Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar 5 Se Kabupaten Sidoarjo di Umsida

Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar 5 Se Kabupaten Sidoarjo di Umsida

Umsida.ac.id – Program Kampus Mengajar (KM) menjadi salah satu bentuk implementasi kebijakan nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan inovasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Sejak kali pertama diluncurkan pada 9 Februari 2021 hingga Februari  2023 program ini telah mencapai angkatan 5 (KM 5). Di Kabupaten Sidoarjo  pelepasan dan pemberangkatan Program KM 5 diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Senin (20/2/2023).

Program Kampus Mengajar memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama 1 (satu) semester dengan menjadi mitra guru dalam pembuatan strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, dengan fokus untuk meningkatkan literasi dan numerasi di jenjang pendidikan dasar.

Pada acara Pelepasan dan Pemberangkatan Program KM 5 Kampus di Auditorium Umsida diikuti 30 Dosen Pembiming Lapangan (DPL) dan 350 mahasiswa dari berbagai kampus dari seluruh Indonesia. Dari Umsida sendiri diikui oleh 14 DPL dan 70 mahasiswa. Umsida sendiri telah aktif mengikuti Kampus Mengajar dari angkatan 1 hingga angkatan 5.

Selain dihadiri oleh Dosen dan DPL juga dihadiri oleh 60 kepala sekolah dari berbagai sekolah dasar dan menengah di Sidoarjo yang menjadi tempat pelaksanaan KM 5. Dari Dinas Kependidikan dan Kenbudayaan (Dikbud) Sidoarjo dihadiri oleh Kepala Dinas Dr Tirto Adi MPd bersama jajarannya.

Dalam sambutannya sebelum memberangkatkan para mahasiswa yang mengikuti Program KM 5 ini, Dr Tirto Adi MPd menjelaskan mengenai posisi peringkat pendidikan Indonesia yang masih berada di peringkat bawah. Ini diharapkan menjadi bekal penyemangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang dilaksanakan dalam program ini.

“Dari pemeringkatan pendidikan menurut UNESCO Indonesia ini masih tergolong rendah. Tidak hanya itu, yang lebih menyedihkan adalah literasi anak anak kita meninjukkan index 0,001. Ini artinya dari 1000 orang hanya 1 diantaranya yang benar-benar suka membaca,” ujarnya

Untuk itu Dr Tirto mengingatkan tugas besar para pendidik baik dari sekolah, kampus maupun dinas adalah bersinergi sebaik mungkin dalam melancarkan program pemerintah ini.

“Ini adalah satu PR yang luar biasa, membutuhkan effort kita semua, baik dari kalangan kampus maupun dinas pendidikan.Itulah sebabnya kunci dari masalah ini adalah memberdayakan dosen, kepala sekolah, guru, hingga ke anak anak. Inilah esensi program MBKM dan kata kuncinya untuk menyukseskan program ini adalah kampus, sekolah dan dinas bersinergi dengan baik,” terangnya.

Rektor Umsida Dr Hidayatullah Msi Dr Hidayatullah mengungkap data kepesertaan Umsida dalam kegitan Kampus Mengajar yang telah mencapai angkatan 5.

“Umsida merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti implementasi kebijakan kemendikbud dalam program merdeka belajar kampus merdeka. Termasuk salah satuya program kampus mengajar,” ungkapnya.

Hal ini terbukti dengan data yang dibacakan Rektor Umsida mengenai peningkatan jumlah mahasiswa yang lolos dalam program Kampus Mengajar.

“Peningkatan jumlah mahasiswa sangat signifikan dari Kampus mengajar angkatan pertama tahun 2020, 12 peserta lolos dalam program tersebut. Hingga saat ini dalam kampus mengajar angkatan 5 di tahun 2023 sebanyak 70 mahasiswa yang lolos. Tentunya kami juga akan terus mendorong mahasiswa maupun dosen untuk berpartisipasi dalam program ini,” jelasnya.

