problem based learning (PBL)

Proses Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran

Umsida.ac.id – Ada banyak metode pembelajaran yang bisa diterapkan para guru kepada siswanya agar suasana belajar lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satu metodenya yakni problem Based Learning (PBL).

Salah satu dosen Umsida bernama Vanda Rezania SPsi MPd yang melakukan penelitian berjudul Problem Based Learning: Gambaran Umum Tentang Proses dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran.

problem based learning (PBL)

Apa itu Problem Based Learning?

Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan siswanya untuk belajar melalui pemecahan masalah kontekstual yang realistis. PBL berbeda dengan metode pembelajaran tradisional seperti pembelajaran berbasis ceramah atau tugas. Dalam metode belajar ini, siswa terlibat langsung untuk aktif selama belajar.

Lihat juga: Dampak Buruk Digitalisasi, Ini Contoh Degradasi Moral

Tujuan metode PBL

Fokus utama metode pembelajaran ini adalah adanya masalah yang ada di lingkungan dan melibatkan siswa untuk menemukan jalan keluar dari masalah tersebut secara bersama-sama.

Tujuannya adalah untuk mengenalkan pemecahan masalah, cara berpikir kritis, cara bekerja sama, dan kemampuan komunikasi siswa. Dengan metode ini, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih detail tentang konsep yang dipelajari. Selain itu, mereka juga mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan ketika mereka berada di situasi yang nyata.

Oleh karena itu, metode Problem Based Learning dapat digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang adaptif dan fleksibel sehingga siswa bisa terus belajar di lingkungan yang tidak teratur atau berubah-ubah.

problem based learning (PBL)

PBL memiliki 4 kunci karakteristik yaitu:

1. Topik masalah

Metode pembelajaran PBL diawali dengan merancang masalah untuk memperluas pengetahuan siswa. Masalah yang dirancang dengan kreatif dan berkualitas merupakan salah satu kunci suksesnya metode PBL. Selain itu, masalah tersebut dirancang dari sudut pandang pengajar dan juga siswa, jadi bisa memproyeksikan bagaimana tingkat kesulitan dan solusi yang bisa dilakukan siswa.

Lihat juga: Mengenal E-Comic, Salah Satu Fun Learning untuk Siswa Agar Tidak Bosan

Lihat Juga :  23 Mahasiswa PMM Inbound Umsida Ikuti Kegiatan Refleksi di Pacitan
2. Tutotial PBL

Metode PBL juga memiliki urutan kegiatan agar bisa berjalan dengan lancar masal. Yang pertama yaitu membaca masalah, hal ini bisa diawali dengan dengan cara siswa menyebutkan apa yang mereka tidak ketahui sehingga hal tersebut bisa memunculkan inti masalah.

Selanjutnya, dari adanya masalah tersebut siswa bisa bertukar pikiran dan berdiskusi tentang masalah atau ketidaktahuan tersebut, lalu meringkasnya.

Setelah mendapatkan solusi dari masalah tersebut, mereka bisa mengutarakan pendapat atau solusi melalui debat akademik dan praktek klinis. Dari situlah mahasiswa aktif untuk menyelesaikan masalah dari sudut pandang masing-masing.

3. Proses Penemuan

Dengan menyediakan topik permasalahan yang dikembangkan oleh siswa melalui pengetahuan dan kreativitas, itu bisa menjawab suatu permasalahan. Dari hal tersebut dapat mendorong mereka bekerja keras, melakukan yang terbaik untuk memecahkan suatu masalah dengan kreativitas masing-masing. Inilah yang dinamakan dengan pengalaman yang mengalir.

4. Belajar menyenangkan

Metode pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu cara untuk menjadikan suasana belajar lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan metode PBL melibatkan level tinggi dari aktivitas dan keterlibatan di level berpikir kritis serta kreatif. PBL memang sedikit sulit, namun juga menyenangkan di saat yang bersamaan.

Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa metode pembelajaran PBL bisa diterapkan kepada pelajar di berbagai jenjang sebagai alternatif dari metode pembelajaran tradisional yang cenderung mengutamakan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. PBL juga secara signifikan berdampak pada pembelajaran yang dapat meningkat prestasi, motivasi, aktivitas belajar, memunculkan inovasi pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Lihat juga: Kenali Penyebab dan Dampak Karyawan yang Over Time dan Shift Kerja dari Riset Dosen Umsida

Sumber: Problem Based Learning: Gambaran Umum Tentang Proses dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran oleh Vanda Rezania SPsi MPd
Penulis: Romadhona S

Berita Terkini

rektor Umsida saat penguatan visi misi PPI AMF
Pesan Rektor Umsida untuk PPI AMF dalam Mewujudkan Pesantren Berkemajuan
December 21, 2024By
commsport 2024
Commsport 2024, 30 Tim Futsal Sekolah se-Jatim Meriahkan Event Tahunan Ikom Umsida
December 21, 2024By
kunjugan ITKES Musidrap ke Umsida_11zon
ITKES Musidrap Kunjungi Umsida, Ingin Belajar Lebih Tentang FKG
December 17, 2024By
pelantikan kepala sekolah SMAM 2 Sumberpucung
Pesan Rektor Umsida di Pelantikan Kepala Sekolah dan Perubahan Nomenklatur SMAM 2 Sumberpucung
December 17, 2024By
Stundent Mobility Umsida dan UniSZA
Lanjutkan Program Student Mobility dengan UniSZA Malaysia, Umsida Sambut dan Lepas 19 Mahasiswa
December 16, 2024By
Umsida dan MHH PWM Jatim Kumpulkan Pakar Hukum Indonesia
Umsida dan MHH PWM Jatim Kumpulkan Pakar Hukum Indonesia, Bahas Refleksi Akhir Tahun 2024
December 15, 2024By
Kisah Inspiratif Alumni Istimewa Umsida, Semangat Tak Terbatas
Kisah Inspiratif Alumni Istimewa Umsida, Semangat Tak Terbatas
December 15, 2024By
5 Poin Kolaborasi Hebat, Umsida dan Ombudsman RI Teken MoU untuk Masyarakat Lebih Maju
5 Poin Kolaborasi Hebat, Umsida dan Ombudsman RI Teken MoU untuk Masyarakat Lebih Maju
December 14, 2024By

Riset & Inovasi

Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By
Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal
Inovasi Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal Otomatis 3 Dosen Umsida
September 8, 2024By
legalitas BUMDesa
Tim Abdimas Umsida Akan Urus 5 Legalitas BUMDesa di 2 Kabupaten Usai Bantu 2 Desa Ini
August 29, 2024By

Prestasi

Dr Tarman jadi guru besar 1
Rekam Jejak Dr Tarman Hingga Resmi Jadi Guru Besar Umsida
December 20, 2024By
warek 1 Umsida jadi guru besar 4
Jadi Guru Besar, Wakil Rektor 1 Umsida Buat Road Map Karir Sejak S3
December 19, 2024By
riset dan abdimas Umsida meningkat 1
Riset dan Abdimas Umsida Meningkat, 65 Proposal Penelitian Lolos Program Risetmu 2024
December 11, 2024By
MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
Semangat Tanpa Batas, Tim MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
December 8, 2024By
Mahasiswa PBA Umsida Raih Juara Video Kreatif Bahasa Arab di DLA Fair 2024
Mahasiswa PBA Umsida Raih Juara Video Kreatif Bahasa Arab di DLA Fair 2024
December 1, 2024By