• Alumni
  • Alumni

Peduli Akan Kesehatan Mental, Tim KKN-T Lakukan Program Konseling

umsida.ac.id – Pentingnya menjaga kesehatan mental di masa pandemi covid-19 membuat Adnes Nur Azizah, tim Kuliah Kerja Nyata Tangguh (KKN-T) 2020 kelompok 27 mengadakan program konseling di Desa Gabahan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, pada Minggu (20/09).

Adnes melakukan pendampingan konseling kepada 3 Ibu Rumah Tangga (IRT) di Desa Gabahan yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti stress, kecemasan berlebihan, dan perasaan takut. Hal ini mengakibatkan terganggunya kesehatan fisik. Mahasiswa Psikologi ini menjelaskan gangguan kesehatan mental di masa pandemi bisa dikibatkan dari kondisi psikologis seseorang yang dituntut untuk melakukan aktivitas di rumah.

“Sejak adanya pandemi, kita di tuntut untuk melakukan segala aktivitas di rumah, ternyata merubah aktivitas berdampak pada pola makan dan tidur. Selain itu, meningkatnya kejenuhan karena melakukan aktivitas yang sama juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fisik seperti yang dialami oleh 3 IRT Desa Gebahan,” ujar Adnes.

Langkah pertama dalam pelaksanaan pendampingan mental dimulai dengan melakukan identifikasi masalah kepada 3 IRT tersebut, kedua memahami masalah sasaran lebih dalam sekaligus memberikan pengarahan dalam penyelesaian masalah, dan yang terakhir melakukan evaluasi masalah. Bagi adnes kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperhatikan kesehatan mental sedini mungkin.

Ditulis: Adnes Nur Azizah/sayyidatunisa

Edit : Etik Siswatiningrum

Leave a Reply