Tentu ini menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyukseskan program besar Kemendikbudristek Indonesia. Sekaligus ini juga menjadi bagian dari ikhtiar untuk menerjemahkan dan mengaktualisasikan visi besar umsida.

Seperti yang sering diungkapkan Rektor Umsida. Bahwa Umsida memiliki visi menjadi perguruan tinggi unggul dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni  berdasarkan nilai-nilai islam untuk kesejahteraan masyarakat.

Direktur Direktorat Akademik Umsida Evi Rinata SST MKeb menjelaskan bagaimana mekanisme Kampu Mengajar ini akan dilaksanakan oleh mahasiswa di berbagai sekolah yang ada di Sidoarjo yang tentunya hal ini mendapat dukungan penuh Umsida.

Evi Rinata sebagai duta MBKM itu juga menegaskan bahwa pentingnya komunikasi yang dijalin antara guru pamong dan Dosen Pembimbimg Lapangan (DPL) sekaligus pemantauan dari kepala sekolah di tempat. Beberapa unsur tersebut perlu bersinergi dengan baik demi kelancaran program KM 5 ini.

 

Reporter: Rani Syahda Hanifa

Editor: Kumara Adji

Berita Terkini

gebyar tradisional desa Banjarsari
Taman Kreasi Hingga Gebyar Tradisional, Ini Proker Ekonomi KKN-P 64 Umsida
March 2, 2024By
Tim KKN P 30 Umsida Berikan Kesan Di Desa Kesiman Trawas
Tim KKN P 30 Umsida Berikan Kesan Di Desa Kesiman Trawas
March 1, 2024By
branding wisata Dam Londo
Website Wisata Dam Londo Karya KKN 32 Umsida, Permudah Pengunjung Dapatkan Informasi
March 1, 2024By
Tim KKN P 43 Umsida Arahkan UMKM Kenali Strategi Bisnis Digital
Tim KKN P 43 Umsida Arahkan UMKM Kenali Strategi Bisnis Digital
February 29, 2024By
Penanggungan via Kedungudi
Permudah Akses, KKN 29 Buat Penunjuk Jalur dan E-Tiket Gn. Penanggungan Via Kedungudi
February 29, 2024By
42
Cegah Stunting, Puding Daun Kelor Jadi Inovasi Tim KKN 42 Umsida
February 28, 2024By
PMT stik nugget sayur
Kreasi PMT Stik Nugget Wortel dan Buncis, Penuhi Kebutuhan Gizi 18 Anak Stunting
February 28, 2024By
Edukasi Literasi, KKN P 60 Umsida Buat Pojok Baca Untuk Siswa SD
Edukasi Literasi, KKN P 60 Umsida Buat Pojok Baca Untuk Siswa SD
February 27, 2024By

Riset & Inovasi

green marketing
Kenali Green Marketing, Strategi Pemasaran yang Diminati Gen Z
January 27, 2024By
perlindungan anak
Marak Kasus Kekerasan Anak, Pelajari 5 Bentuk Perlindungan Anak Menurut Hukum Positif di Indonesia
January 22, 2024By
penyebab siswa bolos sekolah
Menurut Riset Dosen Umsida, Ini 5 Penyebab Siswa Membolos Sekolah
January 20, 2024By
pola asuh kesetaraan gender
Bagaimana Pola Asuh Anak yang Berkeadilan Gender Berlandaskan Ajaran Islam?
January 10, 2024By
cyberbullying
Bahaya Cyberbullying pada Remaja, Dampak, dan Cara Mencegahnya
January 9, 2024By

Prestasi

Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By
Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan
December 22, 2023By
4 Mahasiswa Umsida Juara di Kompetisi Robot Nasional untuk Ketiga Kalinya
December 18, 2023By
atlet jujitsu jadi wisudawan berprestasi
Atlet Jujitsu: Umsida Banyak Mendukung Hobi Saya Hingga Jadi Wisudawan Berprestasi
November 29, 2023By