• Alumni
  • Alumni

Pengelolaan Sampah, Tim KKN-P Desa Jati Jejer Ajak Masyarakat Aktif Pada Bank Sampah

Umsida.ac.id – Pengelolaan sampah merupakan salah satu persoalan penting yang harus diketahui oleh masyarakat. Bank sampah mengambil peranan penting dalam mengelola sampah secara kolektif, seperti yang dilakukan oleh Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) di Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas, pada Senin (17/2).

Moch Arif Hidayatulloh, Ketua Koordinator Desa Jatijejer menuturkan, program bank sampah ini awalnya karena melihat permasalahan sampah di Desa Jatijejer tersebut tidak ditanganni secara bijak. “Banyak sampah yang menumpuk di Desa Jatijejer terutama di sawah, bahkan pada musim penghujan di sekitar sungai-sungai kecil penuh dengan plastik,” tutur Arif.

Pria yang disapa akrab, Arif menjelaskan setelah sebelumnya gelar sosialisasi dasar tentang bank sampah, langkah selanjutnya Tim KKN-P memberikan pelatihan bank sampah.
“Kegiatan ini kami mengajari salah satu warga yang bersedia menjadi pengurus bank sampah bagaimana cara memilah sampah misal kategori plastik, kertas dan yang lainnya,” ucap Arif

Tidak hanya soal memilah sampah, lanjut Arif, kegiatan ini juga cara menimbang dan mencatat, “Kemudian, pengurus bank sampah juga harus tau cara menulis di buku tabungan milik nasabah,” lanjut Arif.

Selain itu, Tim KKN-P juga melakukan penimbangan perdana dilaksanakan di kediaman Hari Fuad, salah satu warga RT 18 Desa Jatijejer, Dusun Urung-Urung.

Kegiatan penimbangan ini, warga menabung sampah ke bank sampah, lalu ditimbang dan dicatat oleh pengurus bank sampah. Arif mengatakan, “Warga yang menimbangkan sampah, akan dibedakan berdasarkan jenis sampahnya. Setelah ditimbang, sampah tersebut dicatat ditabungan. Ditulisi nama penyetor sampah beserta berat, jenis, hingga harganya,” ujar Arif.

Arif juga menambahkan, “uangnya bisa diambil masyarakat ketika mau hari raya idul fitri” ujar Arif.

Dengan diadakannya program bank sampah, Arif berharap, “Kami berharap pelaksanaan seluruh program bank sampah ini akan berjalan sukses dan akan terus berlanjut,” pungkas Arif.

Penulis : Sofia Annajah S/ Dewangga Septian/ Edo Wartadinata

Editor : Asita Salsabilla M

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI