pihak yang lebih berwenang, misalnya melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Selain materi dari pihak Polresta Sidoarjo, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang dampak teknologi yang dapat mempengaruhi seseorang mengkonsumsi Napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Semakin mudahnya informasi didapatkan melalui teknologi, semakin rawan pula seseorang terjerumus di lingkungan sesat ini.

materi wawasan kebangsaan

Materi tentang dampak Napza dan teknologi ini disampaikan oleh Yusuf Rizal SH, staf pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNN Sidoarjo. Ia membahas tentang Gadget, Narkoba, dan Masa Depan Sehat.

Lihat juga: Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Tak Akan Dimuhammadiyahkan

“Sekarang banyak orang yang mengkonsumsi suplemen tambahan dengan alasan agar lebih bersemangat saat bekerja. Misalnya, seseorang pekerja yang kecanduan game online yang bahkan tidak tidur hanya karena bermain game hingga larut malam. Untuk menjaga staminanya ia meminum minuman yang banyak ditemui di pasaran sebenarnya yang disinyalir bisa menambah energi dan semangat,” ujar Yusuf.

Memang banyak yang mengatakan bahwa minuman itu manjur untuk menambah energi. Namun, lanjutnya, secara tidak sadar, dengan rutin mengkonsumsi minuman tersebut seseorang akan semakin lemah dan bahkan sampai meninggal. Hal tersebut karena ia mengkonsumsi suplemen tambahan untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit bukan dengan cara yang baik, seperti menjaga pola tidur dan olahraga.

“Memang orang-orang zaman sekarang terutama anak-anak, lebih suka minum-minuman yang berwarna dan berasa daripada air putih. Makanan pun juga lebih suka makan makanan yang rasa ikan daripada memakan ikan,” keluhnya melihat realita masyarakat saat ini.

Lihat juga: Sambutan Mendikbud dan 8 Pesan Rektor Umsida Kepada Maba 2023: Jangan Jalan Sendiri, Jalin Kolaborasi Dengan Dosen

Untuk itulah,  perlu ditanamkan kepada masyarakat sekarang terutama mahasiswa sebagai tonggak kemajuan bangsa, agar lebih pintar mengatur pola hidup sehat. Dan yang paling penting, lebih meningkatkan keimanan agar terhindar dari hal-hal negatif tersebut.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By