• Alumni
  • Alumni

Melalui Ular Tangga, Tim KKN-P Umsida Ajak Siswa SD Terapkan Hidup Sehat

Umsida.ac.id – Sehat itu mahal harganya. Pepatah tersebut seolah menjadi dasar pembentukan program kerja Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dalam penerapan pola hidup sehat yang dilaksanakan di SDN Tiru Lor 1 dan 2, Kediri, pada Kamis (30/1).

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pengertian cara menggosok gigi dan cuci tangan dengan benar. Dalam kegiatan ini, yang menjadi sasaran adalah siswa-siswi kelas 1 dan 2.

Anak-anak diajak praktik secara langsung cara menggosok gigi dan mencuci tangan. Menariknya, pemberian edukasi ini dilakukan sambil bermain permainan ular tangga.

Menurut M Aziz Fauji selaku Koordinator Desa Tiru Lor Kediri menuturkan, “Anak-anak adalah agen perubahan, untuk memiliki kualitas hidup yang baik perlu penerapan pola hidup sehat sejak dini,” ungkapnya

Oleh karena itu, lanjut Fauzi, Kami berusaha fokus pada program peningkatan kesehatan dengan mempromosikan cara mencuci tangan dan gosok gigi yang benar,” tambahnya.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar. Materi itu dikemas dalam bentuk video animasi agar anak-anak lebih tertarik untuk memperhatikannya. “Setelah melihat video mereka diajak praktik langsung sembari bermain ular tangga, mereka melempar dadu dan berjalan pada papan ular tangga layaknya permainan yang sesungguhnya. Setiap kali melempar dadu, anak-anak diberi pertanyaan yang harus dijawab maupun dipraktikkan secara langsung. Tidak lupa mereka juga akan mendapat hadiah dari kami, yakni mulai dari sikat gigi, alat tulis, dan snack,” tutur Fauzi.

Penerapan pola sehat ini dilakukan di dua sekolah dan mendapat respon baik dari murid maupun pihak sekolah.

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Kepala Sekolah di SDN Tiru Lor 1 & 2, Siti Marindun SPd, ”Anak-anak nampak senang, biasanya mereka kalau ada orang baru yang datang ke sekolah itu jadi “gaya” maksudnya mencari perhatian, ujarnya.

“Anak-anak terlihat menikmati permainan dan enjoy apalagi dapat banyak hadiah,” sambungnya.

Siti Marindun, SPd menambahkan, “Kegiatan ini sangat bagus dan menjadi PR untuk kami selaku pendidik disini untuk selalu menerapkan pola hidup sehat setelah kegiatan ini kepada anak-anak didik kami, agar tidak hanya berhenti sampai disini. Dengan membiasakan hidup sehat, kita akan terhindar dari penyakit,” tandasnya.

Ditulis Oleh : Lusi Ningtias Ratnawati
Editor : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI