Siap Hadapi Tantangan Pendidikan, Akhtim Wahyuni : Pendidikan Kuat, Karakter Hebat, Integritas Maju

Penulis : umsidaj4y4 November 26, 2019 / Berita

umsida.ac.id-Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggelar kegiatan seminar dalam rangka memperingati hari guru dengan mengusung tema Tantangan Pendidikan Pada Generasi ALPHA di Aula KH Ahmad Mansyur, GKB 2 Kampus 1 (25/11). Acara ini dihadiri oleh Dekan FPIP, Kaprodi PGSD, serta segenap dosen dan jajarannya. Melalui seminar ini, selain mejadi peringatan hari guru, juga sebagai kajian wawasan tentang Tantangan Pendidikan Generasi ALPHA.

Dalam sambutannya, Dekan FPIP Dr. Akhtim Wahyuni Mag tidak lupa mengucapkan selamat hari guru pada seluruh hadirin. Menurutnya, Generasi ALPHA merupakan generasi yang berada pada kecanggihan teknologi, yakni yang ada pada kisaran tahun 2010 hingga 2025 dengan jumlah yang fantastis, sekitar 2,5 milyar jiwa. Tentu saja hal ini menjadi perhatian serius bagi semua kalangan terutama guru.  Menurutnya, “Saking canggihnya generasi saat ini, beli buku langsung ke amazon tidak pake ke toko buku dulu,” ujarnya menceritakan pengalamannya saat mengikuti program Kemenristekdkti tahun 2010 di Ohio University.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat dimana masyarakat Indonesia mulai berkembang dalam menggunakan kemajuan teknologi yang sedikit banyak juga menimbulkan kegelisahan. Tidak hanya di Indonesia, hal yang sama juga dirasakan oleh negara lain. Oleh karena itu ia berharap agar masyarakat Indonesia memperkuat ‘benteng pertahanan’ dalam menghadapi kemajuan teknologi , “Kita harus Maju, Maju, agar tidak tertinggal. Oleh karena itu dibutuhkan strategi terbaru dalam mengadapi pesatnya kemajuan zaman dan generasi masa kini. Tentu saja ini berat, tapi saya yakin, sinergi yang kuat antara guru dan orangtua akan memberikan arah pendidikan yang cemerlang,” katanya. Di akhir kesempatan ia juga berharap Mahasiswa Umsida bisa menjadi guru luar biasa dalam membentuk generasi alpha, tidak hanya pada kemampuan teknologi, namun memiliki pendidikan rohani yang kuat, karakter sesuai bangsa Indonesia, dan integritas maju.

Penulis : Asita Salsabila M

Editor : Realita Tataguna CB

Related Post