• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P 54 Ajak Masyarakat Berkreasi Membuat Batik Jumputan

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) adakan pelatihan membuat batik jumputan bagi masyarakat di Desa Tulangan, Minggu (21/3).

Program kerja yang digagas oleh Tim KKN-P Umsida kelompok 54 ini bertujuan untuk memberdayakan potensi warga agar memiliki keterampilan dasar membatik jumputan. Salah satu tim KKN-P Umsida kelompok 54, Ahsanu Amal mengungkapkan bahwa kegiatan ini dipilih karena melihat di masa pandemi ini warga masih menganggur dan lebih memilih beraktivitas di sekitaran rumah mereka saja, “Melihat situasi seperti itu, kami tentu tidak diam saja. Kami melakukan suatu inovasi baru, tepatnya di lokasi RT. 01 RW. 02, Desa Tulangan dengan cara membuat kegiatan jumput kain,” tuturnya.

Ahsanu menambahkan kegiatan jumput kain merupakan salah satu teknik pembuatan jumput kain (katun atau kain lain) yang menggunakan metode sederhana dengan cara membentuk motif-motif sesuai dengan selera masing-masing. Kemudian diberi warna dengan pewarna alami dan sintetis. Setelah pewarnaan selesai, kain batik dijemur di bawah terik matahari.

Hasil dari jumput kain dapat dimanfaatkan atau dikembangkan lagi menjadi suatu produk, “Tahap terakhir adalah menjahit tepi kain agar menjadi rapi. Hasil akhir bisa dikembangkan menjadi taplak meja atau baju motif agar bisa dipakai ataupun untuk membuka UMKM dengan produk batik jumputan,” imbuhnya.

Kegiatan pelatihan batik jumputan ini diharapkan dapat mengembangkan produk yang inovatif dan kreatif sebagai sasaran utama agar mampu bersaing dengan masyarakat lain. Selain itu, tentunya dapat menambah hal-hal positif lainnya, seperti pemasukan kas RT 01, RW 02, “Diharapkan pula, setelah mahasiswa KKN-P Umsida ini selesai melakukan pengabdiannya di Desa Tulangan. Program kerja tersebut tidak hanya menjadi kenangan semata, melainkan juga menjadi suatu aktivitas permanen, yang dapat menguntungkan masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya.

Penulis : Ahsanu Amal dan Ahmad Anwar Azmi
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI