Tantangan Pendidikan Generasi Alpha, Effy Wardati : Perlunya mengenalkan Permainan Tradisional

Penulis : umsidaj4y4 November 26, 2019 / Berita

umsida.ac.id – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam peringati hari Guru gelar seminar dengan mengusung tema Tantangan Pendidikan Pada Generasi Alpha di Aula KH Mas Mansyur, GKB 2, Kampus 1 (25/11). Acara yang dibuka langsung oleh Dekan FPIP menghadirkan Wakil Dekan FPIP Effy Wardati Maryam S Pd MSi sebagai narasumber. Menurutnya, generasi alpha adalah generasi terdidik, akrab dengan teknologi sehingga tidak bisa hidup tanpa gadget, dan paling sejahtera. Hal inilah yang tercermin pada generasi masa kini
Dia menjelaskan, tantangan menghadapi generasi Alpha antara lain Resiliensi rendah, kurang interaksi sosial, kurangnya memahami norma sosial seperti empati. “Bayangkan, bila anak tidak mempunya empati. Bila tidak diatasi. Anak akan kurang memahami perasaan orang lain,” kata Effy. Lebih Lanjut, jika anak diminta mengerjakan sesuatu, anak akan mengatakan tidak bisa. “Orang tua jangan membantu anak, biarkan anak memiliki daya juang pada anak dalam setiap prosesnya,” ujarnya.
Disinilah perlunya peran pola asuh yang tepat untuk generasi Alpha. Pengasuhan otoritatif sebagai pengawasan ekstra ketat, namun tetap responsif. Lalu menghargai serta menghormati pemikiran anak. Orang tua harus melibatkan anak dalam pengambilan keputusan. Yang terakhir memberikan contoh pada anak, bukan sekedar nasihat. Selanjutnya menurut Effy, Generasi Alpha bisa diatasi dengan memperkenalkan pada permainan tradisional. Karena permainan tradisional memiliki beberapa manfaat. “Gobak sodor bisa membuat anak aktif bersosialisasi misalnya, dengan begitu tantangan dalam mendidik gerasi Alpha ini sedikit banyak dapat teratasi,” tutupnya.

 

Penulis : Asita Salsabila M

Editor : Realita Tataguna CB

Related Post