• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Umsida ciptakan Wastafel otomatis sekaligus handsanitizer di desa Sumobito

Umsida.ac.id – Pada masa pandemi saat ini semakin banyak korban yang telah terjangkit virus Covid-19 yang dapat membuat beberapa sektor perekonomian dan kegiatan masyarakat menjadi terganggu.


Sebagai upaya pencegahan di tingkat desa banyak masyarakat terutama di toko – toko menyediakan tempat cuci tangan sehingga ketika ada orang yang hendak beli diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu. namun tempat cuci tangan yang kita temui saat ini bisa dikatakan masih kurang efektif karena pengguna masih menyentuh penutup kran ketika setelah mencuci tangan, sehingga kemungkinan virus yang menempel pada kran masih dapat berpindah ke tangan meski setelah mencuci tangan.


Atas dasar inilah mahasiswa KKN berinovasi dengan cara membuat alat hand sanitizer tanpa harus adanya sentuhan fisik antara pengguna dengan kran air,RAbu (31/3. Alat ini bekerja secara otomatis tanpa dipegang atau sentuhan tangan dalam mencuci tangan. Alat ini menggunakan sensor untuk dapat mendeteksi tangan yang akan mencuci tangan, sehingga tidak perlu menyentuk keran, cukup meletakkan tangan pada keluaran saluran air, maka air akan keluar dengan sendirinya. Sehingga alat ini mengurangi kontak langsung terhadap keran.


Pembuatan alat ini menggunakan beberapa komponen elektronik yang mudah didapatkan dan mudah untuk dirakit. Selain itu alat ini juga diletakkan di toko ADIS JAYA TIRTA di Desa Sumobito.

Anggota KKN Umsida Rakhmad Fajar Ashari mengatakan tujuan dibuatnya alat ini. “Kami membuat alat ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19, selain cara kerjanya otomatis sehingga penggunaan air dapat dimaksimalkan dan pengguna tidak perlu khawatir lagi ketika lupa menutup keran air. Alat ini kami letakkan di toko karena kebanyakan warga masyarakat setiap harinya pergi ke toko untuk membeli keperluan sehari-hari,” jelasnya.


Nurul Wafiroh selaku pemilik warung mengucapkan terimakasih atas pemberian alat ini, dan berharap semoga alat ini dapat bekerja dengan baik. untuk kedepannya diharapkan dapat dibuatkan alat semacam ini dalam jumlah yang banyak, sehingga akan ada alat semacam ini di depan setiap toko.


cara pembuatan alat ini pun terbilang cukup mudah, yaitu alat cuci tangan otomatis ini menggunakan sensor yang dapat mendeteksi halangan yang ada didepannya . apabila sensor ini mendeteksi halangan yang ada didepannya maka akan memicu air untuk keluar dari motor pump mini
alat ini dibuat dengan bahan bahan yang sederhana dan dapat dibeli ditoko toko atau toko online dengan biaya terjangkau.

Ditulis : Rakhmad Fajar Ashari

Edit : Ping Darojat –

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI