• Alumni
  • Alumni

Terapkan Pola Hidup Sehat, Tim KKN Umsida Desa Bangkok Adakan Sosialisasi

Umsida.ac.id – Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar sosialisasi hidup sehat pada siswa-siswi di Desa Bangkok, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Rabu (29/1).

Afandi Gustiawan, Koordinator KKN-P Desa Bangkok menuturkan, “Tujuan dari kegiatan ini yaitu guna memberikan pemahaman tentang bagaimana cara menggosok gigi dengan benar, dan membagikan edukasi tentang enam langkah dalam mencuci tangan yang baik secara berurutan.”

Mahasiswa dari prodi Teknik Mesin itu menambahkan, “Selain itu, peserta didik dapat menjadi terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari mereka.”

Sosialisasi di TK Dharma Wanita Bangkok

Kegiatan ini terbagi menjadi dua tahap sosialisasi. Tahap pertama terselenggara di TK Dharma Wanita 1 Bangkok (29/1). Dengan tema yang diangkat adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut disertai penerapan sikat gigi secara efektif. “Kegiatan ini dilakukan di luar kelas dan sebelumnya siswa sudah diberitahu untuk membawa sikat gigi masing-masing sedangkan odol dan gelas disediakan oleh kelompok KKN,” terang Afandi.

Dalam pelaksanaan sosialisasi, seluruh peserta didik terlihat sangat antusias dalam menyimak dan mempraktikan materi yang telah dibahas oleh Tim KKN-P Desa Bangkok. “Materi yang dijelaskan pun sangat menyenangkan karena materi disampaikan melalui lagu dan gerakan serta diselingi ice breaking sehingga siswa dapat dengan mudah menyerap pembahasan tentang hidup sehat,” tutur Afandi.

Sosialisasi di SDN 1 Bangkok

Selanjutnya, sosialisasi dilaksanakan di SDN 1 Bangkok (3/2). Dengan mengambil tema yakni mencegah penyakit dengan melakukan gerakan cuci tangan.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi sekaligus menerapkan cara mencuci tangan melalui enam langkah berurutan sesuai dengan aturan WHO. “Siswa juga diajak untuk menyanyikan lagu cuci tangan bersama agar mudah untuk diingat,” ujar Afandi.

Setelah itu, lanjutnya, seluruh Tim KKN-P Desa Bangkok menyediakan sabun sekaligus mempraktikkan cara mencuci tangan dengan tujuan agar para peserta didik mampu menerapkan gaya hidup sehat dalam kesehariannya. “Alasan kami mengadakan sosialisasi ini karena pola hidup sehat dan bersih harus diterapkan sejak dini, dan saya merasa sangat senang karena kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Afandi di akhir acara.

Ditulis Oleh: Alda Indah Permana
Editor: Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI