Rektor Umsida: Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Rektor Umsida :Mari Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Mahasiswa

Umsida.ac.id– Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar kajian rutin diikuti seluruh dosen dan tenaga kependidikan dengan tema Memaknai Kerja di Umsida yang diadakan pada Selasa (25/07/2023) di aula KH Mas Mansoer lt 7.

Wakil Rektor 3 Umsida Dr Nurdyansyah MPd membuka kegiatan ini dengan membawakan kutipan ayat QS. Ibrahim Ayat 7 la-in syakartum aziidannakum wala-in kafartum inna ‘adzaabii lasyadiidun

“Kita diminta Allah untuk melakukan kerja yang berkinerja baik, bahwa ketika kita bekerja dengan hati, bekerja dengan baik, maka Allah akan menambah nikmat kita dengan kebaikan dan rezeki yang lebih banyak dari sebelumnya, sebaliknya jika kita bekerja dengan keluh kesah, gundah gulana curhat kesana kesini saya kira itu hal yang kemudian yang membawa kepada hal yang buruk,” ungkapnya.

” Setelah ini bersama Pak Rektor Umsida sebagai narasumber hari ini kita akan bersama-sama belajar memaknai kerja dan seperti apa menjadi diri sendiri untuk membesarkan Muhammadiyah di Umsida,” sambungnya.

Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi yang juga sebagai narasumber menyampaikan banyak hal mengenai makna bekerja. Terdapat tiga tipe manusia dalam bekerja Quitters, Campers dan Climbers menurutnya.

“Quitters adalah orang yang tidak semangat, sering menghindar, membirarkan orang lain berperan mudah pesimis dan menghindari berkompetisi. Jika Campers menerima tantangan sampai batas tertentu dan mudah puas dengan posisi hari ini juga menyia-nyiakan banyak kesempatan. Sedangkan Climbers adalah orang yang akan terus mendaki sampai puncak prestasi, Dinamis, kreatif, inovatif, proaktif dan problem solver,” ungkapnya.

Dr Hidayatullah juga memberi kuis kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan bagaimana makna bekerja di Umsida menurut masing-masing.

Wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur (Jatim) ini juga menyampaikan 13 pemahaman dan pemaknaan yang positif terhadap pekerjaan di Umsida.

  1. Kerja itu Ibadah
  2. Kerja itu Suci
  3. Kerja itu Rahmat
  4. Kerja itu Kehormatan
  5. Kerja itu Sehat
  6. Kerja itu Saling Percaya
  7. Kerja itu Amanah
  8. Kerja itu Melayani
  9. Kerja itu saling menguatkan
  10. Kerja itu Membahagiakan
  11. Kerja itu Kompetisi
  12. Kerja itu Peningkatan
  13. Kerja itu Memberi manfaat

Pada setiap poinnya Dr Hidayatullah memberikan penjelasan yang menarik dan berharap mampu diresapi dosen maupun tenaga kependidikan agar memberikan performa terbaiknya dalam bekerja.

Terutama pada poin kerja itu melayani Rektor Umsida berpesan terhadap seluruh Dosen maupun Unit kerja agar serius melayani mahasiswa sebagai customer.

“Apakah selama ini kita telah melayani dengan sepenuh hati?” tanyanya.

Setelah itu Rektor Umsida menyambung dengan mengutip ayat dalam QS. Al isra 17:7 In ahsantum ahsantum li anfusikum, wa in asa tum fa laha

“Semua kebaikan yang kamu berikan maka kebaikan itu untuk dirimu, sebaliknya setiap ketidak baikan yang kau berikan akan kembali pada dirimu juga,” ujarnya memaknai ayat tersebut.

“Maka mari introspeksi untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Customer utama kita itu mahasiswa, mohon mahasiswa dilayani sebaik-baiknya, apapun kondisi kita jangan menjadikan mahasiswa memiliki stigma tidak baik terhadap kita maupun Umsida. Kalo kita sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kita maka pasti akan terjadi customer satisfaction, pelanggan kita akan merasa puas dan akan muncul trust memberikan kepercayaan penuh.
Kalo mereka percaya, mereka pasti akan ikut mempromosikan Umsida,” paparnya.

Selanjutnya Dr Hidayatullah juga memberikan banyak penjelasan dan menutup dengan poin ke 13 bahwa “12 poin sebelumnya tidak akan berarti apabila kita tidak memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” tandasnya.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

doa bersama mahasiswa asal Gaza
Mahasiswa Umsida Asal Gaza Turut Ramaikan Aksi Bela Palestina
May 9, 2024By
Umsida Bagikan Metode Big Books Pada Mahasiswa di Universitas Malaya
Umsida Bagikan Metode Big Books Pada Mahasiswa di Universitas Malaya
May 9, 2024By
aksi kemanusiaan bela Palestina
Kata 4 Perwakilan Ortom dan Ormawa Saat Aksi Bela Palestina
May 8, 2024By
Dosen Umsida Kembangkan Lazismu Jawa Timur Dengan Branding Digital Fundraising
Dosen Umsida Kembangkan Lazismu Jawa Timur Dengan Branding Digital Fundraising
May 8, 2024By
rektor Umsida dalam aksi bela Palestina
Rektor Umsida: Aksi Bela Palestina Merupakan Cara Kita Menjalankan Konstitusi
May 8, 2024By
Aksi bela Palestina
Free Palestine! Rangkaian Orasi Dosen Umsida dalam Kemanusiaan Bela Palestina, Disaksikan 4.000 Orang Lebih
May 7, 2024By
bela Palestina
Bela Palestina, Ini 8 Poin Pernyataan Sikap dari Forum Rektor PTMA
May 7, 2024By
aksi bela palestina
Umsida Gelar Aksi Bela Palestina Bersama 171 PTMA
May 6, 2024By

Riset & Inovasi

pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By