problem based learning (PBL)

Proses Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran

Umsida.ac.id – Ada banyak metode pembelajaran yang bisa diterapkan para guru kepada siswanya agar suasana belajar lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satu metodenya yakni problem Based Learning (PBL).

Salah satu dosen Umsida bernama Vanda Rezania SPsi MPd yang melakukan penelitian berjudul Problem Based Learning: Gambaran Umum Tentang Proses dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran.

problem based learning (PBL)

Apa itu Problem Based Learning?

Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan siswanya untuk belajar melalui pemecahan masalah kontekstual yang realistis. PBL berbeda dengan metode pembelajaran tradisional seperti pembelajaran berbasis ceramah atau tugas. Dalam metode belajar ini, siswa terlibat langsung untuk aktif selama belajar.

Lihat juga: Dampak Buruk Digitalisasi, Ini Contoh Degradasi Moral

Tujuan metode PBL

Fokus utama metode pembelajaran ini adalah adanya masalah yang ada di lingkungan dan melibatkan siswa untuk menemukan jalan keluar dari masalah tersebut secara bersama-sama.

Tujuannya adalah untuk mengenalkan pemecahan masalah, cara berpikir kritis, cara bekerja sama, dan kemampuan komunikasi siswa. Dengan metode ini, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih detail tentang konsep yang dipelajari. Selain itu, mereka juga mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan ketika mereka berada di situasi yang nyata.

Oleh karena itu, metode Problem Based Learning dapat digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang adaptif dan fleksibel sehingga siswa bisa terus belajar di lingkungan yang tidak teratur atau berubah-ubah.

problem based learning (PBL)

PBL memiliki 4 kunci karakteristik yaitu:

1. Topik masalah

Metode pembelajaran PBL diawali dengan merancang masalah untuk memperluas pengetahuan siswa. Masalah yang dirancang dengan kreatif dan berkualitas merupakan salah satu kunci suksesnya metode PBL. Selain itu, masalah tersebut dirancang dari sudut pandang pengajar dan juga siswa, jadi bisa memproyeksikan bagaimana tingkat kesulitan dan solusi yang bisa dilakukan siswa.

Lihat juga: Mengenal E-Comic, Salah Satu Fun Learning untuk Siswa Agar Tidak Bosan

Lihat Juga :  Perjuangan Menjadi Wisudawan Terbaik Sebagai Kado Ulang Tahun Sang Ibu ke-49
2. Tutotial PBL

Metode PBL juga memiliki urutan kegiatan agar bisa berjalan dengan lancar masal. Yang pertama yaitu membaca masalah, hal ini bisa diawali dengan dengan cara siswa menyebutkan apa yang mereka tidak ketahui sehingga hal tersebut bisa memunculkan inti masalah.

Selanjutnya, dari adanya masalah tersebut siswa bisa bertukar pikiran dan berdiskusi tentang masalah atau ketidaktahuan tersebut, lalu meringkasnya.

Setelah mendapatkan solusi dari masalah tersebut, mereka bisa mengutarakan pendapat atau solusi melalui debat akademik dan praktek klinis. Dari situlah mahasiswa aktif untuk menyelesaikan masalah dari sudut pandang masing-masing.

3. Proses Penemuan

Dengan menyediakan topik permasalahan yang dikembangkan oleh siswa melalui pengetahuan dan kreativitas, itu bisa menjawab suatu permasalahan. Dari hal tersebut dapat mendorong mereka bekerja keras, melakukan yang terbaik untuk memecahkan suatu masalah dengan kreativitas masing-masing. Inilah yang dinamakan dengan pengalaman yang mengalir.

4. Belajar menyenangkan

Metode pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu cara untuk menjadikan suasana belajar lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan metode PBL melibatkan level tinggi dari aktivitas dan keterlibatan di level berpikir kritis serta kreatif. PBL memang sedikit sulit, namun juga menyenangkan di saat yang bersamaan.

Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa metode pembelajaran PBL bisa diterapkan kepada pelajar di berbagai jenjang sebagai alternatif dari metode pembelajaran tradisional yang cenderung mengutamakan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. PBL juga secara signifikan berdampak pada pembelajaran yang dapat meningkat prestasi, motivasi, aktivitas belajar, memunculkan inovasi pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Lihat juga: Kenali Penyebab dan Dampak Karyawan yang Over Time dan Shift Kerja dari Riset Dosen Umsida

Sumber: Problem Based Learning: Gambaran Umum Tentang Proses dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran oleh Vanda Rezania SPsi MPd
Penulis: Romadhona S

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

inovasi Umsida di KISI 2025
7 Inovasi Umsida Sabet Penghargaan di Ajang KISI 2025
November 28, 2025By
mahasiswa Umsida berkarir di Turki 1
Perjuangan Mahasiswa Umsida Kejar Ketertinggalan, Raih Prestasi, hingga Berkarir di Turki
November 26, 2025By
capaian Simkatmawa Umsida
Umsida Raih Predikat Unggul di SIMKATMAWA 2025, DKA: Capaian Ini Milik Mahasiswa
November 25, 2025By
perjalanan juara 1 pilmapres jadi lulusan berprestasi
Perjalanan dari Juara 1 Pilmapres PTMA Hingga Jadi Wisudawan Berprestasi
November 25, 2025By
mahasiswa MIK angkat isu kesehatan mental
Angkat Isu Kesehatan Mental, Mahasiswa MIK Umsida Juara 3 Tingkat Nasional
November 25, 2025By