• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Umsida Lakukan Penanaman TOGA Dukuh Tengah

Umsida.ac.id – Dalam meningkatkan upaya kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, Tim Mahasiswa Kuliah Nyata Terpadu (KKN-T) 11 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bekerja sama dengan ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) desa Dukuh Tengah melakukan kegiatan menanam TOGA (Tanaman Obat-Obatan Keluarga), bertempat di Taman Balai Desa Dukuh Tengah, Buduran, Minggu (05/09).

Kegiatan penanaman TOGA dimulai pukul 15.00 – 17.00 WIB. Jenis-jenis tanaman toga yang ditanam meliputi kunyit, jahe, dauh sirih, dan lain sebagainya. Salah satu anggota KKN-T 11 Umsida Ventha mangatakan bahwa proses penanaman nya pun cukup mudah. “Pertama tim KKN-T 11 akan menyiapkan lahan terlebih dahulu karena sebagian besar tanaman toga nanti ditanam di Tanah langsung sebagian di tanam di polibag bekas minyak goreng dan Pot. Kedua, membantu ibu PKK dalam pencampuran tanah dan sekam,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tahap yang ketiga adalah menyiapkan tanah dan dimasukkan ke dalam polybag maupun pot Bunga. Kemudian pada proses menanam Toga yang dilakukan serentak oleh Ibu PKK dan Tim KKN-T 11 Umsida. Setelah penanaman selasai dilakukan penyiraman menyeluruh. Untuk perawatan dan penyiraman di hari-hari selanjutnya dilakukan secara berkala oleh Ibu PKK desa Dukuh Tengah. Setelah beberapa minggu kemudian tanaman TOGA tersebut dapat dipanen oleh masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebagai Minuman herbal maupun lainnya.

Ide penanaman tanaman obat keluarga ini digagas Tim KKN-T 11 Umsida yang selanjutnya disampaikan oleh ketua kelompok dalam Acara Pembukaan di balai desa Dukuh Tengah. Setelah disetujui oleh Kepala desa Dukuh Tengah dikarenakan desa ini terpilih untuk mewakili kecamatan buduran dalam Lomba Penanaman TOGA yang diadakan oleh Kabupaten Sidoarjo. Tanaman TOGA ini merupakan jenis tanaman obat yang dapat ditanam dirumah bahkan ditemukan diberbagai tempat. Ventha pun menyampaikan beberapa manfaat TOGA. “Dengan adanya berbagai tanaman obat kesehatan ini masyarakat dapat memanfaatkan menjadi minuman herbal seperti halnya jamu sinom,wedang jahe,wedang sirih dan lain-lain,” terangnya.

Salah satu anggota Tim KKN-T 11, Rusli menyampaikan harapan dengan adanya penanaman TOGA. “Ibu-ibu PKK desa Dukuh Tengah ini berperan penting dalam keluarga dan masyarakat disekitarnya. Adanya kegiatan ini diharapkan ibu PKK ini dapat mensosialisasikan kepada warga lainnya, agar tanaman TOGA ini dapat ditanam dimanapun bahkan dipekarangan rumah warga,” tuturnya.

Bapak Muhamad Ali, selaku kepala desa Dukuh Tengah memberi dukungan penuh dengan adanya kegiatan ini. “Dengan adanya KKN-T dari Umsida dapat membantu dalam pelaksanaan Penanaman tumbuhan Toga. Selain itu dapat dimanfaatkan dalam pembuatan jamu herbal yang tentunya dapat bermafaat dalam menangkal berbagai penyakit,” pungkasnya.

Penulis : Rokhimulloh
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Tekuni Bidang Fotografi dan Videografi Antarkan Mahasiswa Umsida Jadi Wisudawan Berprestasi
October 28, 2021
Aktif PSM Mahasiswa PAI Berhasil Raih Wisudawan Terbaik
October 28, 2021
Mahasiswa Prodi AP Berikan Tips Lolos Magang BRIN
October 28, 2021
Tujuh Dosen Umsida Berhasil Lolos Hibah Program Riset 2021
October 27, 2021
Potensi Pengembangan Kecerdasan Buatan Untuk Kemajuan Indonesia
October 27, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI