• Alumni
  • Alumni

Peduli Pada UMKM Desa, Tim KKN-P Desa Kedungudi Lakukan Ini

Umsida.ac.id – Tim KKN-P Umsida mencoba membantu branding UMKM Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kamis (6/2).

Hal ini dilatarbelakangi oleh warga desa yang banyak produksi kripik, tetapi dalam segi kemasan dan pemasaran mereka masih di bawah standar. Dari situlah Tim KKN-P memiliki ide untuk branding UMKM Desa Kedungudi. Tim KKN-P siap memberi sosialisasi dan membuatkan desain stiker untuk tiap warga yang memiliki usaha kripik.

“Sosialisasi ini nantinya bisa sangat bermanfaat bagi para warga yang memiliki usaha kripik, karena kita dari Tim KKN memberikan solusi kemasan yang lebih fresh. Kami juga siap membuatkan stiker untuk setiap warga yang memiliki usaha kripik,” ujar Hening Paninggih, anggota Tim KKN.

Selain sosialisasi itu, Tim KKN juga mencoba untuk mencari info pembuat izin P-IRT di Mojokerto dan mencoba memasarkan produk tersebut dengan menjualnya di acara CFD di stadion Gajah Mada (Mojosari). Selain itu, juga mencoba untuk kerja sama di Nusantara Mart yang ada di Ngoro, Mojokerto.

Dalam acara sosialisasi juga memberikan workshop tentang pemasaran yang diadakan pada tanggal 6 Februari 2020 dengan mendatangkan dua pemateri sekaligus. Pemateri pertama, Much Friman Mauludin, dosen Umsida dan Saikhu Rokhim, dosen UINSA.

Pada workshop ini, pemateri menyampaikan cara pemasaran yang sistematik dan juga memberikan ide-ide lain untuk membuat usaha baru. Warga yang ikut serta sangat antusias dalam sesi tanya jawab. Firman mengatakan kepada warga kalau beberapa bulan ke depan akan datang ke Desa Kedungudi lagi karena menurutnya desa ini memiliki potensi yang besar san sangat disayangkan jika tidak diberdayakan.

Bara Makhfudi, ketua Tim KKN-P mengatakan, “Dengan adanya beberapa kegiatan ini bisa memberikan angin segar bagi warga yang memiliki usaha kripik, karena dengan adanya berbagai kegiatan itu maka bisa mengembangkan usaha warga. Segi pamasarannya pun semakin luas dan juga bisa menjadikan Desa Kedungudi menjadi salah satu desa yang unggul UMKMnya di Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Bu Kades, ketua PKK mengungkapkan, “Dengan adanya temen-temen KKN Umsida maka saya selaku ketua PKK mengucapkan terima kasih, karena sudah memberikan ide-idenya kepada para warga di sini dan juga membantu dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa Kedungudi, Kami sangat merasa terbantu atas hadirnya teman-teman KKN Umsida.”

Penulis : Bara Makhfudi
Editor: Inka Ayu P

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI