• Alumni
  • Alumni

Terapi Candu Gadget, Mahasiswa Umsida Ajak Kreatif Buat Kerajinan Boneka Dari Sendok Plastik

Umsida.ac.id – Guna mengurangi kecanduan terhadap gadget, Tim KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) 84 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengajak anak-anak di Desa Tomproasari membuat kerajinan boneka dari sendok plastik, Jumat (12/3).

Kegiatan ini dilakukan disela-sela waktu setelah bimbingan belajar yang diadakan di Balai Desa Trompoasri. Tidak bisa dipungkiri, dunia digital berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Hal ini juga yang ikut mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Alhasil, anak-anak di zaman sekarang cenderung lebih memilih gadget daripada bermain dengan teman sebaya atau bermain permainan tradisional. Selain itu, apabila anak sering bermain gadget, maka kemampuan sensor visual dan motorik akan berkurang.

Kegiatan pembuatan kerajinan boneka dari sendok palstik ini bertujuan untuk melatih kreativitas anak-anak dan salah satu upaya untuk mengurangi waktu dalam bermain gadget. Tim KKN-P 84 yakin bila dengan mengajak mengajak mereka melakukan kegiatan positif bisa membuat anak-anak mengurangi kecanduan gadget.

Alasan mendasar Tim KKN-P 84 mengajak anak-anak membuat boneka dari sendok plastik ini karena sendok plastik merupakan benda yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. “Sendok plastik ini lebih praktis, ringan, dan mudah dilipat sehingga dapat menghemat tempat,” ujar Muhammad Rizal Mahendra, koordinator Tim KKN-P 84.

”Tapi, sangat disayangkan jika sendok plastik ini langsung dibuang begitu saja setelah dipakai sebab sendok plastik tergolong sampah yang sulit untuk diurai. Butuh ribuan tahun untuk organiseme dalam tanah mengurainya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, bahan dari sendok plastik ini sangat tidak ramah lingkungan. Maka dari itu, jika kita ikut mengelolanya, secara tidak langsung kita juga berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

Salah satu caranya yaitu dengan mengelola limbah plastik tersebut menjadi barang yang memiliki nilai, seperti membuat kerajinan boneka dari sendok plastik.

Dalam kegiatan ini, anak–anak terlihat sangat antusias. Hal ini ditampakkan ketika mereka menyimak setiap penjelasan tahapan demi tahapan pembuatan kerajinan dengan seksama.

Tim KKN-P 84 berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menginspirasi anak-anak untuk mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat, selain hanya bermain gadget serta dapat meningkatkan kreativitas anak.

Penulis : Liya Fitriya N dan Lailatul Romadhona
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI