Rektor UMSIDA: “Bekali Keluarga dengan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap

Penulis : umsidaj4y4 June 24, 2019 / Berita

Dalam membangun sebuah bangsa, diperlukan pendidikan terbaik berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap bagi anak-anak generasi bangsa. Dari mana memulainya? Bukan dari pendidikan resmi seperti sekolah, namun dari keluarga. “Keluarga memiliki peran yang sangat penting. Hal ini karena dari keluarga generasi bangsa itu dimulai,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Dr Hidayatullah M Si pada acara Talkshow di stasiun televis TVRI, Senin (24/6/2019).

Pengetahuan, ketermapilan, dan sikap yang tertanam dalam keluarga seperti disampaikan Dr. Hidayatullah dapat dijadikan sebagai acuan untuk terciptanya masyarakat sejahtera. “Tiga hal tersebut hendaknya menjadi bekal yang diajarkan, khususnya kepada seluruh orang tua yang secara langsung dapat menerapkannya kepada anak-anak dirumah. Dan diharapkan peran orang tua menjadi kunci keberhasilan terdidiknya anak-anak menuju kesuksesan,” kata Hidayatullah menjelaskan.

Pendidikan yang terpenting adalah berasal dari keluarga. Ini karena orang lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Sedangkan sekolah resmi merupakan tempat untuk berkumpul bersama-sama teman untuk menimba ilmu bersama guru. Dari apa yang dipelajari kemudian diwujudkan dalam masyarakat. “Masyarakat adalah implementasi dari apa yang selama ini sudah kita pelajari dalam keluarga,” ujar Hidayatullah.

Pak Dayat, sapaan akrabnya, mengatakan keluarga harus benar-benar mampu untuk mencetak generasi penerus bangsa. Semua orang tua wajib untuk mendidik anak-anaknya untuk menciptakan generasi yang kuat dan dapat memperbaiki tatanan kehidupan menuju ruang yang lebih baik. Hal ini tentu saja ukurannya adalah aspek moralitas yang perlu ditanamkan kepada anak. Ini sesuai dengan firman Allah dalam QS AN-NISA’ : 9

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Artinya : “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Acara talkshow tersebut yang terselenggara atas kerja sama TVRI Jawa Timur, Yayasan Damandiri dan BKKBN Pusat. Talkshow ini dihadiri oleh narasumber Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Ph.D. yang sekaligus menjadi pembawa acara kegiatan tersebut, Bupati Madiun, Wakil Bupati lengkap dengan aparatnya, Sestama BKKBN Pusat, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur, Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Mantan Rektor Universitas UPN Surabaya Prof. Dr. Teguh Soedarto, dan Sestama BKKBN Pusat Nofrijal, MA. Hadir pula puluhan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan aparat lengkap dari Madiun dan Surabaya.

Acara ini diselenggarakan untuk menyambut Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni mendatang. (mhsw)

Related Post