• Alumni
  • Alumni

Sugiono : Sukses Bisnis dimulai dari cintai kesulitan

Umsida.ac.id – “Bagaimana cara memulai bisnis? Memulai bisnis itu dari apa yang kita suka, apa yang kita punya, dan apa yang kita bisa,” jelas Sugiono, Owner Sarana Group ketika membuka diskusi ilmiah The Role of Entrepreneur in Indonesia Economic Stabilization di aula KH Mas Mansyur GKB 2, pada Senin (13/01).

Dalam kegiatan yang digelar oleh BEM Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS), Sugiono memaparkan keadaan perekonomian nasional dari sudut pandang pengusaha.

“Peluang bisnis itu banyak, tapi kuncinya cuma satu, yaitu mau memulai. Percuma punya keahlian ini itu kalau tidak mau memulai,” ujarnya

Menurut perancang Dolphin produk ini, dalam bisnis terdapat empat elemen penting yang menjadi pondasi, yaitu hancurkan mental block (pesimis), memiliki impian kuat, investasi ilmu, dan yang terakhir adalah wajib memiliki mentor guna mengetahui solusi dari sebuah peluang.

Ia menjelaskan tentang filasofi kesuksesan versi founder, “Semua bisnis harus memiliki visi. Visi dari sarana group adalah mencintai Tuhan. Sesukses apapun, kita tetap seorang hamba yang harus berbakti. Sukses juga dihasilkan dari mencintai kesulitan,” tuturnya.

“Bisnis Itu adalah risiko, dan risiko itu adalah rejeki. Walaupun kita benar, ada saatnya di mana kita harus mengalah,” tandas pemilik Family Fashion ini mengakhiri sesi diskusi.

ditulis oleh Iis Wulandari

diedit Erika Mulia Arsy

Leave a Reply