• Alumni
  • Alumni

Sosialisasikan Keamanan Tanggul Lumpur Lapindo Kepada Masyarakat Berbasis loT

Umsida.ac.id – Demi keamanan masyarakat sekitar semburan lumpur perlu adanya sistem monitoring keamanan tanggul lumpur lapindo berbasis loT. Hal ini dijelaskan Shazana Dhyia Ayuni S ST MT dalam kegiatan Webinar Series DPRM Umsida 2021 bertema “Pagelaran Hasil Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Progam Hibah Riset dan Abdimas Umsida TA 2020-2021” secara virtual, Selasa (1/4).


Shazana Dhyia Ayuni S ST MT, menjelaskan penelitian hibah riset dilatar belakangi oleh lokasi tanggul dan kampus 2 Umsida berjarak 7,9 km, dan lokasi tanggul dan rumah warga hanya berjarak 50m dari pusat tanggul. “Penelitian ini dilatar belakangi oleh lokasi tanggul dan kampus 2 Umsida berjarak 7,9 km, kemudian lokasi tanggul dan rumah warga itu lama-kelamaan hanya berjarak 50m dari pusat tanggul, dan lebih berbahaya rumah warga tidak ada pagar pembatasnya,” Ujarnya.


Tidak hanya itu menurut survei badan pusat pengendalian lumpur Sidoarjo (PPLS) belum ada peralatan canggih dan hanya terdapat peralatan manual untuk meneliti luapan lumpur lapindo. “Dari pihak yang terkait yaitu PPLS belum adanya alat monitoring untuk keamanan tanggul ini, dan selama ini kami sudah survei hanya ada alat mengukur secara manual untuk luapan dan ketinggian lumpur lapindo, sehingga perlu adanya keamanan yang lebih canggih seperti sensor berbasis loT,” tutur Dosen progam studi (Prodi) Teknik Elektro itu.


Keamanan tanggul lumpur lapindo berbasis loT menggunakan sensor akselemeter yang didalamnya berfungsi sebagai deteksi getaran dan luapan lumpur lapindo. “Kami menggunakan sensor akselemeter yaitu untuk deteksi getaran tanggul yang nanti kita pasang dan di pendam di tanggul lapindo, kemudian ultrasonik sebagai luapan lumpur lapindonya, kemudian untuk pengiriman datanya kita menggunakan ESP8266 dan kita kirim ke smartphone menggunakan aplikasi bling,” kata Shazana.


Di akhir acara, ia menghimbau kepada PPLS dan masyarakat untuk selalu memonitoring sensor loT tersebut. “Kami masih menggunakan solar panel sehingga harus di awasi 24 jam, medan menuju lokasi tanggul cukup sulit sehingga haru berhati-hati, kemudian belum ada mitigasi bencana untuk masyarakat sehingga harus waspada, “ pungkasnya.

ditulis : Muhammad Asrul

edit : Asita Salsabila

Leave a Reply

Berita Terkini

HMTI Umsida Adakan Bagi Takjil dan Buka Bersama
May 8, 2021
Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web
April 30, 2021
Ketua LPPM UMP : Upayakan Potensi Desa Wisata Melalui Kegiatan KKN
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI